Cara Mengaktifkan Whatsapp untuk Pengguna Baru, Ketahui Juga Langkah-Langkah Aktifkan Mode Bisnis

Senin, 06 Desember 2021 20:22 Penulis: Puput Saputro
Cara Mengaktifkan Whatsapp untuk Pengguna Baru, Ketahui Juga Langkah-Langkah Aktifkan Mode Bisnis
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Whatsapp sudah jadi salah satu media sosial yang paling populer. Tak saja dipakai untuk memposting status atau foto layaknya media sosial lainnya, kini whatsapp sudah dipakai untuk komunikasi sehari-hari. Mulai dari pesan singkat, panggilan telepon, hingga panggilan video semua dilakukan dengan whatsapp. Meski sudah begitu populer, faktanya masih banyak orang yang tidak tahu cara mengaktifkan whatsapp.

Tak bisa dipungkiri, whatsapp memang bisa dibilang media sosial yang lengkap. Selain untuk kebutuhan interaksi dan komunikasi, whatsapp juga bisa jadi media berekspresi. Belakangan, whatsapp juga mulai banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Maka dari itu, penting untuk tahu cara mengaktifkan whatsapp sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut berbagai cara mengaktifkan whatsapp sesuai kebutuhan.

1. Cara Mengaktifkan Whatsapp untuk Pengguna Baru

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kini whatsapp telah jadi kebutuhan. Disadari atau tidak, whatsapp telah menggantikan peran SMS dan juga telepon dewasa ini. Oleh karena itu, rasanya setiap hp baru wajib diinstal aplikasi whatsapp untuk memenuhi kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Nah untuk kalian yang masih terbilang pengguna baru, jangan khawatir cara instal atau mengaktifkan whatsapp tidaklah sulit. Berikut adalah cara mengaktifkan whatsapp untuk pengguna baru.

- Langkah pertama, sebelum mengaktifkan whatsapp tentu kalian harus men-download terlebih dahulu. Untuk pengguna android kalian bisa melakukan download via google playstore. Sementara, pengguna hp dengan sistem iOS kalian bisa download di app store.

- Setelah kalian berhasil melakukan download, langkah selanjutnya buka aplikasi whatsapp yang telah terinstal.

- Akan muncul sebuah tampilan notifikasi, kalian bisa langsung klik "setuju dan lanjutkan".

- Kalian akan diminta memasukkan nomor telepon yang teregistrasi dan aktif. Jika sudah, klik "lanjut".

- Whatsapp akan mengirimkan sms berisi nomor kode verifikasi ke nomor telepon yang telah kalian daftarkan sebelumnya.

- Masukkan kode verifikasi, kemudian klik "lanjut".

- Berikutnya, akan muncul berbagai notifikasi untuk mengkonfirmasi bahwa whatsapp akan terhubung dengan kontak, foto, media, dan file di hp kalian. Kalian bisa menyetujuinya, dengan klik "lanjut".

- Selanjutnya, kalian akan diminta untuk mengatur nama pengguna dan foto profil. Jika sudah, tinggal klik "lanjut" dan selesai. Kalian hanya pelu menunggu aplikasi whatsapp melakukan finalisasi. Setelah finalisasi selesai, akun whatsapp kalian akan mulai aktif dan bisa digunakan.

 

2. Cara Mengaktifkan Whatsapp Web

Selain lewat hp, kini whatsapp juga bisa diakses melalui browser di laptop atau pc. Whatsapp yang diakses via browser ini biasa disebut whatsapp web. Umumnya, whatsapp web banyak dipakai oleh pekerja. Sebab dengan akses whatsapp via pc, kinerja bisa lebih cepat dan efektif. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan whatsapp web?

Untuk mengaktifkan whatsapp web sebenarnya juga sangatlah mudah. Namun, untuk mengaksesnya kalian harus mempunyai aplikasi whatsapp yang terpasang dan aktif di hp. Jika sudah, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan whatsapp web, yaitu melalui browser dan desktop.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa ikuti cara mengaktifkan whatsapp web berikut ini.

1. Cara Mengaktifkan Whatsapp Web via Browser

- Buka browser di laptop atau pc kalian, lalu akses portal whatsapp web di situs web.whatsapp.com. Tunggu hingga, muncul tampilan awal whatsapp web dengan kode QR di layar laptop.

- Sembari menunggu buka aplikasi whatsapp di hp, kemudian klik bagian titik tiga di sebelah kanan.

- Klik opsi "Whatsapp Web" yang ada di settingan aplikasi WA di hp tersebut.

- Klik tombol "Link A Device" untuk mengaktifkan kamera untuk memindai barcode.

- Pindai atau scan kode QR yang muncul di laman whatsapp web.

- Setelah itu, secara otomatis whatsapp web yang ada di laptop atau pc akan langsung terhubung dengan aplikasi whatsapp di hp.

2. Cara Mengaktifkan Whatsapp Web via Desktop

- Sebelumnya, kalian bisa buka browser kemudian akses situs whatsapp.com/download untuk mengunduh aplikasi whatsapp.

- Setelah terunduh, kalian bisa langsung menginstalnya agar terpasang di desktop laptop atau pc.

- Jika sudah terpasang, kalian bisa langsung membuka aplikasi whatsapp di desktop tersebut.

- Sementara itu, buka juga aplikasi whatsapp di hp. Kemudian, klik bagian titik tiga di sebelah kanan.

- Klik opsi "Whatsapp Web" yang ada di settingan aplikasi WA di hp tersebut.

- Klik tombol "Link A Device" untuk mengaktifkan kamera untuk memindai barcode.

- Pindai atau scan kode QR yang muncul di layar laptop atau pc kalian.

- Setelah itu, secara otomatis whatsapp web yang ada di laptop atau pc akan langsung terhubung dengan aplikasi whatsapp di hp.

 

3. Cara Mengaktifkan Whatsapp Mode Bisnis

Whatsapp kini juga bisa diaktifkan ke dalam mode bisnis. Dengan whatsapp mode bisnis, pengguna bisa menjalin komunikasi dengan konsumen secara lebih masif dan efektif. Berikut cara mengaktifkan whatsapp mode bisnis.

- Download aplikasi whatsapp mode bisnis. Untuk pengguna android kalian bisa melakukan download via google playstore. Sementara, pengguna hp dengan sistem iOS kalian bisa download di app store.

- Setelah aplikasi terpasang, kalian bisa langsung buka dan baca notifikasi berisi ketentuan layanan. Jika sepakat, kalian bisa langsung klik "setuju".

- Berikutnya masukkan, nomor telepon atau kontak untuk kegiatan usaha. Jika sudah, klik "lanjut".

- Whatsapp akan mengirimkan kode verifikasi via sms ke nomor yang telah didaftarkan. Masukkan kode tersebut.

- Selanjutnya, whatsapp akan meminta izin untuk mengakses kontak di hp kalian. Klik, "lanjut".

- Berikutnya, buat akun dengan mengatur nama toko, kategori bisnis, profil, foto toko, jam kerja toko, email, dan website toko. Kemudian simpan semua informasi berkaitan dengan usaha kalian. Jika sudah, simpan dan selesai.

- Agar penggunaannya lebih maksimal, kalian juga bisa mengirimkan pesan ke pelanggan secara rutin dan berkala. Dengan begitu, peluang bisnis untuk berkembang kian besar.

Itulah di antaranya cara mengaktifkan whatsapp untuk pengguna baru dan untuk kebutuhan bisnis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI