Ciri-Ciri Kista Berbahaya yang Bisa Berpotensi Jadi Kanker, Ketahui Penyebabnya

Sabtu, 03 Juli 2021 11:22
Ciri-Ciri Kista Berbahaya yang Bisa Berpotensi Jadi Kanker, Ketahui Penyebabnya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kista jadi satu gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh perempuan. Kista merupakan benjolan berupa kantung jaringan yang dapat berisi zat seperti udara atau cairan. Kista tak bisa dianggap sebagai penyakit remeh, sebab beberapa kista bisa berpotensi menjadi kanker. Oleh karena itu, sudah semestinya setiap orang mengetahui ciri-ciri kista berbahaya.

Pada umumnya, kista bisa muncul di mana saja, baik di dalam maupun di luar organ tubuh manusia. Secara garis besar kista dapat digolongkan dalam kategori jinak dan tidak jinak. Kista tidak jinak inilah yang dapat berpotensi menjadi kanker. Namun tak perlu khawatir, sebab sejumlah penelitian menyebut lebih banyak kista yang bersifat jinak daripada yang tidak.

Meski demikian, tentu tak ada salahnya tetap waspada, salah satunya dengan mengenali ciri-ciri kista yang berbahaya. Lantas, apa sajakah ciri-cirinya? Dilansir dari liputan6.com, berikut ciri-ciri kista berbahaya serta beberapa penyebabnya yang perlu kalian ketahui.

 

1. Mengenal Kista Ovarium yang Sering Diderita Wanita

Sebelum mengetahui apa saja ciri-ciri kista berbahaya, ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal apa itu kista ovarium. Pasalnya, kista ovarium merupakan salah satu jenis kista yang sering dialami perempuan. Sesuai dengan namanya, kista ovarium muncul di daerah rahim.

Sebenarnya, 70% kista ovarium termasuk golongan jinak. Bahkan, kista ovarium diyakini bisa hilang sendirinya setelah setelah melewati beberapa siklus menstruasi. Meski begitu, ditemukan pula kista ovarium berbahaya yang berpotensi menjadi kanker. Kista berbahaya relatif sering terjadi pada wanita yang telah monopouse. Namun, tak menutup kemungkinan juga terjadi pada wanita berusia muda.

2. Ciri-Ciri Kista Pada Umumnya

Kista bisa muncul dalam berbagai ukuran. Terkadang, karena ukurannya yang sangat kecil, kista jadi sulit terdeteksi. Bahkan, sebagian orang juga tidak sadar telah menderita kista. Biasanya, perempuan baru merasakan ada kista di tubuhnya saat ukurannya mulai membesar. Sebab pada saat itu, aliran darah ke ovarium akan mulai terganggu. Sehingga, sejumlah gejala atau ciri-ciri mulai terlihat.

Adapun beberapa ciri-ciri kista berbahaya sebetulnya tidak jauh beda dengan kista pada umumnya yang tergolong jinak. Saat mengalami kista ovarium, beberapa gejala yang dialami antara lain sebagai berikut:

1) Perut membesar serta terasa penuh dan berat

2) Sering buang air kecil

3) Nyeri pinggul

4) Perut kembung

5) Nyeri saat berhubungan seksual

 

3. Ciri-Ciri Kista Berbahaya

Seperti yang disinggung sebelumnya, tak ada perbedaan yang signifikan antara ciri-ciri kista berbahaya dan kista yang jinak. Secara garis besar, penderita kista berbahaya juga akan merasakan ciri-ciri yang dijelaskan sebelumnya.

Namun pada penderita kista berbahaya, ciri-ciri tersebut ditambah dengan kemunculan beberapa gejala lain. Adapun beberapa gejala-gejala tersebut antara lain, terjadinya penurunan berat badan tanpa alasan jelas secara drastis, kaki bengkak, demam tinggi, hingga mengalami sesak napas.

 

4. Beberapa Penyebab Kista

Sama seperti penyakit pada umumnya, kista tentu tidak muncul begitu saja. Ada beberapa hal yang diyakini bisa menyebabkan seseorang mengalami kista. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga serangan bakteri atau virus. Untuk lebih jelasnya, setelah mengerti ciri-ciri kista berbahaya, simak ulasan mengenai beberapa penyebab kista berikut ini.

1) Kolestrol

Kolesterol yang tinggi bisa mengganggu kesehatan. Berbagai penyakit bisa timbul karena kolesterol, salah satunya kista ovarium. Pasalnya, kolesterol yang berlebih menyebabkan organ reproduksi dan rahim.

2) Infeksi Bakteri atau Virus

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, kista juga bisa disebabkan oleh bakteri dan virus. Biasanya, infeksi ini terjadi pada organ intim perempuan. Rajin membersihkan organ kewanitaan menjadi satu langkah untuk mencegah infeksi yang bisa berujung pada kista ovarium.

3) Merokok

Sudah jadi rahasia umum bahwa merokok membawa banyak dampak buruk untuk kesehatan. Zat adiktif yang terkandung dalam rokok juga dipercaya bisa berdampak buruk pada kesehatan rahim, di antaranya dapat memicu kista ovarium.

4) Konsumsi Kafein Berlebihan

Selain rokok konsumsi kafein berlebihan juga dapat mengganggu kesehatan. Kafein dalam kopi dapat mengganggu produksi hormon. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko kanker ovarium.

5) Mengonsumsi Cepat Saji

Konsumsi makanan cepat saji juga perlu dihindari demi kesehatan. Sebab, mengonsumsi makanan cepat saji juga dapat meningkatkan risiko kista, bahkan kanker ovarium.

6) Konsumsi Alkohol dan Soda

Alkohol dan soda juga tergolong minuman yang tidak menyehatkan. Konsumsi berlebihan dari alkohol dan soda juga dapat memicu kemunculan kista ovarium. Lebih dari itu, kedua jenis minuman ini diyakini bisa meningkatkan kadar estrogen yang bisa memperburuk kondisi kesehatan.

Itulah di antaranya ciri-ciri kista berbahaya beserta ulasan mengenai penyebabnya. Semoga bermanfaat dan bisa jadi bekal dalam menjaga kesehatan!

 

 

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI