Cat Rambut Merah, Penyemangat Rizal Bagus Raih Medali Perak Asian Para Games 2018

Jum'at, 12 Oktober 2018 00:01 Penulis: Winda Carmelita
Cat Rambut Merah, Penyemangat Rizal Bagus Raih Medali Perak Asian Para Games 2018
© Liputan6.com/ Ahmad Fawwaz Usman

Kapanlagi Plus - Ada yang berbeda saat melihat laga cabor atletik nomor 200 meter T45/46/47 Asian Para Games 2018 ini. Sesosok pria muda berhasil melaju kencang di depan pelari asal Tiongkok, Wang Hao.

Dia adalah Rizal Bagus. Pria berusia 23 tahun dari Indonesia ini terlihat mencolok berkat rambut merahnya. Ternyata yang dilakukan Rizal ini bukannya nggak beralasan lho. "Merah, kan, menandakan berani. Hidup atau mati. Jadi saya lebih percaya diri," ujar Rizal seperti yang dikutip liputan6.com dari Antara.

Laju lari Rizal pun membanggakan Indonesia dengan mengantongi medali perak untuk tahun ini. Rizal mencatatkan waktu 22.36, melaju kencang melampaui Wang Hao, pelari asal Tiongkok dengan catatan waktu 21.71 detik. "Medali perak ini kejutan karena sebelumnya catatan waktu terbaik saya adalah 22.55 detik," ujar atlet asal Tasikmalaya ini. "Kala itu saya buat di turnamen uji coba Asian Games 2018."

Selain rambut merah yang membuat semangatnya makin membara, Rizal juga makin semangat berlari berkat kehadiran langsung keluarganya di Stadion Utama Gelora Bung Karno. "Saya ingin memberikan kebahagiaan untuk keluarga saya, karena saya terlahir dari keluarga susah," kata Rizal seperti dikutip dari medcom.id. "Orang tua saya wirausaha jualan minyak kayu putih. Bapak saya sudah meninggal dari saya kelas 2 SD." Saat sebelum jadi atlet, sehari-hari Rizal membantu sang ibu berjualan minyak kayu putih.

Rizal meniti karir atletiknya dimulai dari ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) Jawa Barat 2016 di Bandung silam. Prestasinya memukai Ketua Komiti Paralimpiade Nasional (NPC) Senny Marbun yang akhirnya membawa Rizal ke Solo.

Saat ini Rizal sedang menjalani proses penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Kemenpora.

Dorongan dari keluarga, terlebih dari diri sendiri, membuat Rizal dan teman-teman atlet penyandang disabilitas merasa lebih bersemangat lagi mengembangkan potensi. Tak cukup itu, sebagai masyarakat Indonesia, kita juga harus memberikan support bagi para atlet Asian Para Games 2018 Indonesia ini karena dengan keterbatasannya, mereka justru mampu memberikan kontribusi bagi Indonesia.

Dukungan seluruh lapisan masyarakat untuk atlet Asian Para Games 2018 pun terus mengalir. Grab, selaku Official Mobile Platform Partner Asian Para Games 2018, juga terus mengalirkan semangat dan dukungan melalui berbagai layanan di antaranya Grab Gerak dan Golf Car sebagai wujud komitmen nyata terhadap Indonesia.
Karena #KemenanganItuDekat dan siapapun berhak merasakannya, termasuk teman-teman penyandang disabilitas.

Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

(kpl/wnd)

Reporter:

Winda Carmelita



MORE STORIES




REKOMENDASI