10 Cara Membuka Sandi HP yang Lupa dengan Mudah, Bisa Dilakukan dengan Manfaatkan Fitur Google

Diperbarui: Diterbitkan:

10 Cara Membuka Sandi HP yang Lupa dengan Mudah, Bisa Dilakukan dengan Manfaatkan Fitur Google
Cara membuka kata sandi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Memasang kata sandi di HP bisa jadi satu alternatif cara menjaga keamanan data dan privasi. Biasanya, seseorang akan memasang kata sandi yang unik, berupa kombinasi angka yang sulit untuk ditebak. Sayang terkadang karena saking uniknya, seseorang malah melupakan kata sandinya sendiri. Jika sudah demikian, berbagai cara membuka kata sandi HP yang lupa akan coba dilakukan.

Tidak sengaja lupa kata sandi sebenarnya merupakan hal yang cukup lumrah terjadi. Meskipun, kata sandi di HP sebenarnya selalu diakses setiap hari. Namun jika kalian mengalaminya tak perlu lagi khawatir. Sebab, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka HP yang kata sandinya terlupa. Penasaran, bagaimana caranya?

Dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber, berikut beberapa cara membuka kata sandi HP yang lupa.

 

 

 

1. Cara Membuka Sandi HP yang Lupa dengan Google Find My Device

Salah satu cara membuka sandi HP yang lupa bisa dilakukan dengan mengakses Google Find My Device. Ya, fitur Google ini ternyata tak saja bisa dipakai untuk menemukan HP atau perangkat yang hilang. Google Find My Device juga bisa jadi alternatif solusi masalah lupa kata sandi di HP.

Untuk melakukannya, sama seperti ketika kalian sedang kehilangan HP. Sehingga, kalian perlu melakukan opsi menghapus informasi di perangkat HP kalian. Dengan begitu, sistem dan data di HP kalian akan kembali seperti semula. Cara ini terbilang efektif, tapi berisiko akan kehilangan berbagai data dan foto-foto yang tersimpan di dalam memori HP. Berikut cara membuka sandi HP yang lupa menggunakan Google Find My Device.

1) Akses Google Find My Device dari browser PC atau laptop.

2) Setelah itu, kalian akan mendapatkan identifikasi dari HP kalian, seperti nama, lokasi terakhir, dan prosentase baterai.

3) Kemudian, pilih opsi Erase Device.

4) Lalu, ikuti setiap langkah dan petunjuk yang muncul. Hingga, kalian masuk ke laman login Google.

5) Login dengan akun Google yang terdaftar di HP.

6) Secara otomatis, HP akan tersetel dalam keadaan baru. Setelah itu, kalian bisa memasang kata sandi baru yang lebih mudah diingat.

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Gunakan Google Smart Lock

Keberadaan Google memang sangat berguna. Selain cara membuka sandi HP yang lupa di atas, masih ada cara lain yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan Google. Lebih tepatnya, kalian bisa memakai fitur bernama Google Smart Lock. Namun perlu diketahui, bahwa produk Google ini dapat digunakan oleh HP dengan sistem Android 5.0 atau yang lebih baru.

Saat tiba-tiba kalian lupa password, kalian bisa langsung menyambungkan koneksi HP dengan WiFi rumah, smartwatch, atau browser Google Chrome. Dengan begitu, Google Smart Lock akan membuka kunci HP secara otomatis. Menarik untuk dicoba, bukan?

 

 

 

3. Menggunakan Fitur Safe Mode

Cara membuka sandi HP yang lupa lainnya bisa dilakukan juga dengan mengaktifkan fitur safe mode. Tapi, kalian hanya bisa menggunakan fitur ini jika menggunakan lock screen dari pihak ketiga, bukan bawaan HP. Sebab, ketika masuk safe mode, aplikasi pihak ketiga tak akan berfungsi. Berikut langkah-langkah menggunakan fitur safe mode untuk membuka HP yang lupa sandi.

1) Untuk masuk safe mode, tekan tombol power beberapa saat hingga muncul opsi "power off.

2) Setelah itu, pilih dan tahan opsi power off.

3) Kemudian, akan muncul opsi reboot ke safe mode. Pilih, Okay.

4) Ketika sudah masuk di safe mode, kalian bisa langsung meng-uninstall aplikasi tersebut, kemudian restart lagi HP kalian. Dengan begitu, kalian bisa masuk perangkat tanpa harus memasukkan kata sandi lagi.

 

 

 

4. Melakukan Factory Reset

Pilihan cara membuka sandi HP yang lupa lainnya adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan settingan pabrik. Untuk melakukan cara ini, kalian harus melakukan booting perangkat ke mode Recovery. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1) Cara paling sederhana untuk melakukan factory reset adalah dengan mematikan smartphone sembari menekan tombol volume turun bersamaan.

2) Jika sudah, kalian akan masuk ke sistem bootloader. Setelah itu, kalian bisa menggunakan tombol volume untuk navigasi ke Recovery Mode, dan pakai tombol power untuk menggantikan fungsi enter.

3) Pilih Wipe data/factory reset.

4) Selanjutnya, tekan tombol power untuk konfirmasi pilihan.

5) Secara otomatis HP akan melakukan restart dan menghapus data. Selesai.

 

 

 

5. Menggunakan ADB untuk Menghapus Password yang Terlupa

Kelima, kalian juga bisa coba cara membuka sandi HP yang lupa menggunakan ADB. Untuk melakukannya, kalian perlu menghubungkan HP dengan laptop atau PC. Sehingga, kalian juga harus memastikan kelengkapan lain seperti USB. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1) Sambungkan HP dengan laptop atau PC menggunakan kabel USB.

2) Setelah itu, buka program Command Prompt, dengan cara mengetikkan perintah CMD adb shell rm /data/system/gesture.key

3) Setelah masuk ke direktori instalasi ADB, lakukan reboot smartphone.

4) Dengan begitu, kata sandi di lockscreen secara otomatis tidak akan berlaku lagi.

5) Kalian bisa segera ganti kata sandi HP sebelum melakukan proses reboot berikutnya.

 

 

6. Cara Membuka Kata Sandi HP yang Lupa dengan Panggilan Darurat

Untuk membuka kata sandi HP yang terkunci, kalian bisa menggunakan fitur panggilan darurat. Karena terdapat nomor panggilan darurat yang dapat memberikan bantuan dalam situasi darurat atau saat pengguna lupa password untuk membuka kunci perangkat HP. Berikut ini panduannya yang bisa kalian coba.

1) Mulailah dengan membuka layar kunci pada perangkat HP kalian. Di bagian bawah layar, kalian akan melihat opsi "Panggilan Darurat."

2) Tekan nomor darurat yang sesuai dengan merek HP kalian untuk Samsung (911), HP OPPO (112), HP Vivo (#000009#0##0), HP Xiaomi (911 & 112).

3) Untuk melanjutkan proses membuka kunci, Anda perlu memasukkan string simbol khusus dengan mengetik tanda bintang (*) beberapa kali berturut-turut. Tindakan ini akan mengarahkan Anda ke langkah selanjutnya.

4) Ketuk dua kali untuk menyorot dan menyalin string simbol khusus tersebut.

5) Kembali ke layar utama perangkat dan buka menu pengaturan (Settings). Cari opsi untuk mengganti password atau kunci layar.

6) Di dalam menu pengaturan, temukan opsi untuk mengganti password atau kunci layar. Tempelkan atau masukkan string simbol khusus yang telah disalin lalu ganti dengan password baru.

7) Setelah mengganti password lama dengan yang baru, kalian dapat mengunci perangkat dengan menggunakan password baru tersebut.

8) Selesai, kalian berhasil membuka kunci HP yang lupa.

 

 

7. Cara Membuka Kata Sandi HP yang Lupa di iPhone

Cara membuka kata sandi HP yang lupa di iPhone rupanya tidak berbeda jauh dengan langkah sebelumnya. Hanya saja ada beberapa hal perlu diperhatikan untuk membuka kata sandi HP di iPhone. Berikut ini panduan yang mungkin bisa membantumu.

1) Kalian dapat menyambungkan iPhone atau gunakan kabel kompatibel lainnya untuk menghubungkan iPhone ke komputer.

2) Buka aplikasi iTunes pada komputer yang telah terinstal versi terbaru untuk memastikan kelancaran proses.

3) Tunggu prosesnya hingga iTunes akan membuat cadangan data perangkat.

4) Klik menu Device pada perangkat kalian.

5) Pilih tombol "Back Up Now" yang terletak di bagian "Backups".

6) Di halaman iTunes, kalian akan melihat label Device berubah menjadi nama perangkatmu. Di sini, pilih opsi "Restore Device."

7) Klik "Restore and Update" untuk memulihkan berkas dan pengaturan perangkat seperti semula.

8) Ikuti petunjuk selanjutnya dengan mengklik "Next" dan kemudian pilih "Agree" untuk menyetujui syarat serta ketentuannya.

9) Setelah itu "Restore from this Backup" untuk memilih sumber berkas cadangan.

10) Jika ingin melanjutkan, pilih "Continue". berkas dan pengaturan perangkat IPHONE kalian akan kembali seperti semula.

 

 

8. Cara Membuka Kata Sandi HP Pakai Fitur Forgot Pattern

Tak banyak disadari fitur Forgot Pattern juga dapat kalian gunakan untuk membuka kata sandi HP yang lupa. Namun fitur ini mungkin tidak tersedia untuk semua jenis HP. Jika perangkat kalian memiliki fitur ini maka panduan di bawah ini bisa membantumu. Yuk, simak langkah cara membuka kata sandi HP dengan fitur Forgot Pattern.

1) Masukkan kata sandi secara acak selama lima kali. Hal ini akan menghasilkan pesan "Coba lagi dalam 30 detik."

2) Maka akan muncul pesan "Coba lagi dalam 30 detik", tunggu hingga waktu berlalu.

3) Kalian bisa pilih Forgot Pattern.

4) Klik menu Lupa Kata Sandi.

Saat menggunakan fitur Forgot Pattern, Anda akan diberikan dua metode untuk mengatur ulang kata sandi yakni pertanyaan keamanan dan login akun Google. Pilih salah satu dari metode di atas sesuai dengan preferensi dan informasi yang kalian miliki. Nantinya kata sandi atau pola kunci yang lupa di HP bisa kalian dapatkan.

 

 

9. Cara Membuka Kata Sandi HP dengan Mudah

Cara membuka kata sandi HP dengan mudah dapat dipraktikkan menggunakan bantuan dari perangkat lain. Karena, kalian bisa memakai HP milik keluarga atau orang terdekat. Adapun panduan cara membuka kata sandi HP di bawah ini.

1) Meminjam HP dari teman atau anggota keluargamu.

2) Gunakan HP yang kalian pinjam untuk menelepon nomor HP milikmu yang sedang terkunci.

3) Saat panggilan berlangsung dan setelah menyelesaikan panggilan, pilih menu Home untuk mengubah kata sandi dari ponsel yang terkunci.

4) Jika berhasil masuk, kalian bisa melihat mengubah kata sandi HP yang lupa.

 

 

10. Cara Membuka Kata Sandi HP Samsung

Jika kalian memiliki HP Samsung namun lupa dengan kata sandi perangkat, langkah ini bisa kalian coba. Adapun panduan cara membuka kata sandi HP Samsung sebagai berikut.

1) Akses situs findmymobile.samsung.com melalui browser.

2) Kalian dapat masukkan Buat atau masukkan akun Samsung milikmu, lalu login.

3) Klik tombol 'Lock my screen' pada menu di layar.

4) Lalu kalian bisa memasukkan sandi baru dan klik tombol 'Lock.'

5) Selesai.

Itulah di antaranya 10 cara membuka sandi HP yang lupa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Jika masih tak berhasil, kalian isa segera bawa HP ke reparasi untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan secara lebih menyeluruh.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending