Arti Surat An Nas dan Bacaan Latinnya, Ketahui Tafsiran Ayat Serta Keutamaan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penulis: Nurul Wahida

Diperbarui: Diterbitkan:

Arti Surat An Nas dan Bacaan Latinnya, Ketahui Tafsiran Ayat Serta Keutamaan dalam Kehidupan Sehari-Hari
Ilustrasi (credit: unsplash.com)

Kapanlagi.com - Arti surat An Nas dan bacaan latinnya penting diketahui setiap muslim. Sebab, surat An Nas memiliki keutamaan yang bisa melindungi dari berbagai keburukan dan sihir jahat. Hal ini juga sesuai dengan asbabun nuzul surat An Nas ketika Rasulullah SAW terkena sihir jahat.

Arti surat An Nas diambil dari kata An Nas yakni manusia. Arti surat An Nas juga termasuk ke dalam surat yang disebut dengan Al Mu'awwidzat. Surat An Nas diturunkan bersamaan dengan surat Al Falaq. Surat An Nas menjadi surat penutup dan terakhir dalam Al Quran.

BACA JUGA : Keutamaan Surat Al-Falaq Latin Dan Artinya

Selain arti surat An Nas secara bahasa, ada makna dari surat An Nas yang juga penting kalian ketahui. Karena itulah, berikut ini ada ulasan lengkap tentang arti surat An Nas dan bacaan latinnya. Langsung saja simak ulasannya tentang arti surat An Nas yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Bacaan Latin Surat An Nas

Surat An Nas termasuk surat pendek dalam Al Quran serta tergolong surat Al-Mu'awwidzat. Surat Al-Mu'awwidzat terdiri dari Surat Al Ikhlas, Al Falaq, serta An Nas. Selain itu, Surat An Nas terdiri dari 6 ayat tergolong sebagai surat Makkiyah. Sebab surat An Nas diturunkan di Kota Makkah. Bacaan surat An Nas sangat mudah dihafalkan. Bahkan bacaan Surat An Nas ini begitu mudah dihafal bagi anak kecil. Nah, adapun bacaan latin surat An Nas dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui bacaan latin surat An Nas dapat memudahkan kalian dalam menghafal dan memahami tiap ayatnya.

1. Qul a'uudzu birobbinnaas.

2. Malikin naas.

3. Ilaahin naas.

4. Min syarril waswaasil khonnaas.

5. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas.

6. Minal jinnati wan naas.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Surat An Nas

Setelah tahu bacaan latin surat An Nas, penting juga memahami arti surat An Nas. Arti surat An Nas secara bahasa adalah Manusia. Hal ini diambil dari bahasa Arab yakni kata An Nas berarti manusia.

Namun tak hanya arti surat An Nas secara bahasa, pasalnya ada juga kandungan pesan dari surat An Nas. Ya, arti surat An Nas sebenarnya juga mengandung suatu pesan dan makna agar manusia selalu meminta perlindungan Allah SWT dari segala godaan jin dan setan. Arti surat An Nas beserta kandungan ayat tersebut terdapat dalam setiap penggalan ayat yang menyeru agar manusia dapat berlindung kepada Allah SWT. Nah, berikut ini arti surat An Nas yang perlu kalian ketahui.

1. Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

2. Raja manusia

3. Sembahan manusia

4. Dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi.

5. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia.

6. Dari golongan jin dan manusia."

Itulah arti surat An Nas yang perlu kalian ketahui. Setelah membaca dan memahami arti surat An Nas di atas dapat diambil makna dan hikmah untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT dari berbagai bentuk keburukan baik setan ataupun jin.

 

 

3. Arti Surat An Nas dan Asbabun Nuzul

Setiap surat dan ayat yang diturunkan kepada Rasulullah SAW memiliki asbabun nuzul atau latar belakang mengapa surat tersebut diturunkan. Salah satunya surat An nas yang merupakan surat ke-114 atau surat penutup dalam Al Quran.

Surat An Nas diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW bersamaan juga dengan surat Al Falaq. Kedua surat ini kemudian disebut juga dengan Al Mu'awwidzatain yang berarti untuk memohon perlindungan. Ada juga arti surat An Nas dan nama lainnya yakni mu'awwidzah ats tsaaniyah.

Asbabun nuzul surat An Nas berkaitan dengan peristiwa buruk yang menimpa Rasulullah SAW. Adapun asbabun nuzul surat An Nas seperti melansir dari duniapondok.com tersebut berkaitan dengan sihir jahat yang menimpa Rasulullah atas perbuatan orang Yahudi Madinah bernama Labid bin a'sham. Sihir jahat tersebut dilakukan oleh Labid bin a'sham dengan mengambil rambut Rasulullah yang rontok. Kemudian dengan media rambut tersebut diiikatkan pada benang dengan sebelas simpul.

Karena itulah Allah kemudian menurunkan surat An Nas beserta Al Falaq untuk meminta perlindungan agar terlepas dari sihir jahat. Atas izin Allah, ketika ayat dari surat tersebut dibacakan, dapat memutus sihir jahat tersebut. Itulah sekiranya asbabun nuzul surat An Nas yang perlu kalian ketahui.

 

4. Arti Surat An Nas dan Tafsiran Ayatnya

Selanjutnya setelah memahami arti surat An Nas serta asbabun nuzulnya, ada pula tafsiran ayat surat An Nas. Langsung saja simak ulasannya tentang tafsir surat An Nas sebagai berikut dilansir dari almanhaj.or.id oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin.

Pada ayat pertama surat An Nas tafsirannya yakni bahwa Allah SWT adalah Rabb manusia dan yang lainnya termasuk malaikat, jin langit, bumi, matahari, bulan dan segala sesuatu yang ada di bumi serta langit. Namun dalam surat An Nas tersebut dikhususkan untuk manusia.

Pada ayat kedua surat An Nas tafsirannya yakni Raja yang dimaksudkan dalam arti Surat An Nas tersebut dengan kekusaaan tertinggi terhadap manusia serta kekusaannya sangatlah sempurna hanyalah Allah SWT.

Pada ayat ketiga tafsirannya yakni arti surat An Nas yang dimaksud dengan sembahan manusia yakni Tuhan dan sembahan mereka. Sesembahan yang hak tersebut yakni yang dituhankan oleh hati, dicintai dan agungkan-Nya, hanyalah Allah SWT.

Pada ayat keempat hingga keenam tafsirannya yakni kata al-waswas memiliki maksud apa yang terlintas dalam hati yakni pikiran, khayalan sangkaan yang sebenarnya tidak memiliki kebenarannya. Sedangkan kata Al-Khannaas memiliki makna bahwa ialah yang memberdayakan, mengganggu, yang pergi dan datang ketika seseorang berdzikir kepada Allah SWT adalah setan. Karena itulah setan akan pergi dan berlari ketika adzan berkumandang. Sedangkan akan kembali ketika mendengar iqamah dengan tujuan mengganggu manusia sholat.

Sehingga ketika diganggu oleh setan ketika tengah sholat, maka bisa jadi mereka tidak mengetahui berapa rakaat yang telah dikerjakan. Sedangkan ayat Min al-jannati wa an-naas memiliki makna bahwa bisikan yang datang dari jin adalah nyata yang mengalir di aliran darah manusia. Sementara bisikan yang datang dari manusia yaitu dengan membisikkan kepada orang lain suatu kejahatan dan menghiasinya sehingga orang itu menerima kejahatan tersebut, selanjutnya ia pun pergi meninggalkan orang tersebut. Karena itulah untuk berlindung dari segala macam dan jenis keburukan baik manusia atau jin dan setan dapat mengamalkan surat Al Ikhlas, Al Falaq sert An Nas.

 

5. Keutamaan Surat An Nas dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ada beberapa keutamaan surat An Nas yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Keutamaan surat An Nas tersebut dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

- Perlindungan dari segala macam keburukan dan hal jahat.

- Dapat menghalau sihir jahat.

- Memberikan ketenangan dan keamanan ketika dibaca sebelum tidur.

Nah itulah arti surat An Nas dan bacaan beserta tafsiran lengkapnya. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantumu memahami arti surat An Nas dan penjelasan lainnya.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending