21 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula dengan Mudah Tanpa Modal Besar

Rabu, 06 Oktober 2021 20:22 Penulis: Nurul Wahida
21 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula dengan Mudah Tanpa Modal Besar
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Peningkatan kebutuhan dan biaya hidup saat ini membuat setiap orang perlu mencukupinya dengan bekerja untuk mendapatkan uang. Namun, kecanggihan teknologi bisa dimanfaatkan sebagai cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula dengan mudah bahkan tanpa modal besar.

Siapapun tentu tergiur ingin mendapatkan uang secara mudah dan cepat. Apalagi kalau cara mendapatkan uang tersebut dilakukan tanpa perlu modal besar dan menghemat biaya serta tenaga. Ya, akhir-akhir ini sangat populer cara mendapatkan uang dari internet.

Internet bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang secara mudah. Namun tentu dengan cara mendapatkan uang dari internet yang halal dan legal. Setiap orang bisa memanfaatkan berbagai fitur yang terhubung dengan internet untuk mendapatkan uang.

Misalnya saja menjadi seorang konten creator, Youtuber, selebgram membuka toko online dan seterusnya. Ada banyak sekali cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang ingin mencoba. Selengkapnya  berikut cara mendapatkan uang dari internet telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula dapat dilakukan dengan memanfaatkan platform sosial media. Sebab beragam platform sosial media saat ini cukup banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan uang secara mudah dan praktis. Namun kebanyakan cara mendapatkan uang dari internet  untuk pemula dari platform sosial media ini adalah menjadi seorang konten creator baik di Instagram, TikTok, ataupun Youtube. Adapun beberapa cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula sebagai berikut.

1. Manfaatkan Instagram

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula dengan memanfaatkan platform sosial media Instagram. Media sosial instagram saat ini cukup banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan uang secara mudah dan praktis. Di mana pengguna bisa menjadi seorang selebgram yakni seseorang yang memiliki followers banyak hingga membuat mereka memperoleh tawaran endorsement. Dari sinilah pengguna bisa mendapatkan uang dengan memanfaatkan Instagram.

2. Jadi Youtuber

Tak sekedar Instagram, Youtube juga bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Apalagi jika kalian memiliki keahlian untuk jadi konten creator, Youtube adalah platform yang pas buat mendapatkan uang dari internet. Di mana pengguna bisa mengunggah video mereka melalui Youtube dan mengaktifkan adsense. Dari adsense inilah seorang pemula bisa mendapatkan uang dari internet.

3. TikTokers

Anak muda zaman sekarang tentu sangat familiar dengan aplikasi TikTok. Tak sekedar bisa digunakan untuk mengunggah video, dari TikTok pengguna juga bisa mendapatkan uang secara mudah. Ya, menjadi seorang TikTokers atau artis TikTok. Kalian bisa mendapatkan banyak endorsement atau bahkan kontrak tertentu apabila memiliki banyak followers di TikTok. Nggak ada salahnya buat kalian coba seperti halnya Instagram dan Youtube.

4. Jadi Blogger

Buat kalian seorang pemula yang hobi menulis, tidak ada salahnya mencoba untuk menjadi seorang blogger. Di mana pengguna bisa mengunggah karya tulis mereka melalui blog atau wordpress gratis. Tak hanya gratis, nantinya ketika artikel kalian memiliki banyak pengujung, tentunya bisa mendapatkan adsense dan uang dari blog.

5. Jadi Podcaster

Tak hanya youtube, kini aplikasi podcast seperti spotify juga dapat kalian manfaatkan buat mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Apalagi jika kalian memiliki minat di bidang ini tentu tak ada salahnya mencoba. Nantinya karya podcast kalian bisa diunggah melalui akun spotify dan mendapatkan uang jika memiliki banyak pendengar.

6. Penulis Freelance

Jika kalian ingin mendapatkan uang tambahan dari internet, menjadi seorang penulis freelancer bisa jadi pilihan yang pas. Pasalnya menjadi penulis freelance terbilang sangat fleksibel tanpa terbatas waktu dan bisa dikerjakan di manapun. Biasanya perusahaan mencari seorang penulis freelance untuk mengembangkan produk mereka. Di mana nantinya kalian akan mendapatkan insentif berdasarkan tulisan yang kalian buat. Besaran uang yang diperoleh bisa tergantung dari jumlah kata, kualitas, jumlah artikel, ataupun tema tertentu.

2. Cara Mendapatkan Uang dari Internet Saham dan Investasi

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula berikutnya adalah dengan investasi dan saham. Hal ini mungkin terdengar cukup rumit, namun buat kalian yang sudah cukup familiar dengan dunia saham dan investasi perlu dicoba buat mendapatkan uang dari internet. Pasalnya saat ini internet juga dimanfaatkan untuk investasi dan jual beli saham. Pengguna hanya perlu mengontrol dan memantau perkembangan saham yang telah ditanam hingga pada waktu tertentu dapat mencairkannya. Nah berikut cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula dengan saham dan investasi.

7. Berinvestasi Reksadana

Investasi reksadana cukup ramah bagi pemula yang ingin melakukan investasi secara online. Apalagi investasi reksadana diketahui cukup aman dan mudah. Pasalnya risikonya terbilang cukup minim dan modalnya kecil. Sehingga tidak ada salahnya buat kalian mencoba melakukan investasi reksadana untuk mendapatkan uang dari internet dengan jangka waktu tertentu.

8. Trading Saham

Nah buat kalian yang sudah cukup banyak memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang saham, coba trading saham bisa jadi pilihan. Pasalnya trading saham cenderung memiliki risiko yang mungkin cukup besar jika kalian tak memahami tentang trading saham. Namun trading saham juga memiliki keuntungan menggiurkan.

3. Cara Mendapatkan Uang dari Internet dan Online Shop

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula berikutnya adalah dengan berjualan secara online. Apalagi kini ada beragam marketplace bisa kalian manfaatkan untuk menawarkan dan menjual produk. Adapun cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang berminat mengembangkan online shop sebagai berikut.

9. Jual Produk Makanan Online

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula selanjutnya adalah menjual makanan online. Ya, beragam produk sebenarnya dapat ditawarkan melalui marketplace dan lebih hemat tenaga serta biaya. Apalagi jangkauannya terbilang lebih luas. Nah tidak ada salahnya buat kalian berminat untuk jual produk makanan melalui online memanfaatkan marketplace buat jualan makanan online.

10. Toko Fashion Online

Tak sekedar makanan, kalian juga bisa membuka toko fashion online. Di mana kalian dapat menawarkan produk buatan sendiri ataupun reseller secara online. Modalnya yang cenderung kecil dan barang lebih awet tentu bisa jadi pertimbangan buat kalian untuk membuka toko fashion online.

11. Toko Buku Online

Nah tak sekedar makanan dan fashion, buku juga bisa kalian jual secara online melalui internet. Sehingga cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula berikutnya yakni jualan buku online. Buku-buku pelajaran, novel, ataupun materi tertentu bisa jadi pilihan buat kalian menarik banyak pelanggan terutama kalangan pelajar, mahasiswa atau dosen. Kalian juga bisa menjual buku dalam bentuk elektronik book.

12. Jadi Dropshiper

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula berikutnya yakni menjadi seorang dropshiper. Ada keuntungan jadi seorang dropshiper di mana kalian hanya menjual produk orang lain tanpa modal. Ini mirip dengan reseller yang menjual produk dari pihak kedua. Ini cocok buat kalian pilih apabila tidak ingin menjual produk sendiri dan cenderung lebih praktis.

13. Jual Produk Kerajinan

Jika kalian ingin membuka toko online dengan produk unik dan beda, jualan kerajinan tangan bisa jadi pilihan yang pas. Di mana peminat kerajinan tangan umumnya tak hanya masyarakat lokal melainkan juga mancanegara. Jika sudah bisa ekspor ke luar negeri tentu keuntungannya jauh lebih besar.

4. Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula berikutnya yakni dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Jika sesuai dengan minat kalian, maka tidak ada salahnya mencoba cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula sebagai berikut.

14. Ikut Survey Berbayar

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yakni dengan ikut survey online berbayar. Kalian dapat mengisi survey dan mendapatkan tambahan uang dari internet. Nantinya uang tersebut akan kalian peroleh dalam bentuk poin. Untuk penukaran jadi uang nantinya kalian perlu mengumpulkan lebih dahulu poin-poin tersebut.

15. Main Games

Siapa sangka hanya dengan bermain game juga dapat menghasilkan uang secara mudah dan cepat. Sebab beberapa situs game online diketahui juga dapat menghasilkan uang hanya dengan bermain game. Beberapa gamers juga cukup populer dikenal di dunia games.

5. Cara Mendapatkan Uang dari Internet Manfaatkan Keahlian

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula berikutnya adalah dengan memanfaatkan keahlian kalian. Di mana kalian bisa menjual jasa pembuatan desain, mengajar, ataupun lainnya untuk mendapatkan tambahan uang dari internet. Nah langsung saja simak ulasannya tentang cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula.

16. Jualan Software

Jika kalian memiliki keahlian di bidang coding tentu tidak ada salahnya menawarkan pembuatan jasa software secara online. Apalagi kini beragam aktivitas cenderung dilakukan secara digital termasuk menggunakan aplikasi tertentu. Nah cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula bisa menawarkan jualan software online.

17. Kursus Online

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula selanjutnya adalah dengan membuka kursus online. Jika kalian memiliki keahlian di bidang mengajar baik matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris dan seterusnya tidak ada salahnya membuka kursus online sendiri. Nantinya kalian dapat mematok harga untuk sekali pertemuan dan pengajaran.

18. Buka Jasa Desain

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula berikutnya yakni membuka jasa desain. Ini cocok buat pemula yang memiliki minat di bidang desain grafis. Di mana nantinya kalian bisa menawarkan membuat jasa desain untuk undangan ataupun buku secara online. Selain itu, kalian juga bisa menjual desain tersebut melalui website yang nantinya akan membayar kalian.

19. Jasa Membuat Website

Tak jauh dari dunia coding dan website, kalian juga bisa menawarkan jasa membuat website. Pasalnya saat ini website cukup banyak digunakan perusahaan untuk mengembangkan usaha mereka. Nah, kalian dapat menawarkan pembuatan website dengan mematok harga tertentu. Selain itu kalian bisa membuat tema khusus yang bisa digunakan perusahaan untuk membranding usaha mereka.

20. Menjual Foto

Sejumlah situs tertentu juga membuka peluang bagi fotografer untuk menjual karya foto mereka. Nah buat kalian yang memiliki keahlian di bidang fotografi, maka tidak ada salahnya mencoba menjual foto secara online. Karena itulah menjual foto bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula.

21. Menjual Video Kreatif

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula berikutnya yakni dengan menjual video hasil kreativitas sendiri melalui sejumlah situs penyedia layanan tertentu. Ini pastinya bisa jadi pilihan yang pas buat mendapatkan uang melalui internet.

Itulah sederet cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula dengan mudah tanpa modal besar. Semoga ulasan di atas dapat membantumu mendapatkan tambahan penghasilan melalui internet.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI