Canggih! Bayar di Supermarket Ini Hanya Modal Aplikasi HP Saja

Rabu, 12 Juli 2017 15:18 Penulis: Agista Rully
Canggih! Bayar di Supermarket Ini Hanya Modal Aplikasi HP Saja
Marketing Interactive

Kapanlagi Plus - Pemerintah melalui Bank Indonesia telah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Tujuan gerakan ini adalah untuk menghemat anggaran negara agar tidak terlalu sering mencetak uang baru. Sejak dicanangkan beberapa waktu lalu, GNNT telah menjaring 1,2 juta orang.

Ya, 1,2 juta orang tersebut melakukan gerakan non tunai dengan melakukan pembayaran dengan kartu elektronik (ATM, kartu kredit, kartu debet, mobile banking). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian kecil masyarakat Indonesia telah paham dan siap menyambut transaksi cash-less (nontunai).

Kafe nontunai di China, Taobao yang tidak melayani pembayaran dengan uang kartal  Bangkok PostKafe nontunai di China, Taobao yang tidak melayani pembayaran dengan uang kartal Bangkok Post

China sudah beberapa langkah lebih maju dari Indonesia soal gerakan nontunai ini. Baru-baru ini saja salah satu raksasa e-commerce, Alibaba, meluncurkan kafe cash-less yang berarti semua transaksi pembayaran tidak melibatkan uang tunai sedikitpun.

"Kafe Taobao merupakan eksperimen kafe berbasis nontunai pertama. Kafe ini merupakan fitur lain dari Alibaba untuk menitikberatkan pada kemampuan menjembatani bisnis offline dan online," jelas Chris Tung, marketing Alibaba dikutip dari Bangkok Post.

Kafe TaoBao Alibaba yang melayani pembayaran khusus nontunai  marketing-interactiveKafe TaoBao Alibaba yang melayani pembayaran khusus nontunai marketing-interactive

Sistem pembayaran di kafe nontunai ini cukup mudah. Pembeli hanya perlu menginstall aplikasi Alipay dan mengisi sejumlah saldo dalam aplikasi tersebut. Pembayaran akan dilakukan dengan cara scan QR Code di meja kasir.

Sebagai bentuk jaminan keamanan, pembayaran di kafe ini dilengkapi dengan voice serta face recognition sehingga tidak memungkinkan sistem pembayaran online ini disalahgunakan orang yang tidak bertanggungjawab. "Ini hanya contoh kecil dari Alibaba sebagai bentuk penyediaan teknologi yang berguna bagi pengembangan pengalaman pelanggan." Kira-kira KLovers sudah siapkah dengan inovasi baru di dunia teknologi seperti ini?

(ban/agt)

Editor:

Agista Rully



MORE STORIES




REKOMENDASI