Bitcoin SegWit2X Kembali, Sekeren Apa Sih?

Rabu, 27 Desember 2017 14:47 Penulis: Wuri Anggarini
Bitcoin SegWit2X Kembali, Sekeren Apa Sih?
(c) SegWit2X

Kapanlagi Plus - SegWit2X butuh waktu nggak nyampe 2 bulan untuk meramaikan kembali dunia bitcoin. Ya, sempat di-shutdown pada November lalu, Segwit kembali sebelum 2018 tiba dengan SegWit2X. Catat tanggalnya guys, SegWit2X akan diluncurkan 28 November 2017 alias besok.

Lalu apa bedanya?

Di era digital yang serba cepat ini, bukan upgrade namanya kalau tidak ada peningkatan yang signifikan. Pengembang pun memutuskan ukuran blok akan di-upgrade bersama dengan peningkatan stabilitas dalam transaksi Bitcoin. Ini yang jadi ide utama dari peningkatan di SegWit2X nanti.

Apa alasannya ya?

Transaksi bitcoin yang makin tinggi bikin blockchain makin terbebani guys. Gara-gara tiap block cuma bisa menampung 1MB data, perpindahan data jadi makin lambat alias lemot. Semua itu penyebabnya adalah volume transaksi jauh melebihi daya tampung block. Konfirmasi pun jadi lebih lambat karena butuh beberapa block agar input bisa masuk ke dalam block dan disimpan dalam blockchain.

Bertanya-tanya kan apa sih kerennya SegWit2X nanti?

Tim pengembangnya bilang nih, kalau mereka mau melanjutkan kegiatan berdasarkan launching proyek yang ditangguhkan di websitenya. Tapi, perdagangan berjangka masih dilanjutkan di beberapa bursa kripto dengan harga mendekati 0.01 BTC.

Selain menetapkan Segregate Witness, tim pengembang juga sepakat dalam beberapa aspek guys, antara lain:

  • Peningkatan ukuran block hingga 4MB
  • Tingkat produksi block 2,5 menit
  • Format alamat yang unik
  • Perhitungan ulang kompleksitas setiap block
  • Perlindungan terhadap transaksi berulang
  • Menggunakan alogaritma enskirpsi X11.

Menurut Roadmap-nya, ada beberapa peningkatan positif yang akan didapatkan berikut ini :

  • Kode offline
  • Dukungan untuk lightning network, transaksi instan
  • Zksnark
  • Ethereum smart contracts
  • Transaksi anonim.

Nah, selama di hard fork di blok 501451, Bitcoin SegWit2X nggak hanya lahir kembali guys, tapi juga akan membuat jaringan yang tentunya lebih baik untuk memanjakan komunitas kripto. Selain itu, Bitcoin SegWit2X memberikan jaminan kepada semua pemegang BTC nantinya akan menerima B2X dengan rasio 1: 1 dan para pengguna akan mendapatkan bitcoin baru Segwt2X koin dalam rasio tersebut kalau mereka menyimpan dananya di bursa yang sudah ditentukan pada saat fork. Lalu akan ada juga kemungkinan untuk mendapatkan koin dengan menambah private key di dompet Bitcoin SegWit2X. Tapi pilihan ini baru akan tersedia beberapa saat setelah diadakan pengujan.

Di beberapa bursa berjangka, fork ini sudah diperdagangkan kamu dapat cek pergerakannya di https://coinmarketcap.com/, biaya bertambah hingga tiga kali lipat, setelah adanya pengumuman dimulainya kembali proyek tersebut.

Fork tersebut terdapat perubahan, diantaranya, munculnya HitBTC yang akan mendukung kerja BTC hard fork dan IGNIS airdrop, lalu pertukaran dengan jumlah yang sangat besar dengan omzet lebih dari 1 miliar dollar per hari. Pertukaran tersebut dapat dilakukan di https://exrates.me, https://yobit.net , https://zumminer.com, www.webmoney.ru, tapi bagi dompet pertukaran bitcoin yang tidak mendukung fork ini lalu penggunanya tidak mendapatkan koin, itu berarti tanggung jawab mereka sendiri, maka dari itu peran dukungan dari masyarakat sangat penting kalau para komunitas kripto ingin mendapatkan bonus tahun baru.

Segwit2Segwit2

Itu dia guys beberapa perubahan yang akan jadi hadiah untuk kalian komunitas kripto di akhir tahun dari tim pengembang yang terdiri dari pimpinan startup dan penambang Bitcoin. Block No. 501451 direncanakan akan diproduksi sebelum tahun baru, mulai 28 Desember 2017. Ini akan jadi kado Natal dan tahun baru untuk seluruh komunitas kripto.

Klik tautan ini guys atau join link telegram https://t.me/Segwit2_X untuk melihat update Bitcoin SegWit2X dan social media segwit di Https://Bitcointalk.org/index.php?Topic=2595620 , Twitter dan Facebook.

(adv/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI