Cara Memperbarui Whatsapp ke Versi Terbaru, Ketahui Juga Langkah untuk Backup Chat Agar Tidak Hilang

Rabu, 06 Oktober 2021 15:33 Penulis: Puput Saputro
Cara Memperbarui Whatsapp ke Versi Terbaru, Ketahui Juga Langkah untuk Backup Chat Agar Tidak Hilang
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Whatsapp dulunya lebih sering dipakai untuk berbagi pesan layaknya SMS, tapi dengan lebih cepat karena memanfaatkan koneksi internet. Namun, kini whatsapp terus mengembangkan berbagai fitur hingga bisa dipakai untuk update layaknya medsos lainnya. Untuk bisa memanfaatkan fitur terbaru, kalian harus melakukan cara memperbarui whatsapp.

Tanpa diperbarui atau di-update, whatsapp yang ada di hp kalian tetap akan berada dalam versi lama. Sehingga, kalian tidak bisa menikmati fitur atau layanan yang ada di whatsapp versi terbaru. Karenanya, penting untuk melakukan perbaruan versi whatsapp di gawai kalian, agar tidak ketinggalan zaman. Selain itu dengan melakukan perbaruan, aplikasi whatsapp juga akan terasa lebih menarik dan mudah digunakan.

Cara memperbarui Whatsapp bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Bagaimana caranya? Langsung saja simak beberapa ulasannya berikut, yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Fitur Whatsapp Versi Terbaru

Seeperti yang disinggung sebelumnya, whatsapp terus mengembangkan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya. Dengan melakukan update ke versi terbaru, kita bisa menikmati berbagai layanan atau fitur-fitur terbaru tersebut. Versi whatsapp terbaru telah dikembangkan dengan beberapa fitur di antaranya sebagai berikut.

1) Fitur Baru dalam Obrolan Grup

Salah satu fitur terbaru whatsapp terdapat pada obrolan baik telpon maupun video call. Dengan fitur terbaru ini, pengguna jadi bisa bergabung dengan panggilan grup yang terlewatkan, selama obrolan tersebut belum berakhir. Fitur ini sering disebut dengan joinable call. Selain itu, dari segi tampilan juga muncul daftar siapa saja yang sedang bergabung dan siapa saja yang telah diundang tapi belum bergabung.

2) Fitur Menghilangkan Foto dan Video secara Otomatis

Fitur lainnya yang ada di whatsapp versi terbaru ialah penghapusan foto dan video secara otomatis. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengatur durasi penampilan foto atau video yang dikirimkannya ke seseorang atau grup. Sehingga, berbeda dengan versi lama yang setiap foto dan video bisa diakses selama belum dihapus oleh penerima.

3) Fitur Arsip Terbaru

Whatsapp baru saja memperbarui fitur arsip pada versi terbarunya. Dengan fitur arsip uyang sekarang, pengguna whatsapp jadi bisa menyembunyikan chat atau pesan dari orang lain, tanpa harus melakukan blokir. Bahkan, saat ada pesan atau chat baru masuk, chat yang diarsipkan tetap tak akan muncul. Sementara, sebelumnya chat yang diarsipkan hanya akan muncul pada halaman khusus.

2. Cara Memperbarui Whatsapp untuk Android

Setelah tahu fitur-fitur terbaru dari whatsapp terbaru, kini saatnya mencoba cara memperbarui whatsapp. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memperbarui whatsapp, tergantung pada sistem yang digunakan hp kalian. Jika kalian pengguna hp dengan sistem android, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1) Aktifkan hp Android kalian, lalu buka aplikasi Play Store.

2) Kemudian tekan bagian kolom pencarian, lalu ketik Whatsapp.

3) Setelah ketemu, kalian bisa langsung klik update.

4) Secara otomatis, hp kalian akan menjalankan proses update whatsapp versi terbaru. Setelah update selesai, kalian bisa langsung mencobanya dengan menekan "buka" atau "open".

3. Cara Memperbarui Whatsapp untuk IOS

Namun jika kalian pengguna hp dengan sistem IOS, maka cara memperbarui whatsapp beda lagi. Meski begitu, caranya tetap tak kalah mudah dan simpel. Kalian bisa melakukannya dengan praktis dan cepat. Untuk lebih jelasnya, berikut cara memperbarui whatsapp untuk hp dengan sistem IOS.

1) Aktifkan iPhone kalian, lalu buka App Store.

2) Setelah itu, pilih Updates.

3) Kemudian temukan aplikasi WhatsApp didaftar tersebut, lalu ketuk Update.

4) Secara otomatis, hp kalian akan menjalankan proses update whatsapp versi terbaru.

4. Cara Backup Data Percakapan WhatsApp

Selain cara memperbarui whatsapp, yang tak kalah penting adalah mengetahui cara melakukan backup untuk chat. Pasalnya, melakukan perbaruan whatsapp bisa berisiko menghilangkan sebagian chat. Oleh sebab itu, backup atau pencadangan wajib dilakukan. Adapun cara untuk backup data percakapan atau chat pada whatsapp adalah sebagai berikut.

1) Buka aplikasi Whatsapp di hp kalian.

2) Klik tanda titik tiga pada bagian kanan atas.

3) Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan menu. Kalian bisa pilih cadangkan chat.

4) Setelah menekan pilihan menu cadangkan chat, kalian bisa mengatur berbagai hal seperti waktu pencadangan rutin, akun google terdaftar, koneksi untuk mencadangkan (bisa wifi atau seluler).

5) Jika sudah menyesuaikan settingan, kalian bisa langsung klik cadangkan.

6) Secara otomatis, whatsapp akan memulai proses pencadangan pesan.

Itulah di antaranya cara memperbarui whatsapp dan mencadangkan pesan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI