Dari Miangas dan Rote Ndao, 72 Hari Kirab Pemuda Keliling Indonesia

Kamis, 07 Desember 2017 15:24 Penulis: Wuri Anggarini
Dari Miangas dan Rote Ndao, 72 Hari Kirab Pemuda Keliling Indonesia
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Ada rasa haru dan bangga yang muncul saat melihat 73 pemuda terbaik tanah air mampu menuntaskan misinya dalam Kirab Pemuda 2017. Selama 72 hari, para generasi muda bangsa ini melintasi lebih dari 100 kabupaten/kota dan singgah di 34 provinsi Indonesia. Rasa letih sudah pasti dicapai oleh para pemuda ini. Tapi, semangat mereka untuk menuntaskan misi mulia tentu saja tidak pernah padam.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, juga tak bisa menyembunyikan rasa bangga saat melihat para pemuda ini mampu mengakhiri perjalanan panjangnya. Menurutnya, mereka bukan hanya sekadar peserta Kirab Pemuda 2017. Lebih dari itu, jajaran generasi penerus bangsa ini menjadi saksi bahwa Indonesia merupakan bangsa yang begitu kaya akan keberagamannya. Lewat mata kepalanya sendiri, mereka dapat merasakan slogan Bhinneka Tunggal Ika menjadi sebuah kenyataan, tak hanya sekadar slogan.

Perjalanan panjang selama 72 hari mengelilingi nusantara ini berawal dari titik Miangas, Sulawesi Utara dan Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Setelah panjangnya perjalanan, Blitar menjadi titik akhir yang mempertemukan 73 peserta Kirab Pemuda 2017. Sejumlah rangkaian kegiatan puncak Kirab Pemuda yang mengusung slogan #BeraniBersatu pun digelar di kota tempat bersemayamnya tokoh Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno.

Kirab Pemuda 2017 ini menjadi salah satu program unggulan Kemenpora juga turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Sekretaris Menteri Koordinator Polhukam, Mayjend TNI Yoedhi Swastono dan sejumlah perwakilan kementerian dan lembaga yang dilaksanakan di Lapangan Kanigoro, Blitar, Kamis pagi (7/12).

Menpora menganggap bahwa perjalanan 73 pemuda terbaik nusantara ini menjadi simbol atas visi Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Para pemuda yang tergabung dalam kirab ini adalah penggerak jutaan generasi muda lainnya di seluruh penjuru tanah air.

"Merekalah penyambung lidah bagi saudara-saudaranya sebangsa dan setanah air di sudut-sudut negeri mengenai kemajuan pembangunan yang telah ada maupun yang sedang terus berjalan. Hari ini fisik mereka memang tampak seperti letih. Tapi lihatlah! Lihatlah sorot mata anak-anak muda terbaik ini. Saya dapat menyaksikan sorot mata yang tajam dan kuat. Sorot mata yang menandakan bahwa mereka boleh kehabisan tenaga karena letih namun tidak akan pernah mereka kehilangan semangat barang sedikit pun," demikian yang disampaikan oleh Imam Nahrawi dalam laporannya saat acara berlangsung.

Menutup laporannya, Imam meminta seluruh peserta kirab agar dapat menyebarkan semangat berani bersatu kepada lingkungan sekitar. Sekat dan batasan bukan halangan bagi para pemuda untuk bersatu demi cita-cita besar bangsa.

Sekilas Tentang Kirab Pemuda 2017
73 pemuda Indonesia mengelilingi nusantara sejak 26 September lalu, dari Miangas dan Rote Ndao. Mereka bergerak melintasi 100 kabupaten/kota di 34 provinsi yang tersebar di seluruh nusantara. Perjalanan panjang ini dilakukan dengan berjalan kaki, menggunakan transportasi darat, mengarungi lautan hingga pesawat udara. Kolaborasi alat transportasi ini disesuaikan dengan kondisi geografis yang ada di daerah nusantara.

Kirab Pemuda 2017 ini sendiri diikuti oleh pemuda terbaik yang lolos dalam seleksi yang diadakan Kemenpora. Tiap provinsi diwakili oleh 1 laki-laki dan 1 perempuan yang menjadi peserta inti. Kirab ini juga diikuti oleh perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP) sebanyak 4 orang dan 1 peserta tambahan yang ditunjuk langsung oleh Menpora saat memulai acara di titik pertama Rote Ndao.

Kegiatan yang berlangsung di setiap daerah pun cukup beragam, yang dimulai dari:

1. Ikrar Kebangsaan dan Pemuda untuk NKRI
2. Napak Tilas Kebhinnekaan
3. Pawai Seni dan Budaya Pemuda
4. Festival Kompetisi Film Pendek Pemuda
5. Festival dan Kompetisi Band Indie Pemuda
6. Pameran Kreativitas Pemuda
7. Talkshow, Workshop, dan Seminar
8. Temu Komunitas Pemuda Kreatif
9. Bakti Sosial Lingkungan Pemuda
10. Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci
11. Olahraga Rekreasi Pemuda Tahun 2018

Hmm, makin bangga dengan semangat #BeraniBersatu yang diusung para pemuda yang tergabung di Kirab Pemuda 2017 kan, KLovers!

(kpl/her/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI