Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis, Perhatikan Berbagai Pengaturan Otomatis

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis, Perhatikan Berbagai Pengaturan Otomatis
Ilustrasi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Hp kini sudah jadi benda vital di kehidupan sehari-hari. Dengan hp, seseorang bisa melakukan berbagai hal mulai dari berkomunikasi, mencari hiburan, hingga melakukan pekerjaan. Sayangnya, ada banyak hal pula yang bisa jadi kendala penggunaan hp. Baterai yang cepat habis adalah salah satunya. Maka dari itu penting untuk tahu cara agar baterai tidak cepat habis.

Tak bisa dipungkiri, baterai memang jadi salah satu komponen penting dari hp yang menentukan daya dan masa aktif penggunaan. Penurunan fungsi baterai seiring dengan masa penggunaan hp sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun meski demikian, nyatanya tetap ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar baterai hp tidak cepat habis atau bahkan rusak.

Pada situasi tertentu kita juga harus menghemat baterai hp. Tapi, jangan khawatir sebab ternyata ada beberapa cara mudah untuk melakukannya. Penasaran kan, bagaimana caranya? Langsung saja, simak ulasan beberapa cara agar baterai hp tidak cepat habis berikut ini.

 

1. Aktifkan Dark Mode

Kebanyakan hp saat ini, telah di dibekali dengan fitur atau mode gelap (dark mode). Terlebih, ponsel Androidmu memiliki layar jenis AMOLED. Biasanya, mode gelap bisa diaplikasikan ke berbagai tampilan seperti dalam browser dan berbagai tampilan.

Siapa sangka, ternyata penggunaan fitur dark mode juga bisa menjadi satu cara agar baterai hp tidak cepat habis. Namun untuk memaksimalkan penghematan daya, sebaiknya aktifkan dark mode pada media sosial seperti twitter, instagram, whatsapp, dan sebagainya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Redupkan Layar

Meski terdengar sepele, ternyata meredupkan tampilan layar hp juga bisa jadi alternatif cara agar baterai hp tidak cepat habis. Penggunaan tampilan layar dengan resolusi yang tajam dan piksel yang melimpah adalah pemakan baterai yang boros. Karenanya, mengatur kecerahan layar bisa membantu menghemat daya.

Untuk melakukannya, kalian bisa menonaktifkan kecerahan otomatis. Setelah itu, kalian bisa menyesuaikan kecerahan berdasarkan kebutuhan. Selain untuk menghemat daya, meredupkan layar juga baik untuk menjaga kesehatan mata.

 

3. Hindari Widgets dan Wallpaper Bergerak

Cara agar baterai hp tidak cepat habis berikutnya bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan animasi atau live wallpaper dan widgets di hp. Tanpa kita sadari, penggunaan fitur ini bisa turut menyedot daya baterai yang cukup besar. Sehingga, dengan mematikan fitur-fitur animasi atau live wallpaper dan widgets bisa membantu menghemat daya baterai.

Jadi, periksa tampilan layar kalian. Kemudian, nonaktifkan berbagai widget dan live wallpaper yang tidak berguna dan justru bisa berpotensi menyedot daya baterai.

 

4. Nonaktifkan GPS

Untuk bisa menghemat baterai hp, ada baiknya kalian juga mematikan GPS atau Global Positioning System. Ya, pasalnya GPS menjadi salah satu aplikasi yang mempengaruhi daya tahan baterai perangkat Android cepat habis. Namun untuk menyiasatinya, kalian bisa mengaktifkan mode lokasi Device Only.

Khusus pengguna android, kalian bisa menonaktifkan fitur lokasi dari menu notifikasi yang biasanya digulirkan ke bawah. Caranya cukup mudah, kalian bisa langsung masuk ke menu pengaturan, lalu pilih opsi "keamanan dan lokasi", kemudian "nonaktifkan".

Selain itu, kalian juga bisa mencabut izin lokasi untuk aplikasi yang tidak memerlukannya sepanjang waktu. Caranya, masuk ke menu pengaturan, lalu pilih "Aplikasi dan Pemberitahuan", kemudian pilih "Tingkat Lanjut", kemudian, pilih "Izinkan".

 

5. Nonaktifkan Google Assistant

Google Assistant merupakan alat praktis untuk memudahkan pekerjaan. Selain GPS, Google Assistant juga jadi aplikasi yang perlu dimatikan agar bisa membuat baterai hp lebih hemat. Pasalnya, Google Assistant mendengarkan perintah secara otomatis, dan terhubung ke lokasi untuk langsung mengambil hasil kontekstual, dan banyak lagi. Sehingga, tak heran memakan banyak daya.

 

6. Batasi Penggunaan Aplikasi

Cara agar baterai hp tidak cepat habis yang keenam adalah batasi penggunaan aplikasi, khususnya aplikasi yang tidak terpakai. Tanpa kita sadari, sebagian besar aplikasi yang sudah tidak digunakan akan tetap aktif meski kita telah keluar dari aplikasi tersebut. Hal inilah yang sering kali membuat baterai hp cepat terkuras. Maka dari itu, sesekali perhatikan aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Matikan aplikasi yang tidak diperlukan agar baterai lebih awet dan tahan lama.

 

7. Perhatikan Pengaturan Wi-Fi, Bluetooth, dan Data

Ketujuh, untuk cara agar baterai hp tidak cepat habis kalian juga perlu memperhatikan menu pengaturan, khususnya bagian wifi, bluetooth, dan data. Biasanya kita sering kali mengatur ketiganya secara otomatis. Padahal, pengaturan secara otomatis juga bisa menyebabkan baterai cepat habis. Oleh karena itu, ubah pengaturan otomatis ke manual agar hp kalian bisa jadi lebih hemat.

Itulah di antaranya beberapa cara agar baterai hp tidak cepat habis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending