11 Cara Mengatasi HP Lemot dengan Praktis, Langsung Lancar Lagi!

Rabu, 10 November 2021 14:55
11 Cara Mengatasi HP Lemot dengan Praktis, Langsung Lancar Lagi!
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - HP yang lemot bisa menjadi sumber emosi para penggunanya. Apalagi, kalian memakai smartphone untuk mendapat pelayanan akses cepat, bukan untuk bersabar menghadapi kelambanan. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui cara mengatasi HP lemot.

Meski kalian yakin dengan kualitas HP, percuma jika tidak dibarengi kebijaksanaan dalam pemakaian. Sebelum bertanya mengenai tata cara mengatasi HP lemot, tak ada salahnya bagi kalian untuk melakukan introspeksi terlebih dahulu.

Ada beragam penyebab HP lemot, salah satunya karena kelalaian pengguna. Misalnya, membiarkan memori penuh, tak melakukan update software, dan lain sebagainya. Nah, agar kalian mendapat pemahaman yang lebih, silakan simak informasi tentang penyebab dan cara mengatasi HP lemot berikut ini.

1. Penyebab HP Lemot

1. Memori Internal Penuh

Jika data yang kalian gunakan terlalu besar, memori internal akan terlalu penuh. Hal tersebut membuat performa HP menurun dan membuatnya lebih lemot. Salah satu solusi yang bisa kalian coba adalah dengan memakai memori eksternal.

Dengan begitu, kalian bisa memindahkan foto, video, atau file lain dan membuat memori internal lebih longgar. Memindahkannya ke laptop atau media lain juga bisa jadi alternatif agar kinerja HP kembali lancar seperti sebelumnya.

2. Aplikasi yang Terpasang Melebihi Kapasitas Penyimpanan

Kesesuaian aplikasi dengan kapasitas penyimpanan HP merupakan hal penting untuk diperhatikan. Pasalnya, aplikasi yang terlalu besar bisa mengurangi performa HP kalian dan menjadikannya lemot. Sebagai cara mengatasi HP lemot, kalian bisa non-aktifkan aplikasi-aplikasi bawaan yang mungkin tak diperlukan.

Dengan begitu, kinerja HP kalian akan lebih ringan. Oleh karena itu, diperlukan kebijaksanaan dalam menyesuaikan penggunaan aplikasi dan kapasitas memori.

3. Performa Baterai Menurun

Kondisi baterai bisa mempengaruhi kinerja HP kalian. Biasanya, HP yang suda digunakan selama 2-3 tahun akan mencapai titik maksimalnya dan membuat baterai jadi cepat panas. Apalagi jika cara pemakaian juga tidak baik, seperti proses charge terlalu lama atau baru mengisi daya saat baterai mati total.

Cara mengatasi HP lemot dengan kasus seperti ini, yaitu memberi istirahat yang cukup pada perangkat tersebut. Segera isi ulang HP kalian jika daya baterai sudah menunjukkan 25 persen.

4. RAM dan Memori Flash Storage Menurun

Tak hanya baterai, RAM dan Memori Flash Storage pun akan mengalami penurunan seiring pemakaian. Lebih baik, jangan gunakan aplikasi yang berat jika RAM di HP kalian kecil. Penurunan ini akan sangat berpengaruh pada kecepatan kinerja HP.

2. Cara Mengatasi HP Lemot dengan Aplikasi

5. Gunakan Satu Aplikasi Antivirus

Terkadang, pengguna HP memasang berbagai aplikasi untuk keamanan perangkat. Untuk menghindari aplikasi bawaan, misalnya, orang bisa memasang beberapa aplikasi antivirus. Padahal, hal tersebut bukan langkah yang tepat untuk diambil.

Cara mengatasi HP lemot dengan antivirus sebenarnya cukup pasang satu aplikasi saja. Satu aplikasi sudah cukup untuk mencegah malware. Justru memasang beberapa antivirus hanya akan menambah beban akses pada HP kalian dan membuatnya makin lemot.

6. Clean Master

Clean Master merupakan salah satu aplikasi serba guna yang bisa kalian pasang di HP. Aplikasi ini akan membantu membersihkan sampah di HP dengan lebih baik. Cara mengoperasikannya pun mudah, kalian hanya perlu klik Clean Master untuk melakukan pembersihan secara berkala.

3. Cara Mengatasi HP Lemot dengan Pembersihan Berkala

7. Perhatikan Kapasitas Memori

Memperhatikan kapasitas memori bisa menjadi solusi. Cara mengatasi HP lemot pun sudah disinggung di atas, yaitu, jangan memakai aplikasi melebihi kapasitas yang ada.

8. Update Software

Software dalam aplikasi akan terus mengalami pembaharuan. Hal tersebut bertujuan agar kalian lebih mudah mendapatkan informasi terkini mengenai aplikasi yang sudah terunduh. Update atau pembaruan ini akan membuat HP kalian lebih ringan karena sistem di-reset ke versi yang paling baru.

9. Clear Cache Secara Berkala

Menghapus cache secara berkala menjadi cara mengatasi HP lemot yang harus kalian lakukan. Pasalnya, cache akan membuat penyimpanan penuh. Untuk melakukannya, kalian hanya perlu masuk ke Setting - Apps - All, kemudian carilah aplikasi yang akan dibersihkan, klik Clear Cache.

4. Cara Mengatasi HP Lemot dengan Factory Reset

Factory Reset merupakan cara mengatasi HP lemot terakhir apabila cara sebelumnya tak berhasil. Namun sebelumnya, kalian perlu memindahkan data-data penting. Pasalnya, mengembalikan HP ke Setelah Pabrik akan menghapus seluruh data di dalamnya.

10. Cara Reset HP Melalui Settings

- Pertama masuk menu settings ponsel.

- Lalu pilih Manajemen Umum atau General Management.

- Selanjutnya klik Atur Ulang atau Reset.

- Klik Reset Data Pabrik atau Factory Data Reset.

- Klik Atur Ulang atau Atur Ulang Perangkat yakni Reset Device.

- Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga muncul Android Recovery.

- Lalu, masuk menu tersebut tekan tombol Volume Turun sampai muncul Wipe Data/Factory Reset.

- Tekan Tombol Power.

- Selanjutnya Tekan Tombol Volume Turun pilih opsi Ya Disorot.

- Lalu Tekan Tombol Power lagi.

- Selanjutnya tunggu beberapa saat hingga muncul Reboot System Now.

- Lalu tekan Tombol Daya untuk Reboot System.

11. Cara Reset HP Melalui Tombol

- Pastikan daya ponsel minimal 75 persen.

- Setelah tombol power ponsel sudah mati, tekan dan tahan bersamaan tombol Volume Up, Home, dan Power.

- Selanjutnya kalian akan masuk menu Android System Recovery Samsung.

- Gunakan tombol Volume Up and Down untuk menjalankan proses reset HP.

- Lalu masuk menu Wipe Data/Factory Reset.

- Tekan tombol Home untuk reset HP.

- Nantinya akan masuk menu Reboot System Now.

- Maka proses reset HP akan dijalankan.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara mengatasi HP lemot, mulai dari memperhatikan kapasitas penyimpanan, memanfaatkan aplikasi, hingga melakukan Factory Reset.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI