Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Bawang, Pedesnya Bikin Nagih

Senin, 01 Juli 2019 15:15 Penulis: Editor KapanLagi.com
Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Bawang, Pedesnya Bikin Nagih
Ilustrasi Ayam Geprek (cr:Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Sobat KLovers, siapa sih diantara kalian yang nggak tau ayam geprek? Makanan yang semakin populer dalam dua tahun terakhir memang sedang digandrungi masyarakat Indonesia. Penyukanya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Maka dari itu, kali ini, kita akan membahas si ayam yang populer ini. Tepatnya cara membuat ayam geprek sambal bawang. Tapi sebelum kita membahas tentang cara membuat ayam geprek sambal bawang, ada baiknya kita mengetahui sejarah, definisi, dan perbedaan ayam geprek dan ayam-ayam lainnya.

Bagaimanakah sejarah ayam geprek sebenarnya? Ayam geprek lahir pertama kali tahun 2003 di Yogyakarta. Rumah makan yang membuatnya pertama kali bernama Rumah Makan Ruminah, di Jl. Wulung Lor, Papringan, Yogyakarta. Pemilik warung makan di Jalan Wulung Lor, Papringan, yakni Ruminah yang pertama kali membuat ayam geprek. Awalnya, sang pemilik rumah makan ini hanya menjual lotek, soto, tahu gejrot, ayam crispy dan lain-lain. Tetapi pada suatu hari, salah satu pelanggannya meminta ayam crispy dihancurkan layaknya tahu gejrot dan diberikan sambal di atasnya. Karena pemilik rumah makan Ruminah menganggap ayam ini menarik, dibuatlah ayam yang dihancurkan ini menjadi sebuah menu bernama ayam gejrot yang kemudian berganti nama menjadi ayam geprek. Siapa sangka, banyak pelanggan yang menyukai olahan ayam ini.

Lantas, apa bedanya ayam geprek dan ayam gepuk? Olahannya sama sama dihancurkan toh?

Ada 2 aspek yang membedakan ayam crispy dan ayam gepuk. Pertama adalah asal usul. Ayam geprek datang dari Yogyakarta pada tahun 2003, sedangkan ayam gepuk datang dari Ibukota Jakarta dan keberadaanya telah dikenal sejak jaman kolonial. Kedua adalah proses pembuatannya. Perbedaan proses pembuatannya adalah ayam geprek tidak diungkep terlebih dahulu, melainkan dicampur dengan tepung crispy lalu digoreng sebelum akhirnya dihancurkan dan diberi sambal di atasnya. Sedangkan ayam gepuk, ayam gepuk diungkep terlebih dahulu dengan bumbu kuning. Setelah itu dipukul-pukul hingga pipih baru kemudian digoreng. Karena itu, ayam geprek terasa lebih renyah dibanding ayam gepuk. Selain itu, jenis sambal ayam gepuk hanya satu, sambal bawang. Sedangkan ayam geprek dihidangkan dengan berbagai macam pilihan sambal. Mulai dari sambal bawang, sambal hijau, sambal keju, mozzarella dan lain sebagainya. Salah satu cara yang akan kita bahas nanti adalah cara membuat ayam geprek sambal bawang.

Sebelum kita beranjak membahas cara membuat ayam geprek sambal bawang, sebagian dari kalian mungkin bertanya-tanya mengapa ayam geprek bisa sepopuler ini bahkan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, kamu dapat menemui rumah makan ayam geprek di hampir setiap jalan. Mengapa bisa seperti itu? Jadi pada tahun 2017, seorang aktor bernama Ruben Onsu memulai bisnisnya di bidang kuliner yaitu Geprek Onsu. Sajian yang diberikan oleh rumah makan geprek onsu ini adalah ayam geprek dengan berbagai varian sambal. Semenjak saat itu, ayam geprek menjadi semakin populer di masyarakat Indonesia.

Nah, jika kamu juga ingin mencoba membuat ayam geprek di rumah, yuk dicoba cara membuat ayam geprek sambal bawang di bawah ini. Dibaca dan dipahami baik baik ya!


Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Bawang


Bahan-bahan :

1. Bahan ayam goreng tepung :

1. 2 potong ayam yang telah dicuci bersih
2. 5 sendok makan tepung terigu
3. 2 sendok makan tepung bumbu sajiku (disarankan) atau jika tidak ada tepung sajiku, kamu dapat menggunakan tepung lain.
4. 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan
5. Secukupnya garam
6. Kaldu bubuk secukupnya
7. Telur
8. Minyak sayur untuk menggoreng ayam.

2. Bahan sambal bawang :

1. 8 cabe rawit merah yang telah direndam air panas selama satu menit
2. 1 siung bawang putih
3. 1 sendok teh minyak panas
4. Garam secukupnya
5. Kaldu bubuk secukupnya
6. Gula secukupnya

3. Bahan pelengkap :
1. terong goreng tepung
2. Irisan mentimun
3. Irisan tomat

Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Bawang

1. Campur ayam yang telah dicuci bersih dengan bawang putih yang telah dihaluskan, garam/kaldu bubuk, dan lada.
2. Ratakan bumbu tersebut pada ayam.
3. Masukkan kulkas. Diamkan beberapa saat. Akan lebih baik jika didiamkan semalam karena bumbunya akan teresap dengan baik.
4. Setelah proses nomor 3 selesai, tuang telur di atas ayam.
5. Taruh ayam ke adonan terigu (terigu, tepung sajiku, garam/kaldu bubuk, dan lada).
6. Selimuti adonan terigu tersebut ke badan ayam hingga merata.
7. Siapkan wajan lalu anaskan minyak.
8. Goreng ayamnya dengan api kecil hingga dirasa cukup dan berubah warna menjadi kekuningan.
Untuk membuat sambal Sambal :
9. Cuci bersih cabe rawit lalu kemudian direndam dalam air panas selama 1-2 menit
10. Setelah itu, buang airnya.
11. Siapkan cobek atau ulekan.
12. Ulek cabe rawit dan bawang putih. Perlu diketahui bahwa mengulek cabe tidak perlu sampai halus ya sobat KLovers.
13. Tambahkan minyak panas, garam/kaldu bubuk dan gula.
14. Aduk rata lalu sisihkan.
Untuk penyajian :
15. Ambil sepotong ayam, taruh di atas cobek atau ulekan. Hancurkan atau geprek beberapa kali.
16. Setelah itu, olesi ayam yang telah digeprek tersebut dengan sambal bawang.
17. Nikmati dengan sajian pelengkap, terong goreng tepung, irisan mentimun dan tomat.
18. Silahkan disantap!

Itulah tadi, cara membuat ayam geprek sambal bawang. Jika kamu tidak terlalu suka pedas, kamu bisa mengurangi cabai sesuai tingkat kepedasanmu. Kamu bisa melakukan cara- cara membuat ayam geprek sambal bawang ini bersama ibumu dirumah, atau temanmu di kost. Selamat mencoba! Dijamin deh bakal ketagihan.

Penulis : Jihan Fadhilah

 

 

(kpl/mag/jjj)



MORE STORIES




REKOMENDASI