Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo Seperti Semula, Mudah Tanpa Aplikasi

Rabu, 26 Januari 2022 14:11
Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo Seperti Semula, Mudah Tanpa Aplikasi
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Fungsi keyboard pada HP dan laptop memang sangat penting. Sebab, hampir semua aktivitas digital dilakukan menggunakan teks yang dibuat dengan keyboard. Lalu bagaimana cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula?

Bagi sebagai pengguna HP mungkin pernah mengalami masalah pada keyboard ponsel mereka. Seperti keyboard tidak berfungsi, keyboard tiba-tiba berhenti, keyboard hilang dan sebagainya.

Di antara masalah yang muncul pada keyboard ini memang terkadang menghambat aktivitas digital serta setting. Namun tenang, kini sudah banyak cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula.

Cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula bisa jadi alternatif sebelum kalian memutuskan menggunakan jasa service. Karena itulah di bawah ini ulasan tentang cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula dengan mudah tanpa aplikasi tambahan.

1. Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo Seperti Semula

Keyboard adalah papan di perangkat digital seperti PC, laptop, dan HP berisikan huruf, angka, dan simbol. Adanya keyboard pada perangkat digital inilah menjadi salah satu fitur untuk membuat teks. Selain itu keyboard memiliki fungsi layaknya mesin ketik. Keyboard pada HP sudah berkembang cukup pesan hingga kini punya jenis mirip layaknya laptop dan komputer. Ya, pada HP zaman sekarang kebanyakan menggunakan keyboard dengan huruf Qwerty.

Apalagi, pengguna bisa memodifikasi huruf keyboard di HP dengan begitu mudah. Hanya saja terkadang beberapa pengguna merasa bingung mengembalikan keyboard HP ke semula. Salah satunya bagi user HP Oppo yang perlu tahu bagaimana cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula.

Karena itulah buat kalian pengguna HP Oppo perlu tahu bagaimana langkah cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula sebagai berikut. Yuk langsung saja simak ulasannya tentang cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula.

- Masuk menu Pengaturan di HP.

- Selanjutnya buka Setelan Tambahan.

- Pilih Bahasa dan Masukkan.

- Klik opsi Keyboard Default.

- Kalian dapat memilih opsi untuk memakai keyboard bawaan HP Oppo.

- Setelah itu cobalah lihat apakah kalian sudah berhasil mengubah keyboard HP Oppo ke pengaturan semula.

- Selesai.

Itulah cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula yang perlu diketahui. Sehingga memudahkan kalian untuk memulihkan tampilan keyboard ke aslinya.

2. Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo Seperti Semula Karena Error

Ada beberapa alasan mengapa pengguna HP Oppo mencoba mencari cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula. Salah satunya karena keyboard yang error atau bermasalah. Buat kalian yang tengah mengalami hal sama, berikut ini ada cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula yang terjadi karena error. Yuk simak panduannya KLovers.

- Cek keyboard HP Oppo kalian apakah menggunakan pengaturan bawaan ponsel ataupun tidak dengan cara membuka menu Pengaturan lalu pilih Keyboard & Metode Input.

- Apabila keyboard HP Oppo bermasalah kalian bisa memperbarui Gboard melalui Play Store. Di mana kalian dapat menggunakan keyboard pengganti untuk mengatasi masalah yang terjadi.

- Apabila masalah yang terjadi pada keyboard HP Oppo disebabkan karena Gboard yang sudah lawas, cobalah update atau justru pasang ulang kembali.

- Menghapus file data dan cache yang tersimpan di HP untuk memperbaiki masalah pada Gboard. Langkahnya kalian bisa masuk ke Manajemen Aplikasi lalu memiliki aplikasi Gboard. Nantinya kalian dapat menghapus data dan cache.

- Cara memperbaiki keyboard HP Oppo seperti semula berikutnya adalah dengan memaksa berhenti aplikasi Gboard. Kalian dapat mengaturnya dengan masuk ke Manajemen Aplikasi via menu Pengaturan. Nantinya akan ada opsi untuk memilih Paksa Berhenti aplikasi. Setelah berhenti, cobalah untuk restart HP.

- Melakukan restart HP dengan mode Recovery.

- Apabila masalah tetap terjadi, cobalah untuk memperbarui perangkat lunak yang terpasang.

- Langkah terakhir adalah melakukan reset HP ke pengaturan pabrik.

Itulah beberapa panduan cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula karena error. Sehingga dapat memudahkan kalian untuk memulihkan tampilan keyboard secara mudah.

3. Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo Seperti Semula Via Pengaturan

Meskipun sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya terkait cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula melalui menu Pengaturan, ada lagi panduan langkah untuk memulihkan keyboard lewat menu Setelan. Adapun langkah cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula melalui menu Pengaturan dapat kalian simak sebagai berikut.

Cara Mengembalikan Keyboard HP Oppo Seperti Semula Karena Hilang

- Masuk menu Pengaturan di HP.

- Selanjutnya klik Kelola Aplikasi.

- Klik Semua untuk melihat aplikasi Keyboard di HP.

- Setelah itu klik Keyboard.

- Lalu klik opsi Pindah Ke Sistem.

- Selanjutnya, kalian bisa cek apakah keyboard sudah kembali seperti semula.

- Selesai.

Itulah langkah cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula melalui menu Pengaturan. Mudah banget bukan?

4. Cara Mengembalikan Keyboard Acak HP Oppo Seperti Semula Secara Langsung

Selain menu Pengaturan, kalian juga dapat mengembalikan tampilan keyboard HP Oppo seperti semula secara langsung. Artinya, kalian dapat langsung menggunakan tampilan keyboard di layar untuk mengubah pengaturannya. Biasanya ini terjadi saat tampilan keyboard itu acak ataupun tidak penuh. Nah, berikut ini langkah cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula secara langsung.

- Masuk ke menu pesan di HP Oppo. Kalian dapat memilih aplikasi Whatsapp, pesan, note, dan lainnya untuk mengubah pengaturan keyboard secara langsung.

- Selanjutnya klik pada kolom teks untuk menampilkan keyboard HP kalian.

- Klik ikon pada pojok kiri atas keyboard.

- Klik Bahasa.

- Klik Penuh.

- Jika berhasil, maka tampilan keyboard akan normal kembali.

-Selesai.

5. Penyebab Keyboard di HP Bermasalah

Setelah tahu beberapa penjelasan mengenai cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula, pahami juga apa saja penyebab keyboard di HP bermasalah. Karena itulah berikut ini ulasan mengenai penyebab keyboard di HP bermasalah.

- Perangkat lunak di HP yang sudah lawas sehingga perlu diperbarui.

Aplikasi yang error sehingga menyebabkan keyboard tidak berfungsi optimal.

- Keyboard tidak dapat berfungsi dan tiba-tiba berhenti.

- Input pada keyboard tidak tepat.

Itu adalah beberapa penyebab keyboard di HP terkadang bermasalah. Meski begitu ada juga penyebab lainnya yang mungkin dialami oleh pengguna. Penjelasan mengenai bagaimana cara mengembalikan keyboard HP Oppo seperti semula di atas semoga bisa membantu kalian memulihkan tampilan keyboard ke semula.

Sumber: support.oppo.com, dyp.im dan sumber lainnya

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI