Cara Mendinginkan HP yang Benar dan Tepat, Ketahui Juga Penyebab HP Cepat Panas

Rabu, 22 Desember 2021 10:33 Penulis: Dhia Amira
Cara Mendinginkan HP yang Benar dan Tepat, Ketahui Juga Penyebab HP Cepat Panas
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - HP merupakan salah satu alat elektronik yang menjadi sebuah kebutuhan saat ini. Tidak heran bila banyak kegiatan manusia dihabiskan lewat HP, sehingga hal ini bisa membuat HP akan terasa lelah dan panas. Ya, HP yang digunakan secara berlebihan bisa panas. Bila terus kalian biarkan, maka HP kalian cepat rusak loh KLovers. Maka dari itu kalian perlu mengetahui cara mendinginkan HP dengan benar dan tepat.

Hal ini agar HP kalian tidak terus-terusan panas, karena mungkin bisa merusak HP kalian. Ada banyak sekali cara mendinginkan HP agar tidak mudah panas. Salah satunya yaitu, menghentikan aktivitas kalian dengan HP. Kalian juga bisa memberikan alat untuk mendinginkan HP, namun alat tersebut juga bisa tidak berfungsi bila kalian masih melakukan kesalahan dalam pemakaian HP.

Untuk itu, bagi KLovers yang penasaran bagaimana cara mendinginkan HP. Maka berikut, ini dilansir dari berbagai sumber beberapa cara mendinginkan HP yang baik dan tepat. Yuk langsung dicek KLovers.

1. Istirahatkan HP Sejenak

Cara mendinginkan HP yang pertama yaitu, dengan mengistirahatkan HP sejenak. Ya, bagi kalian yang merasa HP kalian mudah panas, mungkin karena terlalu sering bermain HP dalam waktu yang lama. Bila kalian merasa HP sudah terasa panas, maka kalian bisa istirahatkan HP selama 30 menit ya KLovers.

Bila baterai HP bisa dilepaskan, maka kalian bisa melepaskan baterai tersebut. Selain itu, kalian juga bisa mendiamkan HP tersebut di tempat yang dingin. Misalnya saja, kalian letakkan di atas kaca, atau di letakkan di ruangan yang ada pendinginnya.

2. Gunakan Charger Original

Kalian harus pastikan bahwa, kalian menggunakan charger original ya KLovers. Hal ini karena, bila mengenakan charger biasa bisa membuat baterai HP mudah habis. Kalau sudah begini, maka HP kalian akan mudah panas.

Biasakan selalu menggunakan charger asli dan jika rusak, belilah charger asli yang baru. Untuk memastikan bahwa charger yang kalian gunakan asli dan memiliki aliran daya yang baik, kalian bisa pakai aplikasi Ampere.

3. Jangan Dekap HP dengan Sesuatu

Mendekap HP di tempat yang terlalu sempit, bisa membuat HP yang kalian gunakan panas loh KLovers. Ya, misalnya saja kalian meletakkan HP di kantong celana jeans. Tidak hanya itu saja, kalian meletakkan HP yang sedang di cas di atas kain yang tebal. Ini tentu akan membuat HP kalian mudah panas.

Bila ingin meletakkan HP, kalian pastikan HP tersebut berada di tempat yang tepat ya KLovers. Lalu bila kalian ingin cas HP, maka kalian bisa meletakkannya di atas meja atau apapun asal tidak di atas kain atau kasur tidur.

4. Cek Penggunaan WiFi

Cara mendinginkan HP yang selanjutnya yaitu dengan melihat penggunaan WiFi kalian. Ya, fitur ini memang menjadi salah satu fitur di HP yang sering dinyalakan. Tidak ada masalah bila kita menyalakan fitur WiFi, namun ternyata bila berlebihan juga bisa membuat HP kalian panas loh KLovers.

Hal ini karena secara tidak langsung, aplikasi background akan otomatis berjalan ketika smartphone terhubung dengan WiFi. Hal ini yang kemudian bisa bikin smartphone kalian panas.

Agar WiFi kalian tidak menyala terus-terusan, maka kalian bisa pakai aplikasi bernama Smart Wifi atau Wifi Sleeper. Aplikasi ini dapat menjadi solusi untuk kalian yang mencari cara mengatasi HP cepat panas yang ampuh.

5. Matikan Bluetooth dan GPS

Selain WiFi, ada pula Bluetooth dan GPS yang bisa membuat HP kalian panas loh KLovers. Banyak pengguna smartphone yang membiarkan bluetooth dan GPS tetap aktif menyala padahal sedang dalam posisi tidak digunakan dan dibutuhkan. Sehingga membuat baterai HP cepat habis dan membuat HP mudah panas.

Jika sudah begitu, masalah baterai cepat panas pun nggak bisa kamu hindari. Sehingga bagi KLovers yang masih terus mengaktifkan dua fitur ini, maka mulai sekarang untuk mematikannya ya bila tidak digunakan. Ini menjadi salah satu cara mendinginkan HP yang baik dan tepat.

6. Hapus File Sampah

Dan cara mendinginkan HP yang terakhir yaitu dengan menghapus file sampah. Segala file sampah, data cache, hingga cookies yang sudah sangat bertumpuk ternyata juga jadi salah satu penyebab HP dan baterai cepat panas. Tiga hal di atas akan menyebabkan dampak langsung pada CPU dan RAM yang ada di HP kalian dan nantinya akan memancing suhu smartphone jadi cepat panas.

Untuk itu, KLovers bisa rutin menghapus file, cache dan cookies yang sudah tidak diperlukan atau sudah bertumpuk banyak di HP kalian. Jika kalian merasa ribet untuk menghapus file sampah, maka bisa juga memakai aplikasi bernama Clean Master. Aplikasi ini bisa menjadi cara mengatasi HP cepat panas yang ampuh.

7. Penyebab HP Bisa Panas

Selain cara mendinginkan HP, kalian perlu tahu juga nih penyebab mengapa Hp kalian bisa panas. Ya, ada berbagai alasan mengapa HP kalian bisa terasa panas. Dan berikut ini beberapa faktor lain yang bisa membuat HP kalian terasa panas:

1. Bermain game terlalu lama

2. Melakukan streaming terlalu lama.

3. Tidak melakukan update pada aplikasi dan software HP kalian.

4. Pengaturan yang belum optimal.

5. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan bersamaan.

6. Kualitas baterai yang buruk

Itulah beberapa cara mendinginkan HP yang bisa kalian lakukan dengan baik dan juga tepat. Bukan hanya cara mendinginkan HP saja, kalian juga bisa mengetahui hal lain yang bisa menyebabkan HP kalian panas.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI