Dirgahayu RI ke-76, Yuk Manfaatkan Teknologi untuk Sebarkan Semangat Kemerdekaan

Rabu, 18 Agustus 2021 08:00 Penulis: Wuri Anggarini
Dirgahayu RI ke-76, Yuk Manfaatkan Teknologi untuk Sebarkan Semangat Kemerdekaan
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Mungkin banyak yang merindukan gegap gempita perayaan HUT Kemerdekaan RI yang dipenuhi berbagai festival dan lomba seperti tahun-tahun sebelumnya. Sayangnya, hingga saat ini penanganan pandemi Covid-19 masih belum berakhir dan membuat perayaan HUT Kemerdekaan kembali dilakukan di rumah saja. Biarpun begitu, banyak kemeriahan yang digelar secara virtual sehingga tetap menghadirkan suasana penuh suka cita, lho.

Teknologi untuk Sebarkan Semangat Kemerdekaan

Perkembangan teknologi memang memudahkan banyak hal. Tapi, nggak sedikit juga yang malah menggunakannya untuk berbagai hal yang sifatnya negatif. Menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan semangat positif.

“Tahun ini, kita rayakan kemerdekaan dengan cara yang sedikit berbeda, tetapi dengan semangat yang selalu sama. Guna menjaga keselamatan diri dan orang-orang tercinta, kita harus tetap mempertahankan protokol kesehatan, menghindari terjadinya kerumunan. Mari memanfaatkan teknologi untuk bisa saling berbagi semangat kemerdekaan ini,” imbau Menkominfo.

Perayaan Kemerdekaan RI ke-76 Secara Virtual

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dalam rangka HUT RI ke-76 digelar di Istana Merdeka pada Selasa (17/8/2021) pagi. Nggak berbeda dari tahun lalu, upacara kali ini dihadiri undangan terbatas dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Presiden pun mengimbau berulang kali dengan mengatakan pandemi Covid-19 telah mendorong masyarakat untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan dan menerobos ketidakmungkinan.

Seiring dengan hal tersebut, pemerintah juga mengajak masyarakat untuk merayakan kemerdekaan dari rumah dengan cara baru. Yaitu lewat perayaan virtual yang bisa menghindari terjadinya kerumunan di tengah pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung. Imbauan ini pun mendapatkan respons baik dari masyarakat yang membanjiri media sosial dengan beragam foto bernuansa merah putih. Bingkai digital (twibbon) dengan desain tema Hari Kemerdekaan RI pun banyak beredar dan memudahkan masyarakat.

Dukungan untuk Rumah Digital Indonesia

Sebelum momen ini berlangsung, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 dr. Reise Broto Asmoro juga mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI 2021 di Rumah Digital Indonesia (RDI) yang bisa diakses lewat situs www.rumahdigitalindonesia.id. Ada serangkaian program menarik yang bisa diikuti masyarakat, misalnya saja perlombaan dan permainan khas 17-an yang bisa diikuti siapa saja dan di mana saja. Nggak hanya itu, masih ada juga hiburan seni, budaya, literasi digital, hingga belanja produk lokal yang disajikan di RDI.

Sebagai informasi, RDI adalah kolaborasi antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM). Ada juga Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Nggak hanya kolaborasi dalam RDI, pandemi juga sudah melahirkan berbagai kolaborasi yang dilakukan pemerintahan, pemerintah dengan masyarakat, maupun antarmasyarakat. Semangat bangsa Indonesia untuk terus bergotong royong demi mencapai tujuan bersama menjadi semakin kuat setelah satu setengah tahun berada dalam situasi pandemi. Sisi positifnya, terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan infrastruktur kesehatan dan penguatan kelembagaan nasional Indonesia. Kesadaran, partisipasi, dan kegotongroyongan masyarakat pun menguat luar biasa.

Menteri Johnny pun lebih jauh lagi mengharapkan masyarakat agar terus bahu membahu bersama pemerintah dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 yang berlangsung. Sikap proaktif, menyebarkan berita yang baik dan benar, mendukung program vaksinasi, adalah beberapa langkahg kecil yang bisa dilakukan masyarakat dalam membantu situasi yang terjadi saat ini.

“Mari kita saling memberikan teladan. Sekecil apapun upaya kita dalam mencegah penyebaran virus corona merupakan perjuangan kita dalam melawan pandemi. Dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saja sudah merupakan perjuangan untuk merdeka dari COVID-19,” pungkas Menteri Johnny.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI