Cerita Unik Atlet Asian Games 2018 Cicipi Makanan Khas Indonesia

Kamis, 30 Agustus 2018 16:45 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Cerita Unik Atlet Asian Games 2018 Cicipi Makanan Khas Indonesia
Atlet Asian Games 2018 (INASGOC/Ridhwan Siregar/Spt/18)


Kapanlagi Plus - Asian Games kembali digelar. Sebuah perhelatan olahraga terbesar se-Asia yang diadakan 4 tahun sekali. Di tahun 2018 ini Indonesia mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah setelah tahun 1962.

Setidaknya ada 45 negara yang turut andil. Bisa dibayangkan berapa puluh ribu atlet yang ikut berkompetisi. Maka dari itu banyak cerita yang terjadi dalam ajang tersebut.

Namun tentu saja ada kisah menarik di balik perhelatan olahraga Asian Games 2018. Terutama jika membicarakan para atletnya. Ya, kunjungan para atlet mancanegara pasti punya momen menarik di Indonesia.

Salah satunya ya mencoba mencicipi makanan Indonesia. Indonesia memang kaya akan kulinernya. Maka tak heran banyak atlet mancanegara yang penasaran ingin mencicipi.

1. Pesan Nasi Gila dan Rawon Setan

Atlet yang berasal dari Thailand ini merasa bingung ketika datang di pusat jajanan yang berada di samping Jakarta Convention Center (JCC), Komplek GBK Senayan Jakarta. Bagaimana tidak, karena sebagian besar makanan yang dijual adalah makanan lokal Indonesia, seperti soto betawi, pecel lele, dan tempe penyet.

Apalagi nama makanan tersebut tidak tersaji dalam Bahasa Inggris. Ia pun tak kehilangan akal, ia mencoba menterjemahkan kata melalui penerjemah Google. Tak disangka hasilnya pun malah membuatnya takut. Saat mencari terjemahan nasi goreng gila yang tertulis malah crazy fried rice dan rawon setan atau yang tertulis adalah satan rawon. Untungnya datang seorang volunteer yang mencoba menjelaskan, bahwa makanan tersebut tidak seseram namanya.

2. Mencicipi Bir Pletok Betawi

Beberapa waktu yang lalu, para atlet Asian Games berkunjung ke kampung Betawi di daerah Setu Babakan. Di sana mereka disuguhi berbagai makanan dan minuman, salah satunya adalah minuman khas Betawi, bir pletok.

Banyak yang mengira jika bir tersebut adalah bir sungguhan. Maka tak heran jika mereka langsung meminumnya begitu saja. Namun apa yang terjadi, saat mereka minum tidak merasakan aroma alkohol. Malah kebanyakan merasakan rasa yang aneh pada minuman tersebut.

"Sangat pedas dan rasanya seperti obat," ucap Atlet renang Uzbekistan, Aleksey Tarasenko.

 

3. Minum Santan Kemasan

Foto ini tengah menjad perbincangan, mana kala ada yang aneh dalam foto tersebut. Ya, sepintas melihat foto tersebut tampak biasa. Seorang pria mengenakan pakaian putih dengan logo bendera Tiongkok yang tengah sibuk merapikan barang.

Namun ada yang menjadi sorotan, atlet asal Tiongkok ini membawa santan kemasan layaknya minuman kemasan yang biasa KLovers konsumsi. Mungkin atlet ini mengira jika santan kemasan tersebut adalah air kelapa.

Foto tersebut diunggah oleh akun @rlthingy. Santan kemasan itu memang tak asing bagi warga Indonesia. Santan yang biasanya digunakan untuk memasak atau membuat jajanan.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI