Cara Swipe Up IG dan Link Sticker di Story untuk Memaksimalkan Halaman Bisnis

Selasa, 07 Desember 2021 15:33
Cara Swipe Up IG dan Link Sticker di Story untuk Memaksimalkan Halaman Bisnis
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Sebagai salah satu media sosial paling populer, Instagram terus melakukan inovasi demi menciptakan kemudahan bagi para pengguna. Salah satunya adalah fitur swipe up yang terletak di IG Story. Meski sudah ada sejak lama, masih banyak orang yang belum tahu cara swipe up IG.

Padahal, cara swipe up IG merupakan hal yang penting bagi pengguna, terutama yang ingin mempromosikan halaman web bisnis. Pasalnya, feeds Instagram memang tak memungkinkan para penggunanya untuk menaruh link. Dengan fitur swipe up, para followers bisa langsung mengakses link yang kalian bagikan.

Sayangnya, fitur ini sudah dihapus tahun ini. Mempelajari cara swipe up IG sudah tak lagi relevan. Namun, kini ada fitur baru bernama link sticker. Fitur ini bisa dikatakan sebagai pengganti fitur yang dihapus sebelumnya.

Cara ini pun terhitung lebih praktis dan tak banyak memerlukan banyak syarat untuk dipenuhi. Nah, agar kalian bisa membandingkan keduanya, langsung saja simak penjelasan mengenai fitur swipe up dan link stiker Instagram berikut ini.

 

1. Syarat dan Cara Swipe Up IG

Dahulu, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi akun tertentu agar bisa menggunakan fitur swipe up. Jadi, sebelum masuk ke penjelasan tentang tata cara swipe up IG, kalian pun perlu mengetahui persyaratan berikut ini.

1. Pengguna Instagram harus terdaftar sebagai Business Profile atau Profil Bisnis.

2. Memiliki 10.000 followers.

3. Bagi pengguna akun Instagram biasa harus sudah terverifikasi (centang biru).

Syarat Swipe Up IG

- Buka aplikasi Instagram lalu pilih fitur stories yang ada di sisi kiri atas layar platform.

- Setelah klik fitur stories, ambil foto atau video sesuai keinginan.

- Untuk menambahkan link url, klik ikon link (bergambar mirip rantai) yang berada di bagian atas story.

- Setelahnya, klik "Tambahkan Tautan" untuk menambahkan link atau tautan halaman dan masukkan URL yang dinginkan.

- Supaya lebih menarik tambahkan konten lain sebelum dipublish seperti teks, stiker, atau filter. Teks yang menarik dan umum digunakan di antaranya: "Geser ke atas", "Swipe Up", atau "Geser untuk melihat selengkapnya".

- Setelah selesai, tinggal publish Insta-Stories dengan cara "kirim ke" atau langsung pilih "Cerita Anda" yang berada di bagian bawah platform.

 

2. Fitur Swipe Up IG Dihapus

Perlu kalian ketahui bahwa fitur swipe up Instagram sudah dihapus sejak Agustus 2021 yang lalu. Praktis, cara swipe up IG yang dijelaskan di atas pun sudah tak berlaku lagi.

Meski begitu, kalian masih tetap bisa mengarahkan followers ke halaman website. Kalian bisa menggunakan fitur baru bernama link sticker. Fitur ini memungkinkan bagi setiap pengguna untuk mencantumkan link bisnis. Bahkan, fitur ini juga punya beberapa keunggulan, antara lain:

- Link sticker lebih akrab bagi kalangan pengguna karena sering ditemukan di media sosial lain.

- Stiker memungkinkan kontrol yang lebih kreatif atas tampilan Story daripada swipe up.

- Stiker memungkinkan pengguna lain untuk terlibat lebih jauh dengan Story karena bisa meninggalkan reply atau reaction.

 

3. Cara Menggunakan Link Sticker IG Story

Karena tata cara swipe up IG tak lagi relevan, kalian perlu mempelajari cara lain untuk mempromosikan halaman bisnis. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, masih ada fitur lain yang bisa kalian manfaatkan. Apalagi, daripada swipe up, penyematan link pun dianggap lebih akrab bagi para pengguna di media sosial. Kalian bisa memanfaatkan fitur link sticker dengan menempuh langkah-langkah berikut ini.

- Pastikan aplikasi Instagram kalian sudah diperbarui.

- Selanjutnya, buka aplikasi Instagram dan pilih fitur Stories seperti biasa dengan cara menggeser layar ke kanan atau klik gambar profile di pojok kiri atas.

- Siapkan foto atau video yang akan diunggah di Instagram Stories di galeri.

- Kalian juga bisa mengambil foto/video secara langsung dengan fitur kamera di aplikasi Instagram.

- Setelah menentukan foto, klik ikon stiker (kotak tersenyum) pada bagian atas.

- Lanjut, scroll layar untuk menemukan opsi "Link".

- Selanjutnya, masukkan link atau tautan website yang kalian kehendaki di kolom "URL" yang tersedia.

- Kalian juga bisa melihat preview link yang sudah kalian cantumkan tadi.

- Jika semua tahapan selesai, kalian bisa langsung klik tombol "Done" yang berada di pojok kanan atas.

- Sebelum diunggah, stiker link bisa diatur posisinya maupun ukurannya (resize) sesuai dengan keinginan kalian.

- Setelah mengatur posisi dan ukuran stiker, kalian tinggal klik "Send To" untuk mengunggah foto tersebut ke Instagram Stories.

Nantinya, Instagram Stories kalian akan tampil dengan stiker link yang sudah dibuat tadi.

Nah, KLovers, itulah penjelasan tentang tata cara swipe up IG dan menggunakan link sticker yang bisa memaksimalkan interaksi followers dengan bisnis kalian. Bahkan, fitur baru link sticker pun punya beberapa keunggulan yang bisa menguntungkan.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI