58 Kata-Kata Bijak Bahasa Jawa, Jadi Inspirasi dan Penuh Hikmah Kehidupan

Kamis, 04 Maret 2021 12:11
58 Kata-Kata Bijak Bahasa Jawa, Jadi Inspirasi dan Penuh Hikmah Kehidupan
Kata-kata bijak bahasa Jawa (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam hal yang dapat dijadikan inspirasi dan motivasi termasuk membaca kata-kata bijak bahasa Jawa. Sebab, kata-kata bijak bahasa Jawa mengandung makna mendalam mengenai persoalan hidup yang dapat memberi kalian hikmah terbaik. Melalui kata-kata bijak bahasa Jawa, bisa jadi kalian dapat menemukan inspirasi ketika menghadapi persoalan tertentu.

Kehidupan memang tidak selalu berjalan mulus seperti kehendak manusia. Di mana setiap orang memiliki persoalan hidup masing-masing baik persoalan cinta, karir, pendidikan, pekerjaan, dan seterusnya. Berkaitan dengan persoalan hidup, ada kalanya bertindak bijak dalam menyikapinya perlu dilakukan agar situasi bisa terkendali.

Bijak dalam menghadapi sebuah persoalan juga membuat kalian menjadi pribadi yang lebih dewasa dan mencegah masalah lain timbul. Kalian bisa memperoleh inspirasi lewat kata-kata bijak bahasa Jawa yang terkadang mengandung falsafah kehidupan.

Selain itu kata-kata bijak bahasa Jawa juga memiliki makna mendalam tentang suatu persoalan sehingga mampu memotivasi sekaligus menginspirasi. Sejumlah kata-kata bijak bahasa Jawa di bawah ini dapat kalian jadikan pelajaran berharga ketika menghadapi persoalan hidup.

Adapun kata-kata bijak bahasa Jawa dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut kata-kata bijak bahasa Jawa telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Kata-Kata Bijak Bahasa Jawa Penuh Makna

Seperti ulasan sebelumnya, sejumlah kata-kata bijak bahasa Jawa mengandung makna mendalam yang bisa kalian ambil untuk dijadikan motivasi serta inspirasi dalam menyikapi persoalan hidup. Adapun kata-kata bijak bahasa Jawa penuh makna di bawah ini bisa jadi referensi buat kalian.

1. Dudu sanak, dudu kadang, yen mati melu kelangan. (Bukan keluarga, bukan saudara, jika sudah meninggal ikut merasa kehilangan.)

2. Aja dadi pengecut kaya upil sing umpetan ning ngisor meja. (Jangan jadi pengecut seperti upil yang ngumpet di bawah meja.)

3. Gusti Allah paring pitedah bisa lewat bungah, bisa lewat susah. (Allah memberikan petunjuk bisa melalui bahagia, bisa melalui derita.)

4. Yen kowe tresna mung amarga rupa, banjur kepiye anggonmu tresna marang gusti kang tanpa rupa? (Kalau kamu cinta hanya karena wajah, lalu bagaimana kamu mencintai Tuhan yang tanpa rupa?)

5. Gusti Allah mboten sare. (Allah tidak tidur.)

6. Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan. (Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya.)

7. Alam iki sejatining guru. (Alam adalah guru yang sejati.)

8. Ngapusi kui hakmu. Kewajibanku mung etok-etok ora ngerti yen mbok apusi. (Berbohong itu hakmu. Kewajibanku hanya pura-pura tidak tahu kalau kamu berbohong)

9. Uripmu koyo wit gedhang duwe jantung tapi ora duwe ati. (Hidupmu seperti pohon pisang, punya jantung tapi tak punya hati)

10. Kadang mripat iso salah ndelok, kuping iso salah krungu, lambe iso salah ngomong, tapi ati ora bakal iso diapusi. (Terkadang mata bisa salah melihat, telinga bisa salah mendengar, mulut bisa salah mengucap, tapi hati tak bisa dibohongi dan membohongi)

11. Kadang lathi iso gawe loroning ati.(Kadang lidah bisa membuat sakit hati)

 

 

2. Kata-Kata Bijak Bahasa Jawa yang Menginspirasi

Beragam kata-kata bijak bahasa Jawa yang menginspirasi membuat kalian lebih bijak dalam menghadapi persoalan hidup. Misalnya saja inspirasi untuk saling menghargai, saling peduli, ataupun saling berbagi bisa kalian ambil hikmah terbaiknya. Berikut ini kata-kata bijak bahasa Jawa yang menginspirasi.

12. Alam ora bisa dilawan, awu sing semebar iku sejatine berkah gusti kanggo njaga kesuburan bumi Jawa. Mulane ayo pada disyukuri wae. (Alam tidak akan bisa dilawan, abu yang beterbangan adalah berkah dari Tuhan untuk menjaga kesuburan bumi Jawa. Untuk itu mari kita syukuri saja.)

13. Witing tresna jalaran saka kulina. Witing mulya jalaran wani rekasa. (Cinta itu tumbuh karena ada kebiasaan. Kemakmuran timbul karena berani bersusah dahulu.)

14. Adhang-adhang tetese embun, pasrah peparing marang gusti. (Setelah usaha dengan maksimal, kita juga harus pasrah pada Tuhan.)

15. Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan. (Sebaik-baik orang adalah yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi.)

16. Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo. (Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan.)

17. Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa. (Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa.)

18. Ambeg utomo, andhap asor. (Jadilah yang utama, namun tetap rendah hati.)

19. Sabar iku ingaran mustikaning laku. (Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yang sangat indah dalam sebuah kehidupan)

20. Niat kerjo, ora golek perkoro. Niat golek rejeki, ora golek rai. Ora balapan, opo maneh ugal-ugalan. (Niat bekerja, bukan cari perkara. Niat mencari rejeki, bukan cari perhatian belaka. Bukan balapan, apalagi ugal-ugalan)

21. Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo meneh sing gak duwe.(Orang yang punya pacar itu haruslah bersabar dengan pasangan yang dimilikinya. Apalagi yang gak punya)

 

 

3. Kata-Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Kehidupan

Adapun kata-kata bijak bahasa Jawa tentang kehidupan di bawah ini dapat mewakili perasaan kalian ketika dihadapkan dengan persoalan tertentu. Sehingga kalian dapat menghadapi persoalan tersebut lebih bijak, tenang dengan pikiran jernih. Berikut ini kata-kata bijak bahasa Jawa tentang kehidupan.

22. Urip iku akeh cobaan. Yen akeh saweran iku jenenge dangdutan. (Hidup itu banyak cobaan. Kalau banyak saweran itu namanya dangdutan.)

23. Golek sempurnaning urip lahir batin lan kasempurnaning pati. (Mencari kesempurnaan hidup di dunia dan akhirat.)

24. Gusti paring mergi kangge tiang ingkang purun ting merginipun. (Tuhan akan memberikan jalan bagi mereka yang mau mengikuti jalan-Nya.)

25. Golek jodho aja mung mburu endhahing warna, pala karma aja ngece-ngeceh banda. (Mencari jodoh itu jangan hanya karena rupa yang menawan, waktu pernikahan jangan hanya menghamburkan harta benda.)

26. Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu. (Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu, biar baik nasibmu.)

27. Manungsa mung ngunduh wohing pakarti. (Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)

28. Witing tresno jalaran soko kulino. Witing mulyo jalaran wani rekoso. (Bahwa cinta itu tumbuh lantaran ada kebiasaan, kemakmuran itu timbul karena berani bersusah dahulu)

29. Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit. (Dosa yang paling menyedihkan adalah pada sambat tidak punya duit)

30. Akeh manungsa ngrasakaken tresna, tapi lalai lan ora kenal opo kui hakekate atresna.(Banyak manusia merasakan cinta, namun mereka lupa tidak mengenal hakikat cinta sebenarnya)

31. Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg. (Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti)

32. Urip kui ibarate kopi asli tanpo gendis. Yen koe ora iso carane nikmati, mesti rasane pait. (Hidup itu ibarat kopi asli tanpa gula. Missal tidak bisa menikmati, pasti rasanya pahit.)

33. Ora usah sepaneng, mending digawe seneng-seneng. (Tak usah tegang, lebih baik dibuat senang-senang)

34. Narimo ing pandum. (Menerima segala sesuatu dengan ikhlas.)

 

 

4. Kata-Kata Bijak Bahasa Jawa Berisi Nasihat

Sejumlah kata-kata bijak bahasa Jawa terkadang berisi nasihat mengenai suatu persoalan yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Sehingga kalian dapat memperoleh inspirasi jalan keluar untuk menghadapi situasi tertentu. Berikut ini kata-kata bijak bahasa Jawa yang berisi nasihat.

35. Aja dadi kacang kang lali akro uripe. (Jangan menjadi orang yang lupa atas jasa orang lain.)

36. Sing wis lunga lalekna, sing durung teko entenana, sing wis ana syukurana. (Yang sudah pergi relakanlah, yang belum datang tunggulah, yang sudah ada syukurilah.)

37. Sepira gedhene sengsara yen tinampa among dadi coba. (Seberapapun masalah yang besar jika diterima dengan dada lapang dan ikhlas maka hanya menjadi cobaan yang ringan.)

38. Ampun mbedaaken marang lintune. (Jangan membeda-bedakan antara sesama manusia.)

39. Memayu hayuning pribadi: memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana. (Berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia.)

40. Mohon, mangesthi, mangastuti, marem. (Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama.)

41. Aja mbedakake marang sak sapadha-pada. (Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia)

42. Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan. (Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya, jauh tiada batasan)

43. Mohon, mangesthi, mangastuti, marem. (Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama)

44. Aja keminter mundhak keblinger, aja cidra mundak cilaka. (Jangan sok pintar nanti salah. Jangan curang, nanti jadi celaka.)

45. Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo. (Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan)

 

 

5. Kata-Kata Bijak Bahasa Jawa Memotivasi

Setiap orang perlu mendapatkan motivasi dalam menjalani hidup agar lebih bermanfaat dan berguna bagi sesama. Untuk memperoleh motivasi salah satu caranya bisa dilakukan dengan membaca kata-kata bijak bahasa Jawa yang memotivasi. Adapun kata-kata bijak bahasa Jawa yang memotivasi sebagai berikut.

46. Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe. (Orang yang menang adalah orang yang bisa melawan nafsunya sendiri.)

47. Sura dira jayaningrat, lebur dening pangastuti. (Segala sifat keras hati, angkara murka, hanya bisa dikalahkan oleh sikap bijak, sabar, dan lembut.)

48. Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan. (Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran.)

49. Yen urip mung isine isih nuruti nepsu, sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu. (Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemulyaan hidup akan semakin sulit ditemukan.)

50. Move on kuwi dudu berusaha nglalekke ya, tapi ngikhlaske lan berusaha ngentukke sing luwih apik luwih seko sing mbiyen-mbiyen. (Move on itu bukan berusaha melupakan ya, tapi mengikhlaskan dan berusaha mendapatkan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya)

51. Natas, nitis, netes. (Dari Tuhan kita ada, bersama Tuhan kita hidup, dan bersatu dengan Tuhan kita kembali)

52. Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran. (Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan)

53. Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan. (Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran)

54. Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyipta'aken manungsa! (Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenakan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang ttelah menciptakan manusia)

55. Memayu hayuning pribadi, memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana. (Berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesame manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia)

56. Ngelmu iku kalakone kanthi laku. (Bila ingin menjadi pintar, maka harus belajar mencari ilmu.)

57. Ora ono wong mulyo tanpo urip rekoso. (Tidak ada manusia yang hidup senang tanpa usaha keras.)

58. Wayah wulangen marang kautaman, predinen susileng tata supata gawe pepadhaning kaluwarga. (Didiklah anak cucumu ke arah keutamaan, didiklah tata susila agar dapat menjadi sinar cahaya bagi keluarga.)

Nah itulah 58 kata-kata bijak bahasa Jawa, jadi inspirasi dan penuh hikmah kehidupan. Sejumlah kata-kata bijak Bahasa Jawa di atas dapat mewakili perasaan kalian yang mungkin berada pada situasi serupa.

Sumber: Bola.com, Brilio.net, Liputan6.com

 

 

(kpl/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI