Berkenalan Dengan Fribo, Robot Kucing Penghilang Rasa Sepi

Jum'at, 13 April 2018 03:50 Penulis: Rezka Aulia
Berkenalan Dengan Fribo, Robot Kucing Penghilang Rasa Sepi
Fribo si robot kucing yang peduli. (Cr: SoBadSoGood)

Kapanlagi Plus - Korea selalu berada selangkah di depan negara lain dalam mengembangkan teknologi. Kini negara adidaya Asia ini mengembangkan robot untuk menemani manusia.

Untuk KLovers yang tinggal sendirian kini tak perlu lagi kesepian. Korea telah mengembangkan robot kucing lucu untuk melawan kesendirian mereka yang hidup sendirian.

Fribo akan merespon gerakan di sekitarnya dan berkomunikasi via chat. (Cr: SoBadSoGood)Fribo akan merespon gerakan di sekitarnya dan berkomunikasi via chat. (Cr: SoBadSoGood)

Robot kucing lucu ini diberi nama Fribo. Tak seperti robot yang dibayangkan pasif dan tak ekpresif, robot ini dapat memulai interaksi dengan pemiliknya.

Layaknya teman di dunia nyata, Fribo akan merespon gerakan sang pemilik dan juga berkomunikasi melalui chat. Komunikasi antar pemilik dan Fribo juga dijamin aman dan terjaga secara privat.

Tak seperti asisten di smartphone (Siri/Alexa) yang hanya merespon bila kita tanya. Fribo akan dengan aktif menanyakan dan merespon gerakan kita di dalam rumah.

Fribo memiliki artificial intelegent yang membuat robot ini semakin pintar. (Cr: SoBadSoGood)Fribo memiliki artificial intelegent yang membuat robot ini semakin pintar. (Cr: SoBadSoGood)

Tak perlu takut kesepian karena Fribo dapat berinteraksi layaknya manusia. (Cr: SoBadSoGood)Tak perlu takut kesepian karena Fribo dapat berinteraksi layaknya manusia. (Cr: SoBadSoGood)

Tujuan utama diciptakannya robot kucing ini adalah sebagai teman untuk berbagi aktivitas sehari-hari. Lebih lanjut, untuk mengurangi rasa kesepian orang-orang yang tinggal sendirian.

Fribo akan memberi tahu sang pemilik bila terjadi gerakan di dalam radius area rumah. Misalnya jika seseorang membuka pintu rumah atau kulkas.

Sebuah test dilakukan oleh Universitas Yonsei dan Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) untuk menguji seberapa 'peduli' Fribo pada pemiliknya.

Dan respon para pengujipun bermacam-macam. Beberapa merasa nyaman memiliki sosok yang perhatian untuk memecah kesunyian yang dialami di rumah. Mereka merasa chatting dengan robot kucing ini menyenangkan dan terasa nyata.

Kalau KLovers bagaimana, apakah tertarik untuk mengadopsi robot? Atau merasa takut akan semakin menjadi orang aneh?

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia



MORE STORIES




REKOMENDASI