7 Cara Membuat Feeds Instagram Aestethic dengan Mudah dan Praktis, Jangan Asal Posting Foto

Kamis, 10 Februari 2022 17:44
7 Cara Membuat Feeds Instagram Aestethic dengan Mudah dan Praktis, Jangan Asal Posting Foto
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Sudah sejak beberapa tahun terakhir, instagram jadi media sosial paling populer. Banyak orang menghabiskan waktunya untuk mengakses instagram. Tak saja untuk mengekspresikan diri, banyak orang menjadikan instagram sebagai ladang penghasilan. Maka tak heran, jika orang-orang berlomba membuat postingan keren di instagram. Salah satu caranya adalah dengan cara membuat feeds instagram aesthetic.

Instagram memang jadi salah satu media sosial yang mengandalkan kekuatan visual. Karenanya, hampir setiap orang selalu memilih foto yang terbaik untuk dipajang di feeds atau profil akun mereka. Selain itu, ternyata masih ada beberapa cara membuat feeds instagram aesthetic yang bisa dilakukan. Penasaran dan ingin mencobanya?

Langsung saja simak beberapa ulasan cara membuat feeds instagram aesthetic berikut, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Perhatikan Tata Letak atau Layout

Untuk membuat feeds instagram jadi lebih aesthetic, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tata letak atau layout dari postingan. Artinya, kalian tidak bisa memposting foto sembarangan. Kalian perlu mengetahui letak suatu foto akan cocok atau tidak jika diletakkan di sebelah foto yang lain. Kalian bisa menyesuaikan letak atau kisi berdasarkan warna, bentuk objek, tema dan sebagainya.

Selain itu, ada beberapa tips dalam mengatur letak atau layout feeds instagram. Berikut beberapa tipe layout yang bisa diterapkan di feeds instagram kalian:

1. Puzzle Feed yaitu tipe layout feeds instagram yang menyambung satu sama lain.

2. Tiles Feed yaitu tipe layout feeds instagram yang diterapkan dengan postingan selang-seling, misalnya antara foto dan quotes.

3. Horizontal Lines yaitu tipe layout feeds instagram yang diterapkan dengan membuat postingan tiga baris horizontal feed untuk tiga foto dengan tema yang sama.

4. Border yaitu tipe layout feeds instagram yang menggunakan frame atau batasan yang sama di setiap foto. Sehingga bisa menampilkan.

 

 

 

2. Gunakan Tema Tertentu

Feeds atau profil instagram bisa dianggap sebagai kepribadian visual di dunia maya. Maka dari itu, cara membuat feeds instagram aesthetic yang kedua ialah menggunakan tema khusus yang mewakili kepribadian kalian.

Ada banyak jenis tema yang bisa diterapkan di feeds instagram, misalnya grunge, moody, boho, tropis, warna-warni, minimalis atau putih. Untuk menerapkannya, kalian bisa menggunakan bantuan filter yang sesuai dengan tema pilihan kalian.

 

 

3. Pilah-pilih Posting Kalian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk cara membuat feeds instagram aesthetic kita tidak bisa sembarang posting. Ada baiknya, posting foto yang benar-benar terbaik atau paling tidak foto yang benar-benar kalian sukai. Bukan saja tentang foto, melainkan juga topik-topik tertentu yang menurut kalian dan orang lain bakal menarik untuk dibahas.

 

 

4. Konsisten dalam Menggunakan Filter

Memakai filter jadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas foto atau postingan. Saat ini instagram telah menyediakan banyak filter yang bisa dipakai. Bahkan, pengguna instagram juga bisa memakai filter yang ada di aplikasi edit foto.Namun untuk cara membuat feeds instaram aesthetic kalian tidak boleh asal dalam menggunakan filter.

Usahakan untuk konsisten menggunakan satu jenis filter sepanjang waktu. Sebab, memakai filter yang berbeda-beda justru akan membuat feeds kalian jadi terkesan ramai dan tidak menarik. Ada baiknya, kalian konsisten menggunakan satu filter di setiap postingan, sesuai dengan tema yang telah dipilih sebelumnya.

 

 

5. Buat Feeds yang Mengalir

Feeds instagram yang aesthetic biasanya juga mempunyai alur yang mengalir. Maksudnya, kalian perlu mengatur ulang urutan postingan kalian. Sehingga, satu postingan dan postingan lainnya bisa saling berhubungan. Kalian juga bisa memberi jarak pada foto berdasarkan komposisi warna yang mirip, objek foto yang sama, dan sebagainya.

Dengan memberi jarak pada foto yang terlalu mirip, mereka menciptakan kontras di antara setiap postingan. Ini akan membuat keseluruhan tampilan feeds kalian jadi lebih seimbang dan menarik.

 

 

6. Konsisten dalam Menggunakan Frame

Frame atau batas foto sering kali dipakai agar objek di foto bisa terlihat secara keseluruhan. Nah, apabila kalian menggunakan frame atau batas di setiap postingan foto, maka pastikan untuk menggunakan batas atau frame yang sama ukurannya. Pasalnya hal ini akan menentukan rapi atau tidaknya tampilan postingan di feeds kalian.

 

 

7. Perhatikan Kualitas Foto

Kualitas foto dan video yang diposting juga akan sangat menentukan aesthetic tidaknya feeds suatu akun instagram. Maka dari itu, cara membuat feeds instagram aesthetic berikutnya adalah memperhatikan kualitas foto dan video. Pastikan untuk memposting foto yang mempunyai kualitas tinggi, baik dari segi resolusi, contrast, sharpness, dan sebagainya.

Untuk itu, sebelum memposting foto, kalian bisa terlebih dahulu melakukan beberapa pengeditan agar foto yang diposting lebih sempurna. Kalian bisa menggunakan menu editing yang terdapat di pratinjau sebelum memposting. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan aplikasi edit foto khusus.

Itulah di antaranya beberapa cara membuat feeds instagram aesthetic yang mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI