Cara Menghapus Akun FB di HP Android Lengkap, Sekaligus Cara Menonaktifkannya

Selasa, 18 Juni 2019 15:19 Penulis: Editor KapanLagi.com
Cara Menghapus Akun FB di HP Android Lengkap, Sekaligus Cara Menonaktifkannya
ilustrasi Facebook (credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Saat ini, adanya media sosial sangat memudahkan kita untuk dapat berhubungan dengan banyak orang. Salah satu media sosial terbesar dan cukup populer hingga saat ini yakni Facebook. Pasti kita sudah sangat mengenal baik media sosial yang satu ini atau bisa jadi menjadi salah satu penggunanya. Bagi pengguna media sosial, memiliki akun adalah hal yang sangat penting karena tanpa akun, tidak mungkin kita menggunakan media sosial tersebut, dan tentunya Facebook juga seperti itu.

Dalam menggunakan media sosial bahkan Facebook, ada saja kalanya kita ingin benar-benar lepas dan tidak ingin lagi menggunakannya, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menghapus akun kita. Nah, jika kamu pengguna facebook dan ingin menghapus akun facebookmu, caranya enggak terlalu ribet kok. Terlebih, kamu bisa menghapusnya melalui HP androidmu. Praktis banget, kan? Untuk mengetahui bagaimana caranya, kamu bisa ikuti cara menghapus akun FB di HP Android berikut ini ya.

Cara Menghapus Akun Facebook Permanen

ilustrasi facebook (credit: shutterstock)ilustrasi facebook (credit: shutterstock)

Jika kamu benar-benar ingin menghapus akun facebookmu secara permanen, kamu bisa menghapusnya melalui 2 cara yakni dengan melalui aplikasi dan juga browser pada handphone kamu. 

1. Melalui Aplikasi

Cara pertama seperti yang telah disebutkan sebelumnya yakni melalui aplikasi. Jika belum punya, kamu bisa mendownloadnya terlebih dulu ya di playstore. Nah, setelah aplikasi Facebook terpasang di handphone kamu, begini langkah selanjutnya,

  1. Buka aplikasi facebook di hp kamu
  2. Lalu, pilih ikon bergaris tiga di sebelah kanan atas
  3. Kemudian, pilih 'Pengaturan & Privasi'
  4. Setelah itu, pilih opsi pertama yakni 'Pengaturan'
  5. Selanjutnya, pilih 'Kepemilikan dan Kontrol Akun'
  6. Lanjutkan dengan pilih 'Penonaktifan dan Penghapusan'
  7. Nantinya, kamu akan diberi 2 opsi yakni 'Nonaktifkan akun' dan 'Hapus akun', pilih opsi kedua yakni 'Hapus Akun'
  8. Kemudian pilih 'Lanjutkan ke Penghapusan Akun'
  9. Setelah kamu masuk, sebelum benar-benar menghapus akun, kamu akan diberi beberapa pilihan. Jika kamu ingin mengunduh foto-foto dan hal lainnya di akun Facebookmu, kamu bisa pilih 'unduh info' pada kolom 'Unduh Informasi Anda'. Jika tidak, kamu bisa mengabaikannya
  10. Lalu, pilih 'hapus akun' dan masukkan kata sandimu
  11. Pilih 'lanjutkan'
  12. Terakhir, pilih 'Hapus Akun'
  13. Selesai! Sekarang, akun facebookmu sudah terhapus

2. Melalui Browser

Jika cara sebelumnya kamu harus memiliki aplikasi Facebook di handphonemu terlebih dulu, kali ini kamu bisa juga kok tidak mendownloadnya dan menghapus akun Facebookmu melalui browser. Sebenarnya, caranya tak jauh beda. Nah, untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah di bawah ini ya,

  1. Buka aplikasi facebook di browser favoritmu
  2. Kemudian, pilih 'Pengaturan'
  3. Selanjutnya, pilih 'Kepemilikan dan Kontrol Akun'
  4. Lanjutkan dengan pilih 'Penonaktifan dan Penghapusan'
  5. Nantinya, kamu akan diberi 2 opsi yakni 'Nonaktifkan akun' dan 'Hapus akun', pilih opsi kedua yakni 'Hapus Akun'
  6. Kemudian pilih 'Lanjutkan ke Penghapusan Akun'
  7. Setelah kamu masuk, sebelum benar-benar menghapus akun, kamu akan diberi beberapa pilihan. Jika kamu ingin mengunduh foto-foto dan hal lainnya di akun Facebookmu, kamu bisa pilih 'unduh info' pada kolom 'Unduh Informasi Anda'. Jika tidak, kamu bisa mengabaikannya
  8. Lalu, pilih 'hapus akun' dan masukkan kata sandimu
  9. Pilih 'lanjutkan'
  10. Terakhir, pilih 'Hapus Akun'
  11. Selesai dan sekarang, akun facebookmu sudah terhapus

Cara Menonaktifkan Akun Facebook Sementara

Kalau kamu hanya ingin 'libur' sebentar dari ramainya Facebook, daripada menghapus akun Facebookmu secara permanen dan benar-benar tidak bisa menggunakannya lagi, kamu bisa lho memilih menonaktifkan akunmu saja. Di bawah ini cara menonaktifkan akun Facebook jika kamu menggunakan aplikasi,

  1. Buka aplikasi facebook di hp kamu
  2. Lalu, pilih ikon bergaris tiga di sebelah kanan atas
  3. Kemudian, pilih 'Pengaturan & Privasi'
  4. Setelah itu, pilih opsi pertama yakni 'Pengaturan'
  5. Selanjutnya, pilih 'Kepemilikan dan Kontrol Akun'
  6. Lanjutkan dengan pilih 'Penonaktifan dan Penghapusan'
  7. Nantinya, kamu akan diberi 2 opsi yakni 'Nonaktifkan akun' dan 'Hapus akun', pilih opsi pertama yakni 'Nonaktifkan Akun'.
  8. Kemudian pilih 'Lanjutkan ke Penonaktifan Akun'
  9. Nantinya, kamu akan diberi berbagai pilihan alasan mengapa menutup akun Facebook dan pilih salah satu. Dalam setiap pilihan, kamu akan diberikan solusi terkait pilihan yang kamu pilih. Abaikan saja dengan klik tanda silang di bagian pojok kanan pop up.
  10. Kemudian, centang pada kotak 'Tetap Gunakan Messenger' dan 'Memilih menolak menerima notifikasi mendatang dari Facebook' Jika kamu ingin benar-benar meninggalkan akun Facebook. Tapi, jika kamu masih ingin menggunakan Messenger, kamu tidak perlu mencentangnya. Juga berlaku pada pilihan menerima notifikasi dari Facebook.
  11. Terakhir, pilih 'tutup'
  12. Selesai! Kini, akun facebookmu sudah tidak aktif lagi sementara.

Untuk menonaktifkan akun Facebook sementara melalui browser, caranya kurang lebih sama ya dengan melalui aplikasi di atas. Perbedaannya, hanya terletak pada bagaimana cara masuk ke dalam menu 'Pengaturan'.

Cara Mengaktifkan Akun Facebook Setelah Dinonaktifkan Sementara

Sebelumnya, kita sudah mengetahui bagaimana cara menonaktifkan akun Facebook secara sementara. Nah, jika suatu saat kamu masih ingin mengembalikan dan menggunakan akun Facebookmu lagi, tenang saja, hal itu masih bisa kok selama kamu hanya menonaktifkannya saja. Kamu bisa mengaktifkan akun Facebookmu lagi hanya dengan cara memasukkan email dan kata sandi yang kamu gunakan pada akun tersebut persis seperti pada saat kamu login. Mudah banget kan, caranya?

Jadi, seperti itulah cara menghapus akun FB di HP Android dengan lengkap dan jelas. Jika kamu masih ragu untuk menghapus akunmu, menonaktifkan akun bisa menjadi solusi yang tepat buatmu. Bagaimana? Apa kamu masih ingin menonaktifkan akun Facebook mu sekarang? Semoga membantu, ya.

Penulis: Devi Puspita

 

 

(kpl/mag/dev)



MORE STORIES




REKOMENDASI