Cara Memulihkan Akun Facebook Melalui Teman dengan Mudah, Solusi Saat Lupa Semuanya

Selasa, 04 Januari 2022 14:55 Penulis: Nurul Wahida
Cara Memulihkan Akun Facebook Melalui Teman dengan Mudah, Solusi Saat Lupa Semuanya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Bagaimanapun juga, mengingat identitas untuk log in akun Facebook tentu sangat penting. Meski begitu, Facebook juga sudah dilengkapi dengan alternatif lain ketika penggunanya lupa semuanya. Salah satunya fitur kontak terpercaya yang dapat digunakan untuk cara memulihkan akun Facebook melalui teman.

Kontak terpercaya Facebook termasuk bagian keamanan dan privasi yang memudahkan pengguna memulihkan akun. Ya, fitur ini dapat pengguna atur terlebih dahulu untuk bisa digunakan sebagai alternatif jika lupa email, nomor ponsel, ataupun password.

Apalagi cara memulihkan akun Facebook melalui teman terbilang sangat mudah dan cepat. Hanya saja kalian perlu mengatur lebih dahulu kontak terpercaya Facebook untuk dapat memulihkan akun.

Sebagai informasi berikut ini ulasan lengkapnya tentang cara memulihkan akun Facebook melalui teman. Adapun beberapa penjelasan tentang cara memulihkan akun Facebook melalui teman dapat kalian simak di bawah ini yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Fungsi Fitur Kontak Terpercaya Facebook

Setiap platform sosial media dilengkapi dengan fitur keamanan yang bisa melindungi akun dari penyalahgunaan. Namun tak hanya itu saja, adanya fitur keamanan dan privasi memudahkan penggunanya memulihkan akun saat lupa email, password, ataupun nomor ponsel. Salah satunya bagi pengguna Facebook yang juga dilengkapi dengan fitur keamanan yakni kontak terpercaya.

Bagi pengguna Facebook tentu tidak asing lagi mengetahui apa itu fitur keamanan kontak terpercaya. Ya, fitur kontak terpercaya Facebook memungkinkan penggunanya untuk bisa menghubungi kontak terpercaya (teman Facebook) agar dapat membantu memulihkan akun. Tepat sekali, fungsi dari fitur kontak terpercaya Facebook adalah untuk dapat membantu mendapatkan atau memulihkan akun FB yang lupa semua ataupun karena hack.

Sehingga dengan kontak terpercaya tersebut nantinya dapat memudahkan kalian log in kembali ke akun yang lupa semuanya baik itu email, nomor ponsel, ataupun password. Itulah fungsi fitur kontak terpercaya Facebook yang perlu diketahui.

 

2. Cara Menambahkan Kontak Terpercaya Facebook

Perlu diketahui untuk dapat menggunakan cara memulihkan akun Facebook melalui teman, sebelumnya kalian perlu mengubah pengaturannya terlebih dahulu. Melalui fitur ini kalian dapat menambahkan setidaknya 3 hingga 5 orang teman Facebook yang dapat membantu kalian memulihkan akun karena lupa semuanya.

Namun perlu tahu juga bahwa kalian benar-benar memastikan menambahkan kontak teman yang terpercaya. Sebab nantinya teman kalian akan mendapatkan kode untuk dapat mengakses pemulihan akun Facebook kalian. Nah, pastikan teman kalian juga dapat dihubungi secara langsung ataupun via telepon dan chat serta akun FB teman masih aktif dan online.

Jika belum tahu cara menambahkan kontak terpercaya Facebook, berikut ini ulasannya yang perlu diketahui. Adapun referensi cara menambahkan kontak terpercaya Facebook dapat kalian simak sebagai berikut.

- Pertama buka akun Facebook kalian melalui perangkat HP.

- Lalu klik menu Pengaturan & Privasi Facebook.

- Klik Pengaturan.

- Pilih Keamanan dan Log in.

- Lalu pilih opsi Pilih 3 Hingga 5 Teman Untuk Dihubungi Jika Tak Bisa Masuk.

- Selanjutnya Pilih Kontak Terpercaya.

- Masukkan lagi kata sandi Facebook kalian.

- Klik Lanjutkan.

- Lalu kalian akan masuk ke menu Kontak Terpercaya.

- Tambahkan 3 hingga 5 teman terpercaya Facebook.

- Klik Selesai untuk menyimpan.

- Jika ingin mengubah atau menghapus kontak teman terpercaya bisa klik bagian Edit.

- Selesai.

Itulah cara menambahkan kontak terpercaya Facebook. Sehingga dapat digunakan untuk cara memulihkan akun Facebook melalui teman.

 

3. Cara Memulihkan Akun Facebook Melalui Teman

Setelah tahu fungsi kontak terpercaya Facebook serta cara menambahkannya, ketahui juga bagaimana cara memulihkan akun Facebook melalui teman. Ya, fitur keamanan ini sangat mudah diakses untuk mengembalikan akun Facebook kalian. Langkah-langkah cara memulihkan akun Facebook melalui teman sebenarnya hampir serupa seperti saat log in. Hanya saja kalian bisa klik Lupa Akun lalu pilih untuk memulihkan akun dari kontak terpercaya Facebook.

Nah, adapun langkah cara memulihkan akun Facebook melalui teman dapat kalian simak sebagai berikut. Langsung saja simak referensi cara memulihkan akun Facebook melalui teman di bawah ini.

- Pertama kunjungi situs Facebook melalui browser, kali ini menggunakan laptop.

- Lalu klik Lupa Akun.

- Selanjutnya mungkin saja kalian akan diminta untuk memasukkan email, nomor ponsel, nama pengguna ataupun nama lengkap. Selanjutnya klik Cari.

- Lalu klik Tidak Punya Akses ke Sini Lagi?

- Lalu masukkan email dan nomor ponsel baru untuk masuk ke akun Facebook kalian.

- Klik Lanjutkan.

- Selanjutnya klik Tampilkan Kontak Terpercaya Saya.

- Lalu masukkan setidaknya 3 nama kontak terpercaya yang sudah kalian tambahkan.

- Setelah itu muncul link URL yang berisi kode untuk pemulihan akun Facebook.

Itulah beberapa langkah pertama untuk cara memulihkan akun Facebook melalui teman. Namun belum selesai di situ saja, sebab masih ada langkah lainnya untuk cara memulihkan akun Facebook melalui teman.

 

4. Cara Memulihkan Akun Facebook Melalui Teman dengan Kode

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, berikut ini langkah selanjutnya untuk cara memulihkan akun Facebook melalui teman. Nah, setelah kalian menyelesaikan langkah pertama untuk cara memulihkan akun Facebook melalui teman, kali ini kalian bisa mengirimkan kode URL kepada kontak terpercaya. Berikut cara memulihkan akun Facebook melalui teman dengan menggunakan akses kode.

- Pertama setelah kalian mendapatkan link URL berisi kode, kirimkan kepada teman yang terdaftar sebagai kontak terpercaya Facebook.

- Lalu kalian dapat meminta teman untuk membuka link URL tersebut.

- Selanjutnya minta teman kirimkan kode untuk log in Facebook seperti yang tertera dalam link URL yang sudah kalian kirimkan sebelumnya.

- Pakai kode tersebut untuk memulihkan akun Facebook melalui teman.

- Selesai.

- Jika berhasil maka akun Facebook kalian dapat pulih kembali. Itulah beberapa cara memulihkan akun Facebook melalui teman. Sehingga dapat membantu kalian untuk mengetahui cara memulihkan akun Facebook melalui teman.

Sumber: facebook.com dan sumber lainnya

 

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI