Biar Tak Semakin Parah, Perawatan Rambut Rontok Ini Wajib Kamu Terapkan!

Penulis: Iwan Tantomi

Diperbarui: Diterbitkan:


Credit via Shutterstock.com

Kapanlagi.com - Kerontokan dapat menjadi salah satu tanda penuaan pada rambut. Proses penuaan tidak hanya terjadi pada kulit tetapi juga pada rambut. Hal ini ditandai dengan pergantian sel yang semakin lambat, yang juga dapat mempengaruhi kondisi rambut. Proses penuaan juga dapat menyebabkan rambut rontok yang sangat parah. Pergantian sel yang semakin melambat setiap harinya dapat menyebabkan rambut semakin tipis seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, sangat wajar jika rambut menjadi lebih tipis seiring dengan bertambahnya umur.

Selain itu, kekurangan vitamin juga dapat menjadi penyebab rambut rontok. Kekurangan vitamin tertentu, seperti vitamin D, vitamin A, atau zat besi, dapat memengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkan rambut rontok. Nah, biar tak semakin parah, perawatan rambut rontok ini wajib kamu terapkan!

1. Jangan Menggosok Rambut Terlalu Kencang Saat Keramas

Menggosok rambut terlalu kencang saat keramas dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, terutama jika dilakukan secara berlebihan. Hal ini dapat membuat akar rambut menjadi kering dan rambut mudah rapuh, yang pada akhirnya dapat menjadi sumber terjadinya kerontokan. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari menggosok rambut terlalu keras saat keramas. Selain itu, hindari juga menggosok rambut dengan handuk secara kasar setelah keramas, karena hal ini juga dapat merusak batang rambut.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Gunakan Sisir Bergigi Jarang untuk Mengurangi Tarikan Pada Rambut

Menggunakan sisir bergigi jarang saat menyisir rambut dapat membantu mengurangi tarikan pada rambut, sehingga rambut tidak mudah rontok. Sisir bergigi jarang memberikan ruang yang longgar ketika menyisir rambut, sehingga tidak memberikan tekanan atau tarikan yang berlebihan pada batang rambut. Selain itu, sisir bergigi jarang juga sangat disarankan untuk mengurai rambut yang masih basah setelah mandi. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan mengurangi risiko kerontokan.

3. Jangan Menggaruk Kepala Pakai Kuku Agar Kerontokan Rambut Tak Makin Parah

Menggaruk kulit kepala menggunakan kuku dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan membuat akar rambut semakin lemah. Hal itu pada akhirnya juga dapat memperparah kerontokan rambut. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari kebiasaan menggaruk kulit kepala terlalu keras, terutama jika kuku dalam kondisi panjang.

Di samping itu, menggaruk kulit kepala dengan keras dapat membuat serat rambut rentan rusak dan patah, serta berisiko menyebabkan luka dan infeksi. Jika kulit kepala terasa gatal, sebaiknya hindari menggaruknya dengan kuku dan pertimbangkan untuk mencari solusi lain seperti penggunaan sampo anti-ketombe atau perawatan khusus kulit kepala. Hal tersebut lebih efektif dijadikan perawatan rambut rontok.

4. Konsumsi Makanan yang Bisa Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Rambut

Ada beberapa makanan yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Sebut saja, telur yang kaya akan vitamin A, vitamin E, biotin, dan folat yang menjaga rambut tetap sehat dan tebal. Kemudian, ikan berminyak seperti salmon dan mackerel mengandung asam lemak omega-3, zat besi, dan vitamin B12 yang membantu memperlambat kerontokan rambut.

Ada pula yoghurt yunani yang memiliki bahan yang membantu melancarkan aliran darah ke kulit kepala dan pertumbuhan rambut. Selain itu, ada alpukat mengandung vitamin E yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan rambut. Kacang juga mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai vitamin peningkat pertumbuhan rambut.

Jangan lupa, konsumsi makanan mengandung gandum secara rutin, karena dapat membantu memenuhi nutrisi untuk rambut. Begitu juga dengan jambu biji, karena kaya akan vitamin C yang berguna untuk produksi sebum dan menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah rontok. Serta, ada pisang yang mengandung potasium yang dapat membantu rambut lebih lembut dan mudah diatur.

5. Rawatlah Rambut dengan Ellips Hair Vitamin yang Mengandung Bahan Alami

Perawatan rambut rontok lainnya yang bisa dilakukan adalah rutin menggunakan hair vitamin. Seperti diketahui, faktor cuaca panas (sinar UV) dan polusi yang tinggi di Indonesia, berpotensi membuat rambut menua. Benar saja, tidak hanya kulit yang bisa mengalami penuaan, tapi rambut juga bisa menua. Masalah rambut menua sendiri bukan hanya dialami oleh wanita yang sudah dewasa tapi juga wanita usia 20-an. Adapun ciri-ciri rambut menua tidak hanya ditandai perubahan warna rambut jadi abu-abu, tapi dengan munculnya tanda permasalahan rambut seperti kering, kusam, mudah patah dan kasar. Wanita tidak menyadari bahwa permasalah rambut yang dialami merupakan penuaan rambut.

Salah satu cara mengatasi rambut menua adalah rutin memakai vitamin rambut yang mengandung moroccan oil sebagai antioksidan yang bisa mengatasi tanda penuaan rambut. Selain itu, jangan lupa pilih vitamin rambut dengan kandungan UV dan heat protection, sehingga dapat melindungi rambut dari panas sinar UV dan styling tools yang bisa menjadi penyebab penuaan rambut. Semua manfaat tersebut bisa kamu temukan dalam Ellips Hair Vitamin.

Sebagai pelopor dalam industri perawatan rambut di Indonesia, Ellips telah berhasil menetapkan dirinya sebagai merek vitamin rambut pertama. Dengan berbagai rangkaian produk yang kaya manfaat, Ellips telah membuktikan dedikasinya dalam menjaga kesehatan dan keindahan rambut sejak tahun 2005. Ellips Hair Vitamin ini sendiri lahir dari kebaikan salah satu bahan andalan, yaitu Moroccan Oil atau lebih dikenal sebagai Argan Oil. Di dalam Argan Oil mengandung nutrisi beragam, terutama vitamin E, yang berperan sebagai antioksidan penting untuk melindungi dari radikal bebas.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi

Rekomendasi
Trending