Cara Transfer Pulsa Indosat ke Indosat, Ketahui Syarat dan Ketentuannya Agar Tidak Gagal

Jum'at, 05 November 2021 13:11 Penulis: Puput Saputro
Cara Transfer Pulsa Indosat ke Indosat, Ketahui Syarat dan Ketentuannya Agar Tidak Gagal
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Pulsa kini sudah jadi kebutuhan penting sehari-hari. Pasalnya, agar bisa melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS seseorang harus mempunyai pulsa. Sayangnya, pulsa mirip dengan uang yang bisa cepat habis jika terus digunakan. Sementara, harga beli pulsa terbilang mahal. Tapi jangan khawatir, selain dengan membeli, ada cara transfer pulsa Indosat ke Indosat yang bisa kalian coba.

Ya, transfer pulsa ke sesama Indosat menjadi salah satu layanan yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Layanan ini tentu akan sangat bermanfaat di situasi mendesak. Sebab, kehabisan pulsa tak ubahnya musibah bisa terjadi kapan saja, termasuk di tanggal tua saat dompet sedang tipis-tipisnya. Di saat sulit seperti ini, meminta bantuan berupa transferan pulsa tentu akan sangat membantu.

Layanan transfer pulsa ke sesama Indosat juga bisa jadi satu cara kalian untuk berbagi dengan keluarga, pacar, atau sahabat. Ada beberapa cara transfer pulsa Indosat ke Indosat yang bisa dilakukan. Dirangkum dari berbagai sumber, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa Indosat

Layanan transfer pulsa ke sesama Indosat sudah tersedia cukup lama. Dengan layanan ini, pengguna kartu Indosat bisa berbagi pulsa dengan pengguna lainnya. Meski begitu, faktanya tak semua pengguna kartu Indosat bisa mengakses layanan transfer pulsa ini. Pasalnya, ada sejumlah syarat dan ketentuan dalam layanan transfer pulsa Indosat ke Indosat.

Oleh karena itu sebelum tahu cara transfer pulsa Indosat ke Indosat, ada baiknya ketahui lebih dahulu syarat dan ketentuan tersebut. Berikut beberapa syarat dan ketentuan transfer pulsa Indosat.

- Sebelum melakukan transaksi transfer pulsa, pastikan sisa saldo pengirim sebesar Rp 5.000 setelah transaksi kirim pulsa.

- Pengirim dan penerima harus berada di masa aktif.

- Pulsa yang ditransfer akan dialokasikan ke pulsa utama.

- Biaya untuk transfer pulsa Indosat sebesar Rp 600 per transaksi.

- Penerima transfer pulsa akan mendapatkan perpanjangan masa tenggang kurang lebih selama 3 hari.

- Pertambahan masa aktif diambil dari masa aktif terpanjang dengan maksimal 45 hari penambahan masa aktif.

- Pertambahan masa aktif tidak berpengaruh pada masa aktif pengirim.

2. Cara Transfer Pulsa Indosat ke Indosat dengan Kode USSD

Untuk melakukan transfer pulsa Indosat ke Indosat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satu yang paling mudah dan cukup umum dilakukan adalah dengan mengakses kode USSD. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak cara transfer pulsa Indosat ke Indosat berikut ini.

1) Buka fitur panggilan telepon di HP kalian.

2) Lalu selanjutnya tekan kode USSD *123*7*1*6*1#

3) Setelah itu, tekan Call atau Panggil.

4) Berikutnya akan muncul pemberitahuan sekaligus arahan yang perlu diikuti. Ikuti setiap arahan dan langkah yang muncul.

5) Setelah selesai, jika transaksi berhasil nantinya kalian akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS.

3. Cara Transfer Pulsa Indosat ke Indosat via SMS

Cara transfer pulsa Indosat ke Indosat yang kedua bisa dilakukan dengan melalui SMS. Cara kedua ini juga tak kalah mudah dan praktis jika dibandingkan cara yang pertama. Kalian hanya perlu mengirimkan SMS sesuai dengan format yang telah ditentukan. Untuk lebih Jelasnya, kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1) Buka fitur SMS di HP kalian.

2) Buat pesan baru dengan format SMS: TP(spasi)Nomor Tujuan(spasi)Nominal Pulsa yang Akan Kalian Kirimkan.

Sebagai contoh: TP 0856347436 40000.

3) Kirimkan SMS tersebut ke 151.

4) Jika sudah, tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi SMS dari operator berisi kode khusus.

5) Setelah itu, balas SMS tersebut dengan format OK(spasi)Kode khusus kirim ke 151.

6) Tunggu beberapa saat, untuk menunggu proses transfer pulsa berlangsung.

7) Apabila transaksi berhasil, nantinya kalian akan menerima pemberitahuan melalui SMS.

4. Cara Cek Pulsa Indosat

Setelah dinyatakan berhasil melakukan transaksi cara transfer pulsa Indosat ke Indosat, pengguna dianjurkan untuk segera melakukan pengecekan saldo pulsa. Pengecekan merupakan hal yang penting dilakukan, sebab terkadang dibutuhkan waktu lebih untuk memproses pulsa yang masuk lewat transfer. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek pulsa Indosat.

1) Cara Cek Pulsa Indosat dengan Kode USSD

- Buka fitur untuk melakukan panggilan telepon di hp kalian.

- Kemudian ketik *123#, lalu tekan OK atau Call.

- Setelah itu, akan muncul pemberitahuan dalam bentuk menu pop up yang sekaligus berisikan informasi terkait sisa saldo pulsa dan masa aktif nomor kalian.

2) Cara Cek Pulsa Indosat Lewat SMS

- Buka fitur pesan singkat atau SMS di hp kalian, lalu ketik SMS dengan format: USAGE.

- Kirimkan SMS tersebut ke nomor 363.

- Setelah beberapa saat kalian akan mendapatkan SMS balasan berupa informasi mulai dari sisa pulsa hingga masa aktif kartu tersebut.

3) Cara Cek Pulsa Indosat Lewat Aplikasi

- Buka aplikasi MyIM3 kemudian login dengan memasukkan nomor indosat kalian. Lalu, tekan tombol next.

- Setelah memasukkan nomor, kalian akan diminta memasukkan kode verifikasi yang telah dikirim via SMS. Jika sudah, tinggal klik tombol verify.

- Secara otomatis, saldo pulsa berikut masa aktif nomor kalian akan terlihat pada halman awal aplikasi MyIM3. Selanjutnya, kalian bisa mengecek pulsa indosat hanya dengan membuka aplikasi MyIM3 di hp kalian.

Itulah di antaranya cara transfer pulsa Indosat ke Indosat, berikut syarat ketentuannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI