Bikin Meme di Internet, Harvard Cabut Penerimaan Mahasiswa Ini

Agista Rully | Sabtu, 17 Juni 2017 10:18
Bikin Meme di Internet, Harvard Cabut Penerimaan Mahasiswa Ini
The Crimson

Kapanlagi.com - Musim pengumuman ujian telah tiba. Di Indonesia, sejumlah perguruan tinggi negeri telah mengumumkan nama para mahasiswa yang diterima. Sebuah kabar gembira bagi para siswa yang baru lulus. Tapi kelulusan bukan berarti tujuan terakhir perjalanan hidup kan?

Sedikit berbeda dengan penerimaan mahasiswa di Indonesia, di Amerika Serikat penerimaan dilakukan secara individual melalui aplikasi yang dikirim ke universitas masing-masing. Aplikasi tersebut lalu akan diperiksa oleh universitas dan bila diterima, masing-masing kandidat akan menerima e-mail berupa keterangan diterima atau ditolak.

Belum lama ini, sejumlah mahasiswa Harvard untuk tahun ajaran 2021 dicabut status penerimaannya karena mengunggah meme berbau sensitif dan pornografi lewat grup chat pribadi Facebook. "Banyak calon mahasiswa yang sangat tertarik untuk membuat grup Facebook dengan orang-orang yang memiliki hobi atau kesukaan yang sama. Dan seseorang mulai mengunggah meme," ujar Jessica Zhang, salah satu calon mahasiswa angkatan 2021.

Sejumlah calon mahasiswa angkatan 2021 status penerimaannya dicabut Harvard karena mengunggah meme sensitif  Youtube.comSejumlah calon mahasiswa angkatan 2021 status penerimaannya dicabut Harvard karena mengunggah meme sensitif Youtube.com

Menurut penuturan calon mahasiswa yang tergabung dalam grup Facebook tersebut, calon mahasiswa harus mengunggah meme di grup besar sebelum bisa bergabung ke grup meme yang lebih privat. Di dalam grup kecil tersebut terdapat guyonan yang mengarah ke rasisme, konten seksual, dan juga pelecehan.

"Komite Penerimaan sangat kecewa mengetahui bahwa para siswa membuat grup chat pribadi yang mengandung konten negatif," tulis Admission Office di surat elektronik pencabutan status calon mahasiswa dikutip dari The Crimson.

"Karena kami telah mengetahui bahwa Anda merupakan salah satu anggota dari grup chat tersebut maka kami meminta Anda untuk mengajukan surat pernyataan besok siang untuk menjelaskan dan mendiskusikan hal lebih lanjut dengan Komite Penerimaan." Begitu tulis surat yang diberikan pada para mahasiswa. Well, sepertinya kita harus lebih bijak dalam menggunakan sosial media ya KLovers?

(the/agt)




PLUS TERKAIT

LATEST UPDATE




REKOMENDASI