Cara Membuat Buku Pop Up untuk Kartu Ucapan Selamat, Mudah Banget - Bisa Jadi Hadiah yang Berkesan

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

Cara Membuat Buku Pop Up untuk Kartu Ucapan Selamat, Mudah Banget - Bisa Jadi Hadiah yang Berkesan
Ilustrasi (credit: Youtube/Maison Zizou/Own World Art & Craft)

Kapanlagi.com - Buku pop up punya tampilan yang berbeda dengan buku-buku biasa pada umumnya. Bagi yang masih asing, buku pop up merupakan buku yang punya tampilan lebih atraktif. Halaman dalam buku pop up didesain timbul secara tiga dimensi, sehingga dapat memberikan pengalaman yang seru saat membacanya.

Umumnya, tampilan buku pop up sering dijumpai pada buku-buku cerita dan buku-buku aktivitas anak. Tampilan tiga dimensi pada buku pop up, bisa menarik minat anak-anak untuk terus membaca halaman demi halamannya. Namun kini konsep buku pop up tak saja dipakai di buku anak-anak. Kita bisa saja membuat buku pop up sendiri berisi ucapan selamat sebagai hadiah atau kado.

Bagaimana, tertarik membuat buku pop up untuk diberikan kepada orang terkasih? Jika iya, langsung saja ulasan terkait cara membuat buku pop up dengan mudah berikut ini.

 

 

 

1. Cara Membuat Buku Pop Up untuk Ucapan Hari Ibu

Buku pop up bisa dijadikan hadiah yang spesial untuk momen-momen istimewa seperti hari ibu. Meski sederhana, kartu ucapan buku pop up bisa jadi kado yang berkesan untuk hari ibu. Berikut langkah-langkah membuat buku pop up untuk hari ibu.

Bahan:

1. Dua kertas karton berbeda warna

2. Kertas lipat warna-warni

3. Double tip atau lem kertas

4. Gunting

5. Pisau Cutter

6. Manik-manik atau mutiara

7. Spidol

Cara membuat:

1. Siapkan dua kertas karton berbeda warna. Pilih salah satu untuk jadi bagian cover atau sampul dan yang untuk bagian dalam.

2. Potong bagian pinggir setiap sisi kertas yang akan jadi bagian dalam, dengan lebar 2 cm.

3. Lipat kedua kertas menjadi dua bagian secara simetris.

3. Dengan pisau cutter, buat dua garis sobekan melintang pada lipatan kertas yang akan digunakan sebagai halaman dalam. Pastikan dua garis sobekan tersebut simetris dan punya panjang sama.

4. Buat lipatan ke dalam berdasarkan garis sobekan yang sudah dibuat. Jika sudah sisihkan.

5. Ambil kertas lipat warna-warni, buat gambar bunga kemudian gunting sesuai pola. Selain pola gambar bunga, buat juga bentuk batang dan daun pada kertas hijau.

6. Tempelkan manik-manik atau mutiara pada bagian tengah kertas yang sudah digunting berbentuk bunga.

7. Jika sudah, satukan bagian bunga dengan batang dan daun menggunakan lem.

8. Berikutnya, tempelkan bagian ujung tangkai bawah bunga pada bagian dalam lipatan kertas yang digunakan sebagai halaman depan.

9. Ambil kertas yang akan digunakan sebagai sampul atau cover. Tempelkan untuk menutup bagian belakang dari kertas yang dipakai untuk halaman dalam.

10. Terakhir, tuliskan kata-kata ucapan pada bagian dalam kertas. Kalian juga bisa menambahkan gambar agar semakin menarik.

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Membuat Buku Pop Up untuk Ucapan Ulang Tahun

Selain untuk hari ibu, buku pop up juga akan sangat cocok untuk hadiah ulang tahun. Cara membuatnya pun juga sangat mudah, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan:

1. Kertas karton ukuran A5

2. Kertas lipat warna-warni

3. Gunting

4. Pisau Cutter

5. Pita

6. Spidol

Cara membuat:

1. Lipat dua kertas karton A5 secara simetris.

2. Setelah itu, buat dua garis sobekan dengan pisau cutter sepanjang 10 cm dengan jarak 20 cm. Pastikan dua garis sobekan tersebut simetris dan punya panjang yang sama.

3. Jika sudah, buat lipatan ke bagian dalam berdasarkan dua garis sobekan yang sudah dibuat sebelumnya.

4. Buat lagi dua garis sobekan sepanjang 5 centi di salah satu sisi lipatan kertas yang baru saja dibuat. Kemudian, teruskan sobekan tersebut ke bagian atas juga sepanjang 5 cm. Jika sudah, buat lipatan lagi ke bagian dalam.

5. Ulangi buat 6 garis sobekan pada sisi yang sama, kali ini dengan ukuran yang lebih kecil misalkan 3 cm. Lipat ke bagian dalam sehingga menghasilkan 3 kotak kecil.

6. Di bagian lipatan satunya, buat hal serupa sehingga menghasilkan sebanyak tiga lipatan kecil.

7. Tutupi bagian lipatan kotak-kotak kecil dengan kertas lipat, lalu hias dengan pita sehingga serupa bentuk kado.

8. Pada bagian yang kosong, kalian bisa menggunting kertas lipat berbentuk balon kemudian tempelkan sebagai hiasan.

9. Ambil spidol buat ucapan selamat ulang tahun, dan selesai.

 

 

3. Cara Membuat Buku Pop Up untuk Ucapan Valentine

Jika kalian mencari hadiah valentine untuk pacar yang hemat tapi berkesan, buku pop up bisa jadi jawabannya. Berikut cara membuat buku pop up untuk ucapan valentine yang mudah tapi tetap romantis.

Bahan:

1. Dua kertas karton berbeda warna

2. Double tip atau lem kertas

3. Gunting

4. Pisau Cutter

5. Manik-manik atau mutiara

6. Spidol

7. Kertas lipat warna merah

Cara membuat:

1. Siapkan dua kertas karton berbeda warna (pada contoh pakai warna merah dan putih). Pilih salah satu untuk jadi bagian cover atau sampul dan yang untuk bagian dalam.

2. Potong bagian pinggir setiap sisi kertas yang akan jadi bagian dalam, dengan lebar 2 cm.

3. Lipat kedua kertas menjadi dua bagian secara simetris.

3. Dengan pisau cutter, buat beberapa garis sobekan selebar 3 cm melintang pada lipatan kertas yang akan digunakan sebagai halaman dalam. Buat garis-garis sobekan tersebut dalam berbagai ukuran.

4. Buat berbagai lipatan ke dalam berdasarkan garis-garis sobekan yang sudah dibuat. Jika sudah sisihkan.

5. Ambil kertas lipat warna merah, buat beberapa pola hati dengan berbagai ukuran. Kemudian gunting mengikuti pola.

6. Tempelkan pola berbentuk hati pada lipatan kertas yang sudah dibuat sebelumnya. Kalian bisa menempelnya berdasarkan pola tertentu ataupun asal secara acak.

7. Ambil kertas yang akan digunakan sebagai sampul atau cover. Tempelkan untuk menutup bagian belakang dari kertas yang dipakai untuk halaman dalam.

8. Terakhir, tuliskan kata-kata ucapan pada bagian dalam kertas. Kalian juga bisa menambahkan gambar agar semakin menarik.

Itulah di antaranya beberapa cara membuat buku pop up untuk ucapan selamat. Mudah bukan? Selamat mencoba!

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending