Cara Memasukkan Kartu ATM yang Benar, Ketahui Pula Jika Rusak Ini Ciri dan Cara Memperbaikinya

Kamis, 30 Desember 2021 11:22 Penulis: Dhia Amira
Cara Memasukkan Kartu ATM yang Benar, Ketahui Pula Jika Rusak Ini Ciri dan Cara Memperbaikinya
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Kartu ATM menjadi salah satu yang penting untuk kita bawa. Bukan hanya bisa digunakan dalam penarikan uang tunai saja, namun kartu ATM juga bisa digunakan dalam berbagai transaksi lain seperti melakukan perbelanjaan. Namun, terkadang ada kesalahan dalam memasukkan kartu ATM. Sehingga penting untuk KLovers tahu cara memasukkan kartu ATM.

Bila salah, maka hal ini membuat kartu ATM tidak mau masuk ke dalam mesin. Selain itu kartu ATM kalian juga mungkin bisa rusak bila dipaksakan dalam keadaan yang salah. Untuk KLovers yang ingin mengetahui cara memasukkan kartu ATM dengan mudah, maka ada lho cara memasukkan kartu ATM dengan mudah agar tidak selalu salah.

Nah, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara memasukkan kartu ATM yang benar dan tepat. Beserta dengan ciri kartu ATM rusak dan cara memperbaikinya. Yuk langsung dicek KLovers.

1. Cara Memasukkan Kartu ATM

Bagi KLovers yang suka salah dalam menggunakan ATM, atau merupakan pengguna baru kartu ATM, maka penting untuk kalian tahu cara memasukkan kartu ATM yang benar dan tepat. Berikut ini beberapa cara memasukkan kartu ATM yang benar dan tepat tersebut:

1. Cara pertama yaitu, pastikan posisi kartu ATM saat dimasukkan benar, yaitu posisi garis hitam ada di bawah dan berada di samping kanan.

2. Lihat bagian atas, logo Bank harus berada di posisi depan.

3. Jika posisi salah, mesin tidak akan menarik kartu pada posisi mesin ATM yang normal.

4. Masukkan kartu setelah poin 2 selesai, namun jika ternyata kalian terbalik memasukkan kartu dan kartu akhirnya tertelan mesin, kemungkinan besar mesin ATM error atau mesin tidak dilengkapi dengan sensor pengenal kartu.

2. Ciri Kartu ATM yang Rusak

Bukan hanya tahu cara memasukkan kartu ATM saja loh, kalian juga perlu tahu nih ciri-ciri kartu ATM yang rusak. Bila ATM kalian rusak, maka itu bisa membuat kartu kalian tidak bisa masuk ke dalam mesin. Dan berikut ini ciri kartu ATM yang rusak sebelum kalian melakukan cara memasukkan kartu ATM dengan benar:

1. Rusak secara fisik

Ciri kartu ATM rusak yang pertama yaitu, kartu rusak secara fisik. Kartu ATM yang terkelupas, tergores, basah, masuk kategori rusak. Beberapa kartu yang mengalami kerusakan jenis ini umumnya masih bisa digunakan. Namun, ada juga yang tak bisa berfungsi kembali.

2. Rusak non-fisik

Kemudian ciri kartu ATM rusak yang selanjutnya yaitu, kerusakan yang terjadi karena non-fisik. Bila kerusakan non-fisik memiliki ciri seperti terblokir, menampilkan pesan error saat bertransaksi, atau dikeluarkan kembali oleh mesin ATM saat hendak bertransaksi.

3. Kadaluwarsa

Dan ciri kartu ATM rusak yang terakhir yaitu, terjadi kadaluwarsa kartu ATM. Ya, ciri dari kartu ATM rusak yaitu melewati masa tenggang. Biasanya, di setiap kartu ATM tertera keterangan valid thru diikuti bulan dan tahun kedaluwarsa.

3. Cara Memperbaikinya

ATM rusak juga memiliki penyebabnya loh KLovers. Ya, ada beberapa penyebab yang bisa membuat ATM kalian rusak. Sehingga kalian juga perlu tahu bagaimana cara memperbaiki kartu ATM yang rusak. Dan cara tersebut yaitu, kalian harus datang ke bank untuk memperbaiki kartu tersebut.

Ya, kartu yang rusak secara fisik ataupun non-fisik, bila tidak bisa digunakan tentu harus tetap ke bank. Hal ini karena, kalian harus mengganti kartu baru ataupun melakukan pengaktifan kembali bila kartu dalam keadaan terblokir. Dan cara memperbaiki kartu ATM ke bank tidak sulit kok KLovers.

Ya, kalian hanya perlu membawa beberapa berkas saat akan ke bank tujuan kalian. Berkas tersebut, seperti buku rekening, KTP, serta kartu ATM yang rusak sebagai bukti kerusakan (bila ada). Dan datang pada waktu jam operasional bank ya KLovers. Kalian bisa langsung datang ke customer service untuk menyampaikan keluhan kalian. Selesai.

4. Tips Agar Kartu ATM Tidak Rusak

Dan yang terakhir yaitu ada tips agar kartu ATM kalian tidak rusak. Ya, ini menjadi salah satu cara agar, ATM kalian mudah untuk dimasukkan ke dalam mesin. Dan ini menjadi salah satu cara memasukkan kartu ATM yang tepat. Berikut beberapa tips yang bisa kalian gunakan agar kartu ATM tidak mudah rusak:

1. Tips pertama agar kartu ATM kalian tidak rusak yaitu, kalian tidak perlu selalu membawa kartu ATM ke mana pun jika tidak dibutuhkan.

2. Tips yang selanjutnya yaitu, simpan di tempat kering, tidak lembap, dan terhindar dari besi.

3. Lalu simpan dengan baik di dompet.

4. Jangan menyimpan kartu ATM di saku celana belakang karena berpotensi patah.

5. Dan tips terakhir yaitu, gunakan kartu ATM pada mesin yang normal dan tidak rusak.

Itulah beberapa cara memasukkan kartu ATM yang bisa kalian lakukan dengan baik dan tepat. Selain ada cara memasukkan kartu ATM, ada pula ciri kartu ATM rusak dan cara memperbaikinya. Selamat mencoba KLovers.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI