Cara Menentukan Arah Mancing Menurut Primbon Jawa, Bisa Datangkan Hasil Melimpah

Diterbitkan:

Cara Menentukan Arah Mancing Menurut Primbon Jawa, Bisa Datangkan Hasil Melimpah
Cara Menentukan Arah Mancing Menurut Primbon Jawa (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Memancing jadi salah satu hobi yang cukup populer. Di samping menjadi kegiatan rekreasi, memancing juga dapat menjadi mata pencarian bagi sebagian orang. Dalam budaya dan primbon Jawa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan pergi memancing, salah satunya adalah arah memancing. Arah memancing yang tepat diyakini bisa mempengaruhi keberuntungan pemancing.

Arah mancing yang dianggap tepat dalam primbon Jawa diyakini dapat membawa keberuntungan dan hasil tangkapan ikan yang melimpah. Pasalnya, pemilihan arah yang benar dipercaya dapat mempengaruhi energi alam dan daya tarik ikan di lokasi tersebut. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk memahami arah mancing menurut primbon terlebih jika kalian hobi memancing.

Penasaran, seperti apa penjelasan arah mancing menurut primbon Jawa? Untuk mengetahuinya langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Menentukan Arah Memancing Menurut Primbon

Penting untuk memperhatikan arah saat memancing, karena primbon Jawa percaya bahwa arah yang benar dan tepat dapat membawa keberuntungan. Untuk menentukan arah mancing juga dilakukan melalui sebuah metode hitungan.

Dilansir dari Youtube Jaya Wening, adapun dalam menentukan arah mancing, dilakukan melalui sebuah metode hitungan dengan menggunakan kombinasi neptu weton dan neptu hari yang dipilih untuk memancing.

Misalnya, jika Andi lahir pada hari Selasa Legi dan memutuskan untuk memancing pada hari Minggu Legi, maka jumlah neptu kedua hari tersebut dijumlahkan menjadi 18.

Hasil hitungan tersebut lantas dipakai sebagai referensi untuk dicocokkan dengan data grafik pada gambar. Berdasarkan grafik di atas, maka dapat diketahui bahwa arah naga pada hari Minggu Legi untuk Andi yang lahir Selasa Legi adalah arah Utara.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Hari Baik Memancing

Untuk mendapatkan tambahan keberuntungan lebih banyak dalam kegiatan memancing, ternyata arah mancing bukanlah jadi satu-satunya hal yang perlu diperhatikan. Menurut primbon Jawa, ada hari-hari khusus yang disebut Nogo Dino Mancing.

Bagi mereka yang percaya, diyakini bahwa Nogo Dino Mancing atau hari baik untuk memancing. Dalam menentukan hari baik mancing ditentukan berdasarkan sebuah metode hitungan sederhana yang bisa dipelajari.

Dilansir dari kanal YouTube Jaya Wening, proses menentukan hari baik mancing menggunakan rumus hitungan sederhana yang melibatkan neptu weton pemancing dan bilangan neptu pada hari yang direncanakan untuk pergi memancing. Hasil penjumlahan ini kemudian dicocokkan dengan lima siklus dalam primbon mancing.

Adapun kelima siklus tersebut adalah:

1. Siklus Mentek, menandakan hari yang sangat cocok untuk memancing dengan potensi ikan besar.

2. Siklus Rejek, menunjukkan kemungkinan mendapatkan ikan dalam jumlah besar, meskipun ukurannya kecil.

3. Siklus Joka, mengindikasikan bahwa meskipun jumlah ikan mungkin tidak banyak, tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Siklus Temil, menandakan hari kurang ideal untuk memancing, dengan umpan sulit diambil dan hasil tangkapan yang terbatas.

5. Siklus Nol, artinya sebaiknya hindari memancing karena bisa membawa kesialan.

Sebagai contoh, Beno yang lahir pada hari Selasa Legi dan berencana memancing pada Minggu Legi. Jumlahkan neptunya, seperti 8 + 10 = 10. Berdasarkan perhitungan, 18 berada pada siklus Joka, menandakan bahwa hari tersebut cukup baik untuk memancing, meski hasilnya tidak melimpah.

3. Hari Baik Beli Alat Pancing

Di samping Nogo Dino atau hari baik memancing, primbon Jawa juga mengungkap bahwa ada hari khusus yang cocok untuk membeli alat beli pancing. Membeli alat pancing di hari tersebut dipercaya bisa mendatangkan hasil yang melimpah saat memancing dengan menggunakan alat tersebut.

Dikutip dari saluran YouTube Jaya Wening, hari Selasa pada pasaran Kliwon disebut mempunyai wuku kurantil. Hari tersebutlah yang kemudian dianggap sebagai waktu terbaik untuk membuat, membeli, dan merangkai alat pancing atau joran.

Dipercayai bahwa pada hari tersebut terdapat keberuntungan terutama saat membeli alat pancing. Jika joran tersebut digunakan dengan benar, kemungkinan mendapatkan ikan besar menjadi lebih tinggi, sehingga hasil memancing akan memuaskan.

Itulah di antaranya sekilas ulasan terkait arah mancing menurut primbon Jawa beserta hari baik untuk memancing dan beli alat pancing, yang diyakini bisa menambah keberuntungan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan khususnya terkait budaya tradisi Jawa. Bebas untuk memilih percaya atau tidak percaya. Jadi diharapkan bisa menyikapinya secara bijaksana.

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP KAPANLAGI.COM BIAR NGGAK KETINGGALAN UPDATE DAN BERITA TERBARU SEPUTAR DUNIA HIBURAN TANAH AIR DAN JUGA LUAR NEGERI. KLIK DI SINI YA, KLOVERS!

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending