Cincin Berlian Punya Sejarah Unik, dari Pertama Kali Ditemukan hingga Menjadi Cincin Tunangan

Rabu, 18 Mei 2022 16:18 Penulis: Wuri Anggarini
Cincin Berlian Punya Sejarah Unik, dari Pertama Kali Ditemukan hingga Menjadi Cincin Tunangan
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Cincin berlian masih jadi salah satu perhiasan yang keindahannya memikat para perempuan. Bahkan, cincin berlian wanita masih memegang 'tahta' sebagai simbol cinta tertinggi yang digunakan dalam berbagai momen istimewa, salah satunya tradisi pertunangan.

Perhiasan berlian wanita, berlian bisa retak, selengkapnya.

Sebelum populer dan diagungkan seperti sekarang, ternyata cincin berlian punya sejarah panjang yang unik dari pertama kali ditemukan hingga menjadi simbol ikatan cinta sebagai cincin tunangan. Intip lebih jauh, yuk!

Berlian Asli Pertama Kali Ditemukan Berabad-abad Lalu

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Berlian asli sebenarnya berasal dari mana sih? Jadi salah satu batu mulia dengan nilai tinggi, berlian ternyata berasal dari bagian terdalam gunung berapi yang mengandung atom dan karbon. Batu ini kemudian terbawa ke permukaan bumi lewat letusan vulkanik yang terjadi pada gunung berapi tersebut.

Menurut berbagai sumber, berlian asli pertama kali ditemukan dalam endapan tanah aluvial sepanjang sungai Krishna, Penner, dan Godavari, India sekitar abad ke-4 sebelum Masehi. Keberadaannya yang masih terbatas membuat perhiasan berlian hanya digunakan terbatas di kalangan bangsawan saja. Berlian asli kemudian mulai menyebar ke berbagai negara di Eropa lewat jalur perdagangan antara India dan Eropa yang akhirnya membuat batuan yang satu ini semakin populer.

Di tahun 1700-an, pasokan berlian di India mengalami penurunan. Di momen inilah Brazil muncul menjadi negara baru penghasil berlian yang sempat mendominasi pasar perhiasan berlian dunia hingga ratusan tahun setelahnya.

Cincin Berlian Wanita Menjadi Bagian dari Tradisi Pertunangan

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Seiring perkembangannya, cincin berlian wanita ternyata menjadi bagian dari tradisi pertunangan. Tradisi penggunaan cincin untuk bertunangan sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak lama di era Romawi kuno. Menurut catatan sejarah, sekitar abad kedua sebelum Masehi, bangsa Romawi kuno melakukan tradisi pertunangan dengan cincin yang terbuat dari besi.

Sementara itu, pertunangan dengan cincin berlian wanita pertama kali tercatat dalam sejarah pada tahun 1477. Saat itu, Archduke Maximilian yang berasal dari Austria melakukan lamaran kepada Mary of Burgundy menggunakan cincin berlian sebagai simbol pertunangan. Di masa tersebut, cincin tunangan memang sudah sering digunakan, namun penggunaan berlian masih bisa dibilang jarang. Momen ini kemudian yang ikut mempopulerkan cincin berlian wanita menjadi cincin tunangan.

Ciri-Ciri Berlian Asli yang Wajib Diketahui

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Popularitas cincin berlian sebagai simbol cinta semakin meroket.  Terlebih setelah munculnya sebuah kampanye tentang berlian di tahun 1947 oleh salah satu perusahaan ternama yang mengusung tagline 'A diamond is forever', makin banyak masyarakat yang melirik cincin berlian wanita untuk menjadi cincin tunangan. Hal ini pun terus bertahan hingga era modern seperti sekarang ini.

Banyak produsen perhiasan berlian yang bermunculan. Tapi, pastikan mengenal ciri-ciri berlian asli supaya nggak terjebak dengan yang abal-abal. Berlian asli memiliki ketahanan terhadap panas. Namun, jika ingin memastikan cincin berlian yang kamu beli asli atau tidak, cek juga sertifikat yang ada karena berlian asli memiliki sertifikat resmi.

Model Cincin Tunangan Terbaru untuk Menyempurnakan Momen Lamaran

Sampai saat ini cincin berlian asli masih banyak menemani berbagai momen spesial seperti acara pertunangan. Ingin menyempurnakan momen ikatan cintamu dengan model cincin tunangan terbaru? Intip dulu cincin berlian terbaru Frank Fire dari Frank & co. yang nggak hanya cantik, tapi juga terjamin keasliannya.

(c) Instagram/franknco_id(c) Instagram/franknco_id

Spesial dihadirkan dalam rangka anniversary nya yang ke 26 tahun, perhiasan model terbaru Frank Fire ini memiliki 5 seri terbaru yaitu Serendipity, Allure, Vow, Posy dan Rain, sehingga melengkapi 21 seri yang telah hadir sebelumnya menjadi 26 sesuai dengan umurnya di tahun ini.

Masing-masing perhiasan berlian ini juga memiliki makna mendalam dan bisa menyempurnakan perjalanan cintamu bersama si dia. Ada berbagai keunggulan dari perhiasan berlian istimewa yang satu ini. Frank Fire memiliki 12 parameter yang menjadi bukti kekuatannya, mulai dari memiliki sertifikat GIA, pembuktian keaslian, warna dan tingkat kejernihan, berat aman 0.02 carat, grade warna GIA, tingkat kejernihan, kualitas potongan, tingkat pemolesan yang baik, tidak ada fluoresensi, komentar mengenai daya tahan dan kekuatan berlian serta berasal dari conflict free natural diamond.

(c) Instagram/franknco_id(c) Instagram/franknco_id

Frank Fire juga dibekali dengan Sarine Light Beyond 4C yang dikeluarkan oleh Sarine Technologies. Sarine sendiri merupakan inovator teknologi berlian pertama di dunia yang memadukan keunikan gemologi dan teknologi untuk perubahan besar dalam industri berlian global.

Temukan informasi lebih lanjut tentang cincin berlian wanita atau perhiasan berlian berkualitas lainnya dengan mengunjungi website Frank & co. dan jangan lupa follow Instagram @franknco_id.

Frank & co. sendiri merupakan merek perhiasan yang berada dalam naungan PT Central Mega Kencana (CMK). Selain Frank & co., ada juga brand perhiasan berlian wanita lainnya yang berada dalam naungan CMK, yaitu MONDIAL dan The Palace Jeweler.

(c) Mondial(c) Mondial

MONDIAL menghadirkan berbagai variasi perhiasan model terbaru yang dapat melengkapi penampilan perempuan, nggak hanya terbatas pada cincin berlian saja. Misalnya saja Gala Collection yang terinspirasi dari kipas yang sering dibawa para bangsawan wanita di era Victoria yang menjadi perlambang status sosial di masa tersebut. Terdiri dari cincin berlian wanita, pendant, necklace, bangle hingga earrings yang dapat meningkatkan penampilan para penggunanya.

Penasaran dengan koleksi perhiasan berlian MONDIAL lainnya? Kepoin langsung dengan mengunjungi website MONDIAL dan jangan lupa follow Instagram @mondial.

Sementara itu, The Palace Jeweler menghadirkan koleksi perhiasan berlian terjangkau yang bisa dimiliki siapa saja. Misalnya saja lewat koleksi perhiasan berlian MOELA yang hadir dengan harga mulai dari Rp 888ribu saja. Nggak hanya terjangkau, MOELA The Palace juga memiliki kadar emas tepat pada setiap perhiasan berliannya, yaitu 75%/18K dengan sertifikat SNI. Hal ini sesuai dengan campaign The Palace Jeweler, yaitu Therlengkap, Therjangkau, dan Therjamin.

(c) The Palace Jeweler(c) The Palace Jeweler

Koleksi MOELA sendiri memiliki 5 seri, mulai dari Bermoela, Kamoela, Trimoela, Lovela dan Modela. Ingin mencari tahu lebih lanjut tentang koleksi perhiasan MOELA dan model perhiasan berlian terbaru lainnya dari The Palace Jeweler? Langsung saja follow Instagram @thepalace_id dan kunjungi website The Palace Jeweler.

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI