Bikin Bangga! Pengumuman di Bandara Dubai Pakai Bahasa Jawa Halus

Selasa, 08 Agustus 2017 15:18 Penulis: Agista Rully
Bikin Bangga! Pengumuman di Bandara Dubai Pakai Bahasa Jawa Halus
© World Atlas

Kapanlagi Plus - Bahasa Jawa merupakan bahasa dengan salah satu penutur terbanyak. Sekitar 98 juta orang atau 42% dari total populasi Indonesia merupakan penutur bahasa Jawa. Bahkan negeri Jiran seperti Malaysia pun juga menuturkan bahasa Jawa lho, terutama di daerah Selangor dan Johor.

Sebagai orang Jawa sekaligus bagian dari bangsa Indonesia, sudah menjadi kebanggaan dong bila bahasa ibu ini go international. Beberapa waktu lalu ada seorang pedagang di Korea Selatan yang fasih berbahasa Jawa. Nah, sekarang bahasa Jawa digunakan untuk mengumumkan jadwal keberangkatan di bandara internasional super sibuk, Dubai. Wihi!

"Nuwun sewu, Bapak-Bapak soho Ibu-Ibu, penerbangan Emirates EK tigo-gangsal-wolu dateng Jakarta sakmeniko bade..." begitulah bunyi pengumuman dalam bahasa Jawa yang jadi viral belakangan ini di sosial media. Tak tanggung-tanggung, bahasa yang digunakan merupakan Krama Inggil atau bahasa Jawa halus yang jarang dituturkan generasi muda saat ini.

Bagian dalam Dubai International Airport © MOJTV.HRBagian dalam Dubai International Airport © MOJTV.HR

Rupanya penggunaan bahasa Jawa ini bertujuan untuk membuat penumpang merasa nyaman. "(Bahasa Jawa) Ini untuk membuat penumpang di Bandara Dubai yang tidak bisa bahasa Arab atau Inggris merasa nyaman. Bersama pihak bandara, kami memasukkan 26 bahasa dalam sistem untuk dipakai di setiap pintu keberangkatan sehingga supervisor yang bertugas bisa memilih bahasa sesuai penumpang yang akan terbang," jelas Walter Riggans, Divisional Vice President Emirates dikutip dari berbagai sumber.

Sementara seorang warga Bandung yang kebetulan mengunggah momen langka di bandara Internasional ini merasa terkejut. "Kaget benar, boarding announcement-nya pakai Bahasa Jawa. Saya ketawa bareng orang Indonesia lainnya," ujar seorang pria bernama Wahyu Pratomo.

Selain Bandara Internasional Dubai, bandara Adi Sucipto Yogykarta juga telah menggunakan bahasa Jawa alus sebagai boarding announcement sejak 17 Juli lalu. Alasannya untuk menghadirkan keramahan khas Yogyakarta dan mendukung pelestarian budaya lokal. Wah, patut diapresiasi ya? Bagi yang penasaran seperti apa bunyinya simak deh video di bawah ini.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI