Cara Log Out Akun Google di Laptop dengan Mudah, Ketahui Juga Langkah untuk Log In Kembali

Rabu, 10 November 2021 14:22 Penulis: Puput Saputro
Cara Log Out Akun Google di Laptop dengan Mudah, Ketahui Juga Langkah untuk Log In Kembali
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Di era internet seperti saat ini, mempunyai akun Google seolah sudah jadi satu keharusan. Pasalnya, akun Google dibutuhkan untuk berbagai keperluan, khususnya yang berhubungan dengan akses internet. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara mengelola akun Google. Kita juga perlu tahu bagaimana langkah-langkah untuk log in dan cara log out akun Google di laptop.

Yang sering kali terjadi, seseorang menggunakan lebih dari satu akun Google dalam satu laptop. Biasanya, orang-orang menggunakan akun Google yang berbeda untuk berbagai alasan keperluan. Namun tak jarang, mengelola banyak akun Google sekaligus justru bisa bikin bingung dan pusing. Jika sudah begitu, melakukan log out akun Google di laptop bisa menjadi satu solusi.

Selain itu, cara log out akun Google di laptop terkadang memang perlu dilakukan. Terlebih, apabila kalian menggunakan laptop atau komputer yang bersifat umum dan dipakai bersama-sama. Dalam hal ini, log out akun Google diperlukan untuk menjaga keamanan data dan informasi pribadi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang cara log out akun Google di laptop yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

1. Cara Log Out Akun Google di Laptop

Akun Google sebenarnya sama dengan akun Gmail. Sehingga langkah-langkah untuk melakukan log out, sama persis seperti cara log out akun Gmail yang bisa dilakukan dengan mudah. Untuk melakukannya kalian bisa mengaksesnya melalui browser seperti Google Chrome ataupun Mozilla Firefox. Berikut adalah langkah-langkah untuk log out akun Google di laptop.

1) Klik atau tekan bagian profil (nama akun gmail).

2) Kemudian, kalian bisa pilih "keluar" atau "sign out".

3) Kalian juga bisa keluar dari semua akun secara sekaligus, dengan memilih "keluar dari semua akun" atau "sign out of all accounts".

4) Selesai, secara otomatis kalian akan keluar atau log out dari akun gmail dan google yang telah terdaftar sebelumnya.

2. Cara Login Akun Google di Laptop

Setelah melakukan cara log out akun Google di laptop, kalian tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu perlu mengakses akun tersebut lagi. Sebab, kalian tetap bisa mengakses akun Google yang telah di-log out. Caranya sangatlah mudah, kalian hanya perlu melakukan login kembali. Berikut langkah-langkah untuk log in kembali ke akun Gmail yang telah di-log out di laptop.

1) Buka browser di laptop kalian, lalu akses gmail.com

2) Setelah itu, masukkan alamat email, kemudian klik "next" atau "berikutnya".

3) Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memasukkan kata sandi. Jika sudah, tinggal klik "next" atau berikutnya. Setelah itu, secara otomatis kalian akan langsung masuk ke email Gmail.

3. Cara Menghapus Akun Google di Laptop

Apabila kalian ingin menghilangkan jejak digital, maka melakukan cara log out akun Google di laptop tak akan cukup dilakukan. Lebih dari sekadar log out, kalian perlu menghapus akun Google tersebut. Sebab hanya dengan dihapus, suatu akun Google tidak akan bisa diakses kembali. Berikut cara menghapus akun Google di laptop.

1) Pertama, masuk ke akun Google kalian.

2) Klik pilihan "Data dan privasi" di sebelah kiri.

3) Cari "Data dari aplikasi dan layanan yang Anda gunakan".

4) Setelah itu, pilih "Download atau hapus data Anda", kemudian klik Hapus layanan Google.

5) Ada kemungkinan kalian perlu log in terlebih dahulu.

6) Klik hapus akun di samping "Gmail".

7) Masukkan alamat email aktif yang ingin kalian gunakan, lalu klik Kirim email verifikasi. Email ini tak boleh berupa alamat Gmail.

8) Untuk memverifikasi alamat email aktif kalian, cari email verifikasi yang Google kirimkan.

9) Alamat Gmail Kalian tidak akan dihapus sampai kalian memverifikasi alamat baru.

4. Cara Log Out Akun Google di HP

Selain di laptop, akun Google juga biasa terpasang di smartphone atau HP. Tak jauh beda dengan di laptop, terkadang seseorang memasang lebih dari satu akun Google di HP-nya. Sehingga selain cara log out akun google di laptop, penting juga untuk tahu cara me-log out akun tersebut di HP. Namun perlu diketahui cara log out akun Google di HP berbeda-beda, tergantung pada jenisnya.

1) Cara Log Out Akun Google di HP Android:

- Aktifkan hp kalian, lalu masuk ke aplikasi gmail di hp kalian.

- Selanjutnya, tekan bagian foto profil di pojok kanan atas.

- Setelah itu, akan muncul daftar akun gmail yang terdaftar di hp kalian.

- Pilih "kelola akun di perangkat ini" ada di bagian paling bawah.

- Setelah ditekan muncul daftar akun google kalian. Pilih salah satu yang akan kalian log out dari perangkat hp kalian. Lalu, klik.

- Berikutnya akan muncul data yang terdapat dalam akun tersebut dan pilihan "hapus akun" di bagian bawah. Klik, hapus akun untuk melakukan log out.

- Selesai, secara otomatis kalian telah melakukan logout akun gmail tersebut.

2) Cara Log Out Gmail di HP dengan Sistem iOS:

- Pertama, buka aplikasi Gmail.

- Kemudian klik opsi menu di kiri atas.

- Setelah itu klik bagian profil.

- Klik "Kelola Akun" atau "Manage Account".

- Setelah itu, kalian bisa klik "Edit", kemudian "Hapus".

Itulah di antaranya ulasan tentang cara log out akun Google di laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI