Apa Arti Penting Lingkungan Bagi Manusia, Beserta Pengertian dan Jenisnya dari Para Ahli

Selasa, 25 Januari 2022 17:44 Penulis: Dhia Amira
Apa Arti Penting Lingkungan Bagi Manusia, Beserta Pengertian dan Jenisnya dari Para Ahli
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Lingkungan menjadi sebuah tempat tinggal dan tempat hidup bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini, salah satunya manusia. Sehingga perlu bagi kita menjaga kelestarian lingkungan, karena lingkungan penting untuk manusia. Namun, apa arti penting lingkungan bagi manusia?

Bagi manusia, lingkungan memiliki arti yang penting karena memberikan kehidupan bagi makhluk hidup di bumi. Tidak hanya memberikan kebutuhan bagi manusia, lingkungan juga berperan penting bagi keberlangsungan hidup hewan dan tumbuhan. Semua berjalan dengan baik, bila lingkungan juga berjalan dengan baik.

Baik itu untuk kehidupan mencari makan untuk manusia dan makhluk hidup lainnya, ataupun baik untuk tempat tinggal sehat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Sehingga, kita perlu tahu apa arti penting lingkungan bagi manusia, agar kita bis lebih memahami lingkungan dan alam di bumi ini.

Bagi KLovers yang ingin mengetahui lebih dalam, apa arti penting lingkungan bagi manusia. Maka berikut ini penjelasan tentang, apa arti penting lingkungan bagi manusia beserta dengan pengertian lingkungan dari berbagai sumber. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Lingkungan

Pengertian lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan. Dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

Pengertian lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia. Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembapan, cahaya, bunyi.

Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikroorganisme (virus dan bakteri). Nah, selain pengertian lingkungan secara umum, ada pula pengertian lingkungan dari para ahli. Dan berikut ini beberapa ahli tersebut:

1. Sambah Wirakusumah

Pengertian lingkungan adalah semua aspek kondisi eksternal biologis, di mana organisme hidup dan ilmu-ilmu lingkungan menjadi studi aspek lingkungan organisme itu.

2. Darsono (1995)

Pengertian lingkungan menurut Darsono bahwa semua benda dan kondisi, termasuk manusia dan kegiatan mereka, yang terkandung dalam ruang di mana manusia dan mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia dan badan-badan hidup lainnya.

3. S. J. McNaughton dan Larry L. Wolf

Definisi lingkungan hidup merupakan semua faktor eksternal yang bersifat biologis dan fisika yang langsung mempengaruhi kehidupan, pertumbuhan, perkembangan serta reproduksi organisme.

4. Emil Salim

Pengertian lingkungan diartikan sebagai benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruang yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia.

5. Munadjat Danusaputro

Pengertian lingkungan adalah semua benda dan daya serta kondisi, termasuk di dalamnya manusia dan tingkah perbuatannya, terdapat dalam ruang di mana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidupnya serta kesejahteraan manusia.

6. Otto Soemarwoto

Pengertian lingkungan ialah ruang yang ditempati suatu makhluk hidup bersama dengan benda hidup dan tak hidup di dalamnya tumbuhan, hewan, manusia dan jasad renik menempati ruang tertentu.

7. Sri Hayati

Sri Hayati mengemukakan pendapat bahwa pengertian lingkungan sebagai satu kesatuan ruang dengan semua benda juga keadaan makhluk hidup. Yang termasuk di dalamnya adalah manusia dan perilakunya yang melangsungkan kehidupan dan kesejahteraan manusia juga makhluk-makhluk hidup lainnya.

8. Michael Allaby

Arti lingkungan hidup menurut Michael Allaby diartikan sebagai lingkungan fisik, kimiawi, dan biotis yang mengelilingi kehidupan organisme.

9. Bintarto

Definisi lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, baik berupa benda ataupun non-benda yang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi sikap dan tindakan kita.

10. Jonny Purba

Pengertian lingkungan hidup adalah wilayah yang merupakan tempat berlangsungnya bermacam-macam interaksi sosial antara berbagai kelompok beserta pranatanya dengan simbol dan nilai.

2. Apa Arti Penting Lingkungan Bagi Manusia

Setelah mengetahui bagaimana arti lingkungan, kalian bisa mengetahui apa arti penting lingkungan bagi manusia. Ya, apa arti penting lingkungan bagi manusia itu? Tentunya lingkungan sangat penting bagi manusia. Dan ada 3 apa arti penting lingkungan bagi manusia tersebut. Dan berikut apa arti penting lingkungan bagi manusia yang bisa KLovers ketahui dan pahami:

1. Sebagai Tempat Keberlangsungan Hidup

Lingkungan merupakan tempat berlangsungnya kehidupan makhluk hidup. Lingkungan sangat penting bagi manusia, hal ini karena dari faktor lingkungan, maka kepribadian seseorang juga dapat terbentuk. Lingkungan juga dapat memberikan ketersediaan bahan pangan, sandang, dan papan.

Di dalam lingkungan juga terdapat berbagai siklus seperti udara, air, dan energi. Dan semua siklus itulah yang membantu dalam membentuk keberlangsungan hidup seluruh makhluk di bumi, termasuk manusia. Sehingga penting untuk menjaga sebuah lingkungan untuk terus berjalan dengan baik dan semestinya.

Lingkungan juga mempunyai arti yang penting dalam hidup, selain digunakan untuk tempat tinggal dan mencari makan, lingkungan juga sebagai tempat untuk mahluk untuk saling berinteraksi dan bersosialisasi. Karena, makhluk hidup atau manusia tidak bisa hidup secara individual saja.

2. Sebagai Tempat Tinggal (Habitat)

Lingkungan merupakan tempat tinggal setiap makhluk hidup dari tingkat rendah hingga tinggi. Oleh karena itu, lingkungan hidup yang nyaman dan aman menjadi tempat tinggal yang diperlukan oleh makhluk hidup.

Karena dengan begitu, manusia atau hewan bisa saling berinteraksi satu sama lainnya. Kemudian, mereka pun bisa saling berkembang biak untuk meneruskan keturunannya dan memulai kehidupan yang baru lagi.

3. Sebagai Tempat Mencari Makan (Niche)

Lingkungan juga merupakan wadah bagi makhluk hidup untuk mencari makanan agar bisa bertahan hidup. Untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, makhluk hidup saling berinteraksi satu sama lainnya dan mulai membentuk rantai makanan.

Salah satu contoh rantai makanan yang dimaksud, yakni padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, dan ular dimakan elang. Apabila ada rantai makanan yang terputus, hal ini akan berpengaruh pada makhluk hidup lainnya.

Singkatnya, apabila produsen (padi) mengalami kepunahan, hewan pemakan rumput seperti tikus akan punah karena tidak mendapatkan makanan. Jika tikus punah, hal ini juga akan berakibat pada ular dan juga elang.

3. Macam-Macam Lingkungan

Dan setelah KLovers memahami apa arti penting lingkungan bagi manusia, maka KLovers juga perlu mengetahui macam-macam dari sebuah lingkungan. Sehingga KLovers bisa membedakan lingkungan yang ada di bumi ini. Dan berikut ini beberapa macam lingkungan menurut L.L. Bernard yang dapat digolongkan menjadi empat bagian besar yaitu sebagai berikut:

1. Lingkungan fisik atau anorganik, yaitu lingkungan yang terdiri dari gaya kosmik dan fisiogeografis seperti tanah, udara, laut, radiasi, gaya tarik, ombak, dan sebagainya.

2. Lingkungan biologi atau organik, segala sesuatu yang bersifat biotis berupa mikroorganisme, parasit, hewan, tumbuhan, termasuk juga di sini lingkungan prenatal, dan proses-proses biologi seperti reproduksi, pertumbuhan, dan sebagainya.

3. Lingkungan sosial, dibagi dalam tiga bagian, yaitu:

- Lingkungan fisiososial yaitu meliputi kebudayaan materiil (alat), seperti peralatan senjata, mesin, gedung, dan lain-lain.

- Lingkungan biososial, yaitu manusia dan interaksinya terhadap sesamanya dan tumbuhan beserta hewan domestic dan semua bahan yang digunakan manusia yang berasal dari sumber organik, dan

- Lingkungan psikososial, yaitu yang berhubungan dengan tabiat batin manusia seperti sikap, pandangan, keinginan, dan keyakinan. Hal ini terlihat melalui kebiasaan, agama, ideologi, bahasa, dan lain-lain.

4. Lingkungan komposit, yaitu lingkungan yang diatur secara institusional, berupa lembaga-lembaga masyarakat, baik yang terdapat di daerah kota atau desa.

Itulah yang bisa KLovers ketahui tentang apa arti penting lingkungan bagi manusia. Bukan hanya tentang apa arti penting lingkungan bagi manusia saja, namun pengertian lingkungan dari berbagai ahli dan macam jenis lingkungannya.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI