Cara Mengaktifkan Asisten Google dengan Mudah, Ketahui Kegunaannya Agar Lebih Maksimal dalam Pemakaian

Kamis, 30 September 2021 15:44
Cara Mengaktifkan Asisten Google dengan Mudah, Ketahui Kegunaannya Agar Lebih Maksimal dalam Pemakaian
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Google seringkali jadi andalan banyak orang untuk mencari tahu sesuatu. Hanya dengan mengetik kata kunci di kolom pencarian google, seseorang bisa menemukan jawaban dari apa yang dicari. Namun, kini mengakses google jadi lebih mudah dengan adanya google assistant atau asisten google. Sebab, kita bisa mengakses google tanpa harus mengetik. Sayangnya, masih banyak orang yang tak tahu cara mengaktifkan asisten google.

Kemunculan asisten google tak saja memudahkan pengguna. Secara tak langsung, fitur google ini juga akan menghemat waktu setiap orang dalam melakukan pekerjaan. Namun sepertinya, penggunaan asisten google saat ini memang belum maksimal. Pasalnya, fitur asisten google juga masih dirasa asing bagi sebagian orang. Selain itu, masih banyak orang yang memilih memakai cara lama dengan mengetik kata kunci di kolom pencarian.

Padahal untuk mengaktifkan dan menggunakan asisten google sangatlah mudah. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara mengaktifkan asisten google secara mudah dan praktis.

1. Mengenal Apa Itu Asisten Google

Sebelum mengetahui cara mengaktifkan asisten google, mungkin ada baiknya kalian mengenal dulu apa itu asisten google. Jadi, google asistant atau asisten google adalah salah satu fitur produk yang dikeluarkan Google untuk memudahkan penggunanya. Fitur ini pertama kali diluncurkan pada Mei 2016. Sesuai namanya, google assistant bekerja layaknya asisten virtual bagi pengguna smartphone.

Seperti yang disinggung di awal, fitur google assistant memungkinkan pengguna mengakses google tanpa harus membuka aplikasi atau browser, kemudian mengetik di kolom pencarian. Pengguna bisa mengaksesnya secara mudah, cukup dengan mengatakan kata kunci yang ingin dicari.

Pada awal kemunculannya, google assistant hanya bisa diakses dengan bahasa Inggris dan Jerman. Namun kini, google assistant bisa diakses dengan berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Sehingga, fitur tercanggih dari google ini bisa dimanfaatkan secara lebih luas.

2. Kegunaan Asisten Google

Google Assistant ternyata mempunyai beberapa kegunaan. Ya, fitur asisten google ternyata tak saja bisa digunakan untuk googling atau mencari informasi lewat kolom pencarian. Lebih dari itu, asisten google dirancang dengan beberapa fungsi kegunaan. Nah, sebelum mengetahui cara mengaktifkan asisten google, kalian juga perlu tahu apa saja kegunaannya, agar bisa memanfaatkannya secara maksimal

1) Membaca Berita

Salah satu kegunaan asisten google yaitu bisa membaca berita. Bahkan, asisten google bisa menganalisis berdasarkan topik yang disukai pengguna dan preferensi lainnya.


2) Menerjemahkan Kalimat

Selain membaca berita, asisten google juga bisa kalian pakai untuk menerjemahkan kalimat dengan cara kerja yang hampir sama seperti google translate. Bedanya, kalian bisa langsung menanyakan secara lisan misalnya, 'Apa bahasa Spanyol untuk Halo?'

3) Memutar Musik atau Video

Memutar musik atau video juga terasa lebih mudah dan praktis dengan bantuan asisten google. Pasalnya, asisten google terhubung langsung dengan pemutar musik dan video dari layanan milik Google, seperti Google Play Music dan YouTube.

4) Mencari File di Aplikasi

Satu lagi kegunaan asisten google yaitu bisa dipakai untuk mencari file di aplikasi. Sebagai contoh, kalian dapat memintanya membuka foto secara spesifik yang disimpan di Google Photos.

5) Melakukan Beragam Konversi

Saat bingung harus mengonversikan suatu hitungan, kalian bisa memanfaatkan asisten google untuk menemukan jawabannya. Asisten google bisa dipakai untuk mengonversikan berbagai hitungan, mulai dari ukuran panjang hingga mata uang.

3. Cara Mengaktifkan Asisten Google

Selama ini, setiap produk dan fitur yang dikeluarkan google selalu bisa diakses dengan mudah oleh penggunanya. Begitu pula dengan asisten google yang cara kerjanya sangat sederhana dan mudah dimengerti. Cara mengaktifkan asisten google bisa dilakukan hanya dengan beberapa langkah saja. Untuk lebih jelasnya, adapun langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

1) Menyetel perangkat mereka ke bahasa Indonesia.

2) Jangan lupa untuk memperbarui aplikasi Google ke versi terbaru melalui toko aplikasi Google Play atau App Store.

3) Kamu hanya perlu menekan dan tahan tombol Home atau ucapkan "Ok Google" di smartphone yang mendukung fitur ini.

4) Ucapkan perintah yang ingin dikerjakan oleh Google Assistant dalam bahasa Indonesia. Google Assistant pun akan menjawab perintah dengan bahasa Indonesia.

Itulah di antaranya cara mengaktifkan asisten google yang sebenarnya bisa sangat mudah dilakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI