7 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan dengan Mudah dan Praktis, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Rabu, 26 Januari 2022 15:44 Penulis: Puput Saputro
7 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan dengan Mudah dan Praktis, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan penting untuk diketahui. Pasalnya, hal ini biasanya cukup sering dialami oleh beberapa orang. Saat sim tidak ada layanan, hp tidak akan bisa digunakan untuk beberapa hal. Kalian tidak akan bisa melakukan panggilan telepon ataupun mengirimkan sms. Selain itu, sim yang tidak ada layanan juga tidak bisa digunakan untuk mengakses internet.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sim tidak ada layanan, misalnya gangguan dari operator atau kerusakan hp. Namun kalian tak perlu khawatir berlebih, sebab ada beberapa cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan yang bisa dicoba. Penasaran, bagaimana saja caranya?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang cara mengatasi sim tidak ada layanan dengan mudah dan praktis.

1. Hidupkan Mode Pesawat Beberapa Saat

Cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan yang pertama adalah dengan mengaktifkan mode pesawat. Ya, selama ini banyak orang menggunakan mode pesawat untuk menstabilkan jaringan atau sinyal. Ternyata, cara ini juga bisa dipakai untuk mengecek kondisi kartu sim apakah terdapat layanan atau sebaliknya.

Tak perlu lama-lama, kalian bisa mengaktifkan mode pesawat sekitar 5 menit. Cara ini terbilang efektif untuk mengatasi hilangnya layanan sim akibat ketidakstabilan jaringan atau sinyal.

2. Coba untuk Restart HP

Jika mengaktifkan mode pesawat tak juga berhasil memperbaiki sistem layanan sim card, kalian bisa coba cara yang kedua. Kalian bisa melakukan restart di hp kalian. Dengan restart, sistem di hp akan kembali mulai dari awal. Dengan begitu berbagai bentuk gangguan pada sistem dapat diabaikan, termasuk simcard yang tidak ada layanan.

Setiap jenis hp mempunyai cara berbeda-beda untuk melakukan restart. Namun umumnya, kalian bisa melakukan restart hanya dengan menekan tombol power dan menahannya beberapa saat. Lalu, tekan pilihan Restart.

3. Bongkar Pasang Kartu SIM

Untuk memastikan adanya gangguan pada sistem layanan simcard, kalian bisa coba bongkar pasang kartu sim di hp. Lepaskan kartu sim kemudian pasang kembali beberapa saat. Perhatikan, setelah dibongkar kemudian dipasang kembali apakah sim card jadi bisa mendapatkan layanan atau justru sebaliknya.

Untuk memastikan apakah gangguan terdapat pada hp atau simcard, kalian bisa coba memasang sim card lain pada hp tersebut. Jika sim card tersebut juga tidak mendapatkan layanan, bisa jadi gangguan sebenarnya terdapat pada hp kalian. Selain itu, kalian juga bisa coba pasang sim card yang tidak ada layanan ke hp lainnya untuk memastikan bahwa gangguan terdapat pada sim card.

4. Bersihkan Kartu SIM

Apabila ternyata gangguan terdapat pada sim card, maka ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan selanjutnya. Pertama, coba untuk bersihkan sim card. Ya, kotoran yang menempel pada sim card sangat mungkin menghalangi konektivitas antara sim card dan slot yang terdapat di hp. Sehingga, sim card tidak terbaca dan tidak mendapatkan layanan sebagaimana mestinya.

Selain itu, tak ada salahnya kalian juga bisa membersihkan memori yang terdapat di sim card. Sebab, tanpa disadari sms yang menumpuk juga mengganggu kinerja dari sim card.

5. Hubungi CS Provider

Namun jika cara sebelumnya masih belum berhasil, kalian bisa coba cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan yang keenam. Kalian bisa menghubungi customer service atau CS dari kartu provider yang dipakai. Kalian dapat menyampaikan keluhan pada CS.

Pihak kartu provider akan melakukan perbaikan jika memungkinkan. Namun jika tidak, ada kalian bisa meminta untuk menukar sim card tersebut dengan yang baru tanpa harus mengubah nomor hp.

6. Lakukan Factory Reset

Tetapi lain cerita jika gangguan ternyata terdapat di hp kalian. Jika hal ini yang terjadi, kalian bisa mencoba cara mengatasi sim card tidak ada layanan dengan melakukan reset factory. Ya, reset factory memang terbukti memperbaiki sistem hp dengan cara mengembalikannya ke settingan awal.

Dengan demikian, sangat dimungkinkan berbagai gangguan yang ada di hp dapat teratasi. Namun perlu diketahui, cara ini bisa berisiko menghilangkan sejumlah data yang ada di hp kalian. Jadi sebelum melakukannya, pastikan untuk mencadangkan atau mem-back up data-data penting dan berharga kalian.

7. Membawa ke Tempat Service

Selain melakukan reset factory, kalian juga bisa mengatasi sim card yang tidak terdapat layanan akibat gangguan hp dengan membawanya ke tempat service. Petugas tempat service yang ahli akan menemukan kesalahan atau gangguan yang terdapat di hp, lalu memperbaikinya. Untuk berjaga-jaga, sebelum membawa hp kalian ke tempat service, kalian juga perlu melakukan pencadangan data.

Itulah di antaranya beberapa cara mengatasi kartu sim tidak ada jaringan dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI