Edaran Larangan Berjenggot BIN Jadi Viral, Ini Kronologinya!

Agista Rully | Jum'at, 19 Mei 2017 13:18
Edaran Larangan Berjenggot  BIN Jadi Viral, Ini Kronologinya!
© istimewa

Kapanlagi.com - Bisa dibilang Indonesia tengah mengalami kondisi politik dan kehidupan bermasyarakat yang cukup panas. Hal ini bisa dilihat dari menurunnya kerukunan inter umat beragama melalui sosial media. Ditambah lagi belum lama ini isu-isu yang saling memojokkan semakin bermunculan.

Salah satu isu yang tengah hangat diperbincangkan adalah surat edaran Badan Intelijen Nasional (BIN) yang belum lama ini jadi viral. Dalam surat edaran yang diperuntukkan bagi pegawai internal tersebut, BIN menghimbau para pegawai untuk tidak berjenggot, berambut panjang, dan menggunakan celana cingkrang.

Seperti yang diketahui, sebagian umat Muslim percaya bahwa memelihara jenggot dan mengenakan celana cingkrang adalah sunnah. Bisa dibilang larangan BIN tersebut menyinggung penganut Islam. Oleh sebab itu surat edaran ini menarik perhatian netizen.

Surat edaran BIN tentang larangan berjenggot yang menjadi perbincangan di media sosial © istimewaSurat edaran BIN tentang larangan berjenggot yang menjadi perbincangan di media sosial © istimewa

Menanggapi surat edaran ini, BIN  angkat suara dan berdalih bahwa edaran diberlakukan sebagai bentuk antisipasi internal. "Saya kira itu edaran masalah internal. Namanya BIN tidak boleh ada aliran-aliran di situ. Kalau toh ada, dia tak boleh melakukan itu," ujar Anggota Komisi I DPR RI, Supiadi Aries Saputra dikutip dari sejumlah sumber.

Sementara juru bicara BIN, Dawan Salyan mengatakan bahwa larangan tersebut dibuat untuk tujuan estetika semata, "Karena berkaitan dengan estetika, kerapian, dan kedisiplinan gitu." Dawan juga mengatakan bahwa dirinya akan menindak pelaku penyebar surat edaran yang seharusnya menjadi rahasia perusahaan tersebut.

"Kami sedang proses mencari pelaku penyebaran urusan internal," lanjutnya. Surat edaran mengenai larangan berjenggot tersebut beredar pada Senin (15/05) lalu. Sementara hari ini, Sekretaris Utama BIN Zaelani menyanggah adanya peraturan internal larangan berjenggot tersebut.

Surat edaran yang benar menurut klarifikasi Sekretaris Utama BIN, Zaelani © istimewaSurat edaran yang benar menurut klarifikasi Sekretaris Utama BIN, Zaelani © istimewa

"Kami sampaikan keterangan dari Sestama BIN terkait berita tentang surat edaran yang menjadi perhatian media massa dan publik. Surat edaran tertanggal 15 Mei 2017 dengan kop surat BIN yang saya tanda tangani berisikan larangan staf BIN berjenggot dan bercelana cingkrang adalah tidak benar," tegasnya sembari menunjukkan surat edaran yang benar dalam klarifikasi tersebut.

(kpl/agt)




DIY: Fringe Jeans Kekinian, Bikin Celana Belelmu Modis Kembali

LATEST UPDATE




REKOMENDASI