Cara Kerja Internet Beserta Pengertian Internet Secara Umum hingga Menurut Para Ahli

Rabu, 25 Mei 2022 18:55 Penulis: Dhia Amira
Cara Kerja Internet Beserta Pengertian Internet Secara Umum hingga Menurut Para Ahli
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Internet merupakan salah satu jaringan komunikasi yang tidak bisa dilepaskan oleh masyarakat. Ya, internet bisa membantu hubungan komunikasi serta pekerjaan manusia dengan mudah. Kita tentu pengguna internet, namun kalian tahu nggak bagaimana cara kerja internet?

Ya, mungkin tidak semua tahu bagaimana cara kerja internet. Bagi KLovers yang ingin mengetahui bagaimana cara kerja internet, maka artikel ini akan menjelaskannya secara umum. Selain itu, kalian juga bisa mengetahui apa pengertian internet secara umum ataupun menurut para ahli.

Nah, untuk KLovers yang ingin mengetahui bagaimana cara kerja internet, maka berikut ini penjelasan tentang bagaimana cara kerja internet beserta dengan pengertian secara umum dan menurut para ahli.

 

1. Arti Internet Secara Umum

Sebelum KLovers mengetahui bagaimana cara kerja internet, KLovers perlu tahu dulu nih arti internet. Ya, arti internet secara umum adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Internet berasal dari bahasa latin yakni "inter" yang berarti "antara".

Jadi dapat disimpulkan bahwa internet adalah jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Internet juga dapat di artikan sebagai jaringan komunikasi global di mana jaringan ini menghubungkan miliaran jaringan dengan komputer di mana ia menggunakan sistem standar global trasnmision control protocol/internet suit (TCP/IP).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Pada awalnya internet diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tepatnya pada tahun 1969. Internet dikerjakan pada proyek ARPA. Kemudian, dengan adanya proyek tersebut ARPA sering disebut ARPANET. ARPANET sendiri awalnya digunakan dengan tujuan kepentingan militer. Tujuannya adalah untuk upaya komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga.

Kemudian, pada akhirnya internet dikembangkan secara meluas hingga seperti saat ini. Bahkan, dengan internet sudah dapat menghubungkan dunia secara global. Dan bisa menjadi sebuah penghubung komunikasi hingga hal-hal lainnya yang penting. Sehingga, kehidupan saat ini membutuhkan sangat membutuhkan internet.

 

2. Arti Internet Menurut Ahli

Nah, bagaimana dengan arti internet menurut para ahli? Ya, ada beberapa pendapat menurut para ahli tentang internet. Walaupun memiliki pengertian yang berbeda, namun inti dari arti tersebut sama. Dan berikut ini beberapa pengertian tentang internet menurut para ahli tersebut.

1. Ned Snell

Menurut Ned Snell, pengertian internet adalah suatu koridor bagi berbagai jenis sumber daya yang ada padanya, dan setiap sumber daya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda.

2. Sarwono

Pengertian internet adalah kumpulan jaringan dengan skala global, di mana tidak seorang pun mampu bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri

3. O'Brien

Menurut O'Brien, pengertian internet adalah suatu jaringan komputer yang berkembang sangat pesat serta memberikan manfaat untuk berbagai macam kepentingan, mulai dari pendidikan, bisnis, hingga jaringan pemerintah yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya.

4. Lani Sidharta

Pengertian internet adalah suatu bentuk interkoneksi antara jaringan komputer yang kemudian dapat memberikan pelayanan dalam bentuk informasi yang disajikan secara lengkap. Lebih lanjut Lani mengatakan bahwa internet juga merupakan rekan maya atau virtual yang ampuh, yang memberikan berbagai manfaat dalam di bidang bisnis, politik, bahkan hingga untuk hiburan semata.

5. Berners Lee

Kemudian, menurut Berners Lee internet adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Pengertian ini memiliki konsep di mana suatu jaringan komputer tertentu, atau jaringan lokal juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lain.

6. Sibero

Sibero menyatakan jika pengertian internet adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

7. Onno W. Purbo (Prihatna, 2005)

Pengertian internet menurut ahli Onno W. Purbo, internet adalah media yang memungkinkan sebuah proses komunikasi berlangsung efisien dengan menyambungkan-nya dengan beragam aplikasi.

8. Allan

Menurut Allan, arti internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung dan memiliki kemampuan membaca dan menguraikan Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Pengertian tentang IP sendiri akan dijelaskan terpisah pada istilah-istilah dalam internet.

9. Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003) menyimpulkan pengertian internet adalah sekumpulan komputer yang terhubung dengan jaringan. Jaringan komputer tersebut bisa diakses dan digunakan oleh siapa pun yang mendapatkan izin akses.

10. Oxford Dictionary

Pengertian internet adalah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasi standar.

 

3. Cara Kerja Internet

Nah, setelah KLovers mengetahui pengertian dari internet, maka berikut ini bagaimana cara kerja internet. Ya, bagi kita yang setiap saat menggunakan internet, pasti ingin mengetahui bagaimana cara kerja internet. Perlu dipahami bahwa internet diberikan oleh Internet Service Protocol atau ISP.

ISP sendiri merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan yang tugasnya menyediakan jasa koneksi internet dan juga jasa lain yang masih ada keterkaitannya. Mereka bertugas menyediakan layanan, mulai dari pendaftaran domain, hosting, hubungan internet, dan lain sebagainya.

Internet Service Protocol akan memberikan alamat ke komputer atau laptop. Kemudian ISP akan melakukan konfigurasi alamat agar supaya alamat tersebut bisa tersambung ke server ISP. Cara kerja internet ini biasanya akan dilakukan di router yang mana dari router inilah pengguna bisa melakukan berbagai macam konfigurasi lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa konfigurasi yang bisa dilakukan adalah pembatasan sinyal, pembatasan kecepatan, daftar blokir, dan lain-lain. Dan semakin berkembangnya teknologi saat ini, internet tidak hanya bisa terkoneksi melalui kabel namun juga bisa melalui gelombang radio atau dikenal dengan istilah WiFi.

Itulah bagaimana cara kerja internet yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya mengetahui bagaimana cara kerja internet saja, KLovers juga bisa mengetahui pengertian dari internet baik secara umum ataupun menurut ahli.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI