Bongkar 4 Rahasia Interview Kerja yang Bikin Kamu Auto Lolos

Rabu, 11 Desember 2019 00:01 Penulis: Iwan Tantomi
Bongkar 4 Rahasia Interview Kerja yang Bikin Kamu Auto Lolos
(c)Shutterstock

Kapanlagi Plus - Berhasil lulus kuliah memang jadi hal membanggakan. Tapi, perjuangan nggak hanya sampai di situ saja karena kamu harus masuk ke dalam 'medan laga' selanjutnya, yaitu perjuangan mencari kerja. Saat akhirnya telepon panggilan interview datang pasti jadi momen yang mendebarkan banget. Apalagi bagi kamu dengan pengalaman interview yang minim, bakal grogi menghadapi hari H deh. 

Tapi, jangan cemas. Jika mampu mempersiapkan diri dengan baik, interview bakal berjalan mulus. Sebelum itu, bongkar dulu 4 rahasia interview kerja yang bikin kamu auto lolos berikut ini. 

Siapkan CV yang Outstanding

Tahu nggak sih, CV ibarat first impression yang akan diperoleh interviewer sebelum bertemu kamu secara langsung. Jadi, penting banget mempersiapkan CV yang kreatif dan outstanding. Terlebih jika jenis pekerjaan yang kamu incar adalah yang berhubungan dengan industri digital dan kreatif. 

Gali sisi kreativitas dalam diri lewat tampilan CV yang punya desain menarik. Akan lebih baik jika desain CV yang dikirim benar-benar mencerminkan siapa diri kamu dan keahlian yang dimiliki. Kalau desain sudah oke, jangan lupa juga untuk memperhatikan kontennya.

Tuliskan secara ringkas apa saja pengalaman, achievement, atau kegiatan apa saja yang kamu lakukan ketika kuliah. Kalau kamu punya pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar, itu akan menjadi poin plus lho. Contohnya, kalau kamu pernah mengikuti marketing case competition, pengalaman itu akan menjadi penunjang ketika kamu melamar kerja di industri bisnis dan marketing.

Sebaliknya, jangan khawatir kalau kamu tidak memiliki pengalaman sebelumnya terkait dengan bidang yang kamu lamar, tuliskan kegiatan kampus yang telah kamu lakukan. Misalnya, menjadi bagian dari tim basket akan membantu kamu menunjukkan softskill kamu sebagai anggota tim yang baik. 

Kepoin Perusahaannya Terlebih Dulu

Jangan hanya stalking mantan terus. Sebelum datang interview, kamu juga wajib kepoin berbagai informasi tentang perusahaan yang dilamar. Informasi basic tentang perusahaan seperti bergerak di bidang apa dan sudah berapa lama berjalan ini penting buat diketahui. Jadi, kamu tampak siap ketika ditanya tentang hal tersebut oleh interviewer. Seberapa banyak pengetahuanmu tentang perusahaan dan posisi yang dilamar bisa jadi gambaran tentang kesiapan dan seberapa besar minatmu bergabung di perusahaan tersebut. 

Pelajari Pertanyaan dan Jawaban yang Umum ada di Interview

Jangan malas buat browsing tentang pertanyaan umum yang sering muncul dalam interview dan siapkan jawabannya. Trik ini bisa bikin kamu terlihat siap dan profesional di hadapan interviewer. Dengan mempelajari hal tersebut, kamu juga bisa meminimalisir rasa grogi saat proses interview berlangsung karena sudah melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan. 

Jangan lupa untuk menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan dengan lebih komunikatif. Hindari menjawab dengan satu kalimat singkat karena akan mempengaruhi penilaian interviewer. Kamu juga bisa kok mengajukan berbagai pertanyaan terkait job description posisi yang dilamar atau tentang perusahaan secara umum karena hal ini bisa menandakan seberapa besar minatmu akan posisi tersebut. 

Berikan First Impression yang Baik dengan Penampilan yang Oke

Penampilan juga wajib jadi hal yang diperhatikan saat menghadapi interview kerja. Jadi, penting banget buat menyiapkan OOTD terbaik nih. Penampilan yang baik juga bikin kamu makin percaya diri. Jadi, terbebas deh dari masalah grogi dan minder saat interview

Selain pakaian, penting juga untuk memperhatikan sepatu yang digunakan. Untuk bagian yang satu ini masih sering kurang diperhatikan nih. Padahal, sepatu yang kinclong bisa menyempurnakan penampilan dan bikin kamu makin percaya diri menghadapi tantangan interview

©KIWI Semir Sepatu 100ml

Mempersiapkan sepatu yang perfect untuk menghadapi interview kerja juga nggak sulit kok. Sekarang ada cara mudah untuk memberikan perawatan terhadap sepatu kesayangan. Pakai saja KIWI Semir Sepatu yang bisa membuatnya tampak mengilap nggak hanya sehari, tapi melindunginya hingga 7 hari! 

©KIWI Shine and Protect 75ml

Selain KIWI Semir Sepatu, ada juga KIWI Shine and Protect yang bisa bikin sepatu tampak kilap seketika. Kedua varian KIWI ini hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, cokelat, dan netral yang bisa disesuaikan dengan warna sepatu kesayanganmu. 

Gimana, sudah makin siap dan bersemangat menghadapi interview kerja kan? Yuk wujudkan pekerjaan impianmu bersama KIWI, Langkah Tepat Memulai Karirmu!

(kpl/wri/tmi)

Reporter:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI