Arti Fleksibel dalam Pekerjaan, Ketahui Pula Tips dan Manfaat Saat Menerapkannya

Kamis, 12 Mei 2022 12:44
Arti Fleksibel dalam Pekerjaan, Ketahui Pula Tips dan Manfaat Saat Menerapkannya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Sekarang ini, model kerja di berbagai profesi telah mengalami perkembangan. Sering kali pekerja pun dituntut untuk memiliki fleksibilitas atau punya kelenturan dalam menyelesaikan tugas. Oleh karena itu, bagi kalian para pekerja, penting untuk mengetahui apa arti fleksibel itu sendiri.

Dengan memahami arti fleksibel, pola pikir kalian pun akan cenderung lebih mudah memahami sistem yang berlaku. Otomatis, peluang bagi kalian untuk lebih disenangi perusahaan pun makin besar.

Bagi kalian yang mungkin baru memasuki dunia kerja, tak ada salahnya untuk menyimak informasi mengenai arti fleksibel, tips, dan manfaatnya berikut ini. Pengetahuan yang ada di dalamnya sedikit banyak akan membantu kalian dalam menjalankan pekerjaan.

 

1. Arti Fleksibel

Dalam dunia kerja, mungkin kalian sudah sering mendengar saran untuk jadi pribadi yang fleksibel. Bagi yang belum mengerti artinya, hal itu mungkin terdengar abstrak dan sulit diterapkan. Namun, kini tak perlu khawatir karena ada penjelasan mengenai hal tersebut yang bisa kalian simak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti fleksibel adalah luwes atau mudah dan cepat menyesuaikan diri. Sebenarnya tak hanya para pekerja, fleksibilitas pun penting untuk dimiliki setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, banyak sekali lingkungan baru yang harus dikenali sejak masa kanak-kanak hingga seseorang tumbuh dewasa.

Tanpa fleksibilitas, seseorang akan sulit menyesuaikan diri. Perasaan asing pun akan lebih lama meliputi dirinya. Ujung-ujungnya, perasaan itu akan berlarut-larut dan memicu stres. Hal tersebut jelas akan berdampak pada kewajiban yang seharusnya dijalankan.

Selain itu, arti fleksibel dalam dunia pekerjaan juga dapat dipahami sebagai kemauan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Meski berada di tempat yang sama, ada beberapa profesi yang cukup dinamis dan menuntut pekerjanya untuk selalu siap beradaptasi. Artinya, akan semakin banyak tantangan dari perusahaan yang harus ditaklukkan.

Arti fleksibel selanjutnya juga bisa dipahami sebagai strategi untuk menanggapi keadaan dan harapan yang berubah. Secara umum, pekerja yang punya pikiran fleksibel bisa mudah berkembang atas kemauan dan kemampuannya menghadapi berbagai situasi.

 

2. Tips Menerapkan Cara Kerja yang Fleksibel

Bagi beberapa orang, memahami arti fleksibel saja tak cukup untuk bisa menerapkannya. Oleh karena itu, informasi ini menyertakan tips yang akan mempermudah upaya kalian.

1. Tanamkan dalam Pikiran Bahwa Perubahan Tidak Dapat Dihindari

Menerima dan menanamkan pikiran bahwa perubahan itu selalu terjadi. Mulailah berpikir bahwa perubahan dapat memberikan pengalaman baru yang menarik dan bisa meningkatkan kondisi kerja kalian.

2. Percaya Diri

Rasa percaya diri dibutuhkan untuk membuat kalian berpikir tentang gambaran masa depan dan solusi untuk menghadapi masalah yang muncul. Hal ini akan mendorong kalian jadi lebih mudah beradaptasi untuk menghadapi situasi tak terduga di masa yang akan datang.

3. Atasi Keterbatasan

Berusaha untuk selalu mengatasi keterbatasan juga bisa menjadi salah satu cara latihan agar lebih fleksibel. Jika kalian merasa tak bisa, segera cari solusi untuk belajar atau mengikuti berbagai pelatihan yang kalian perlukan. Dengan begitu, keterbatasan kalian justru akan berkembang menjadi sebuah keterampilan.

4. Bangun Hubungan yang Baik

Relasi atau hubungan yang baik dalam dunia kerja akan membuat kalian lebih mudah menghadapi situasi tak terduga. Ya, fleksibilitas ternyata tak hanya dipengaruhi oleh dalam diri seseorang. Dengan begitu, tak hanya kalian saja yang berjuang, tapi juga ada orang di sekitar yang bisa diandalkan.

 

3. Manfaat Bekerja dengan Fleksibel

Setelah memahami arti fleksibel dan tips penerapannya dalam dunia kerja, kalian juga perlu memahami manfaatnya berikut ini. Dengan begitu, kalian akan semakin yakin dalam melakukan pembiasaan terkait fleksibilitas ini.

1. Meningkatkan Loyalitas

Fleksibilitas kerja dapat meningkatkan loyalitas pekerja. Perusahaan yang memberikan fleksibilitas jam dan ruang kerja untuk mengerjakan tanggung jawab juga bisa membuat para pekerja merasa betah. Hal ini jelas langsung berdampak pada retensi. Tugas tak dianggap sebagai beban karena bisa dikerjakan dengan nyaman.

2. Meningkatkan Produktivitas

Kemapanan teknologi di hari ini telah membuat banyak profesi mengalami kemudahan. Produktivitas pun jadi meningkat karena etos tinggi tanpa harus diliputi sistem kerja yang kaku.

3. Penghematan Biaya Overhead

Sejak adanya kebijakan untuk Work From Home (WFH) sebagai solusi pandemi Covid19, banyak perusahaan yang jadi bisa melakukan penghematan biaya overhead. Biaya overhead adalah biaya yang tidak memiliki hubungan langsung dengan proses produksi seperti sewa kantor, listrik, internet, alat tulis, dan lain sebagainya. Hal ini juga menguntungkan pekerja yang tak perlu datang ke kantor sehingga terjebak macet dan memicu stres.

4. Memudahkan Adaptasi

Menjadi pribadi yang fleksibel dalam pekerjaan memungkinkan kalian untuk mampu menyesuaikan diri dengan perubahan. Misalnya, kalian tak akan kaget jika mendapat tugas yang berbeda dari biasanya. Kalian pun akan mampu berpikir saat tiba-tiba harus pindah jalur karier.

5. Meningkatkan Kepuasan Kerja

Stres menjadi masalah yang penting untuk diperhatikan dalam dunia kerja. Nah, fleksibilitas dalam pekerjaan dapat mengurangi tingkat stres kerja kalian. Justru, dengan menjadi pribadi yang fleksibel kalian akan lebih mungkin mendapatkan pengalaman-pengalaman baru saat bekerja.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti fleksibel, tips, dan manfaat saat menerapkannya.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI