5 Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel dengan Mudah dan Praktis, Bisa Dilakukan di Saat Mendesak

Selasa, 21 Desember 2021 19:44 Penulis: Puput Saputro
5 Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel dengan Mudah dan Praktis, Bisa Dilakukan di Saat Mendesak
Ilustrasi (cerdit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Pulsa dan paket data atau kuota internet sudah jadi kebutuhan penting saat ini. Pasalnya, pulsa dan paket data bisa dipakai untuk berbagai keperluan mulai dari untuk menjalin komunikasi, mencari informasi, hingga mengakses hiburan. Tak heran, kehabisan pulsa dan paket data jadi hal yang menyebalkan. Maka dari itu, penting untuk tahu cara mengaktifkan paket darurat telkomsel, terutama untuk penggunanya.

Ya, khusus bagi pengguna telkomsel ternyata di saat-saat mendesak, kalian bisa mengaktifkan paket darurat. Dengan layanan ini, kalian bisa tetap menjalin komunikasi saat kalian sedang kehabisan pulsa atau kuota. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak orang tang tidak tahu cara mengaktifkan paket darurat telkomsel. Padahal, untuk melakukannya sebenarnya sangatlah mudah.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan paket darurat telkomsel. Dilansir dari situs resmi telkomsel.com, berikut cara mengaktifkan paket darurat telkomsel.

 

1. Syarat Mengaktifkan Paket Darurat

Paket darurat bisa dimanfaatkan oleh pengguna telkomsel di waktu-waktu mendesak. Meski demikian, ternyata tak setiap pengguna bisa mengakses layanan ini. Pasalnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengaktifkan paket darurat. Oleh karena itu, sebelum tahu cara mengaktifkan paket darurat, penting untuk tahu persyaratannya lebih dahulu.

Adapun syarat pengguna mengaktifkan paket darurat adalah sebagai berikut.

- Pengguna merupakan pemakai kartu telkomsel jenis prabayar.

- Nomor yang digunakan telah aktif setidaknya selama > 60 hari.

- Pengguna telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan penilaian, seperti pengisian pulsa, pemakaian pulsa bulanan, dan kriteria lain berdasarkan kebijakan Telkomsel.

- Pengguna tidak sedang memiliki tunggakan tagihan pembayaran paket darurat yang telah diakses sebelumnya.

 

2. Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel dengan Kode UMB

Salah satu cara mengaktifkan paket darurat yang paling umum ialah dengan mengakses kode UMB khusus. Adapun untuk paket darurat, kode UMB yang dipakai adalah *505#. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

- Pertama buka fitur panggilan telepon di hp kalian.

- Kemudian, ketik kode *505# lalu tekan call atau panggil.

- Jika sudah, apabila kalian memenuhi syarat maka akan muncul notifikasi berisi penawaran layanan Paket Darurat.

- Setelah itu, pilih opsi Aktifkan Paket Darurat.

- Selesai, kalian hanya perlu menunggu SMS notifikasi dari 5111 atau 5050, yang menjelaskan bahwa paket darurat akan segera diaktifkan.

 

 

3. Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel via SMS

Cara mengaktifkan paket darurat yang kedua bisa dilakukan melalui SMS. Untuk mengaktifkan paket darurat via SMS caranya tak kalah mudah dan praktis. Berikut adalah langkah-langkahnya.

- Untuk pelanggan yang memenuhi syarat, biasanya secara otomatis ketika kehabisan pulsa dan dan paket data, akan otomatis mendapatkan penawaran Paket Darurat melalui SMS yang dikirim dari 5111 atau 5050.

- Untuk mengaktifkannya, kalian hanya perlu membalas SMS sesuai dengan format yang diinformasikan.

- Setelah membalas, tinggal tunggu SMS balasan dari 5111 atau 5050 yang berisi notifikasi bahwa Paket Darurat telah diaktifkan.

 

 

4. Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel via Telepon

Selain lewat kode UMB dan SMS, pengguna kartu telkomsel juga bisa mengaktifkan paket darurat melalui panggilan telepon. Sama seperti via SMS, cara mengaktifkan paket darurat via telepon juga berlaku otomatis. Artinya, pengguna yang memenuhi syarat akan langsung menerima penawaran ketika kehabisan pulsa. Selanjutnya, pengguna bisa ikuti arahan yang disampaikan. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut ini.

- Saat pulsa kalian habis, kalian bisa mencoba melakukan panggilan telepon. Operator akan memberikan penawaran dan arahan untuk mengaktifkan paket darurat.

- Jika tertarik dan setuju, kalian bisa mengikuti arahan tersebut dengan menekan tombol 1.

- Setelah itu, kalian tinggal perlu menunggu SMS notifikasi dari 5111 atau 5050 yang menjelaskan bahwa Paket Darurat telah diaktifkan.

 

 

5. Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel Pakai Aplikasi

Sama seperti provider lainnya, telkomsel juga meluncurkan aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi. Dengan aplikasi bernama My Telkomsel, pengguna juga bisa melakukan cara mengaktifkan paket darurat telkomsel dengan mudah dan cepat. Berikut langkah-langkah mengaktifkan paket darurat telkomsel via aplikasi.

- Jika belum mempunyai aplikasi MyTelkomsel kalian bisa download kemudian instal terlebih dahulu. Kemudian login dengan nomor hp.

- Namun jika kalian sudah mempunyai aplikasi dan akun MyTelkomsel, kalian bisa langsung membukanya.

- Setelah masuk ke aplikasi MyTelkomsel, pilih menu "Belanja", lalu klik menu "Spesial Untuk Anda".

- Selanjutnya, pilih menu Promo Hanya Untukmu.

- Apabila memenuhi syarat, maka secara otomatis akan muncul penawaran Paket Darurat.

- Lakukan pengaktifan Paket Darurat, setelah itu tunggu SMS notifikasi dari 5111 atau 5050.

 

 

6. Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel lewat Facebook

Di samping keempat cara di atas, pengguna telkomsel juga bisa mengaktifkan paket darurat melalui media sosial facebook. Caranya tak kalah mudah dan praktis. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Pertama, buka aplikasi Facebook di hp kalian.

- Berikutnya, aktifkan Mode Gratis, kemudian klik opsi Buka Gratis yang ada di bagian pojok kanan.

- Setelah masuk dalam Mode Gratis, maka foto dan tautan tidak akan ditampilkan.

- Klik opsi Lihat Foto atau Gunakan Data untuk Melihat Foto.

- Apabila memenuhi syarat, maka akan muncul penawaran paket darurat. Kalian bisa langsung mengaktifkannya dengan mengikuti setiap instruksi yang diberikan.

Itulah di antaranya beberapa cara mengaktifkan paket darurat telkomsel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI