Cara Membuat Blog di HP yang Gratis dan Bisa Menghasilkan Uang

Rabu, 03 November 2021 15:44 Penulis: Dhia Amira
Cara Membuat Blog di HP yang Gratis dan Bisa Menghasilkan Uang
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Bagi kalian yang suka menulis, maka kalian bisa loh menyalurkan bakat kalian lewat blog. Yup! Blog memang menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang suka menulis. Buat kalian yang ingin menulis di blog caranya mudah kok. Bahkan cara membuat blog di HP juga bisa dilakukan sendiri di rumah.

Blog menjadi salah satu sumber informasi ataupun hobi bagi seseorang. Blog layaknya seperti surat kabar, banyak yang bisa kalian ketahui dari sebuah blog.

Dalam artikel ini tidak hanya mengulas cara membuat blog di HP saja, namun juga pengertian blog dan jenis-jenisnya. Sehingga bagi kalian bagi para pemula tidak perlu kesulitan untuk membuat menjadi seorang blogger. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah cara membuat blog di HP yang gratis dan menghasilkan uang.

1. Apa Itu Blog?

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat blog di HP, kalian harus mengetahui dulu apa sih sebenarnya blog tersebut? Blog pertama kali digagas oleh Blogger.com pada bulan Agustus tahun 1999, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.

Sejarah blog tidak lepas dari istilah 'Weblog', yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Blogging adalah aktivitas mengelola blog, seperti menulis, memperbarui, atau menambahkan elemen lainnya (misalnya video) pada konten blog.

Aktivitas ini dilakukan oleh blogger dengan memanfaatkan tool digital yang ada di Internet. Tujuannya mirip seperti koran yang sudah lebih dulu ada, namun blogging berkembang lebih cepat secara komparatif.

2. Jenis-Jenis Blog

Selain itu, sebelum kalian mengetahui cara membuat blog di HP secara gratis, kalian harus mengetahui jenis-jenis blog. Dan berikut ini beberapa jenis-jenis blog yang bisa kalian ketahui:

1. Blog Pribadi

Blogger pribadi biasanya menjadikan blognya sebagai jurnal atau dokumenter tentang hidupnya, minatnya, atau hobinya.

2. Blog Niche

Pada tipe ini benar-benar membahas topik tertentu, biasanya berkaitan dengan minat, skill, dan pengetahuan sang blogger. Misalnya saja fashion, makanan, traveler.

3. Blog Perusahaan atau Bisnis

Pada jenis blog ini biasanya merupakan bagian dari website perusahaan. Beberapa perusahaan memanfaatkan website miliknya untuk turut terjun dalam dunia blogging.

4. Blog Afiliasi

Pada blog jenis ini fokus pada affiliate marketing, yaitu teknik pemasaran dengan mempromosikan produk dan layanan pihak ketiga melalui platform online.

5. Reverse Blog

Pada reverse blog, konten ditulis oleh sejumlah penulis tamu atau guest writer dan bukan blogger yang memilikinya. Pemiliknya mungkin saja menulis artikel sendiri, tapi tugas utamanya biasanya hanya mengubah dan mengedit tulisan para penulis tamu.

3. Cara Membuat Blog di HP yang Gratis

Bagi kalian yang ingin membuat blog, maka bisa kok membuat blog dengan mudah dan praktis. Berikut ini beberapa cara membuat blog di HP yang gratis:

1. Pertama kalian bisa buka halaman browser kemudian ketikan alamat www.blogger.com pada kolom alamat website.

2. Setelah muncul halaman blogger.com kalian bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru.

3. Buat akun dengan email. Selanjutnya kalian bisa menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun baru pada blogspot kalian.

4. Setelah masuk pada akun blogger.com kalian akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog kalian.

5. Pada halaman profil, kalian bisa langsung menuju dashboard. Pada laman dashboard ini kalian bisa menuliskan judul serta alamat blog. Selanjutnya klik create blog.

6. Langkah selanjutnya kalian akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog milik kalian. Kemudian kalian bisa mengklik publish jika telah selesai menulis isi blog.

7. Terakhir jika kalian ingin melihat bagaimana tampilan postingan tulisan kalian pada blog, kalian bisa mengklik visit blog ataupun mengetik alamat blog yang kalian buat. Blog kalian pun sudah berhasil dibuat.

4. Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Dan bagaimana cara membuat blog di HP untuk menghasilkan hasil? Apakah bisa? Ternyata bisa kok kalian membuat blog yang menghasilkan uang. Berikut ini beberapa cara membuat blog di HP agar menghasilkan uang:

1. Jadi Publisher Iklan

Pertama kalian bisa melakukan publisher iklan. Publisher iklan adalah seseorang yang memasang iklan di laman web yang seseorang miliki. Salah satu layanan yang biasanya dipakai blogger adalah Google Adsense.

Google Adsense adalah jaringan periklanan yang disediakan oleh Google. Bagi pemilik website, mereka dapat memasang iklan dari Google pada website mereka. Setiap klik yang diperoleh akan diakumulasi menjadi uang yang nantinya bisa dicairkan.

2. Mengulas Produk Tertentu

Cara yang satu ini istilah kerennya adalah endorse. Pemilik merek tertentu bakal mengirimkan produk atau menawarkan jasa yang bisa blogger nikmati secara gratis. Bahkan, tak sedikit blogger yang dibayar untuk mengulasnya di blog.

Pemilik merek sendiri lebih suka pilih blogger karena ulasan para blogger yang lebih natural. Ulasan di blog terlihat lebih soft-selling ketimbang iklan di media massa.

3. Jadi Brand Ambassador

Lebih lanjut, pihak brand sekarang tak hanya menyasar selebriti di televisi sebagai brand ambassador. Justru blogger jadi pilihan menarik bagi pihak brand. Citra blogger yang masih "orang biasa" membuat pembaca lebih terpengaruh untuk memakai merek yang dipakai oleh blogger tersebut.

Biasanya para pembaca pun tak jarang mencari ulasan para blogger mengenai merek tertentu. Contoh blogger Harumi Sudrajat seorang beauty blogger yang menjadi brand endorser beberapa brand ternama.

Itulah cara membuat blog di HP gratis yang bisa kalian lakukan. Bukan hanya mengetahui cara membuat blog di HP saja, kalian juga mengetahui jenis-jenis blog dan cara membuat blog untuk menghasilkan uang.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI