Fakta Klappertaart, Kue Andalan Manado Warisan Belanda yang Kini Naik Daun

Jum'at, 10 September 2021 15:30 Penulis: Iwan Tantomi
Fakta Klappertaart, Kue Andalan Manado Warisan Belanda yang Kini Naik Daun
credit via Shutterstock.com

Kapanlagi Plus - Belakangan ini klappertaart cukup sering jadi menu andalan di beberapa kedai, kafe, hingga aplikasi pesan antar makanan online. Bahkan, tak sedikit yang menjadikannya sebagai konten, baik di beberapa platform digital, seperti YouTube hingga Tiktok.

Wajar jika klappertaart kini tengah naik daun. Meski bisa dipesan secara mudah dan dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia, nyatanya kue dengan nama unik ini punya sejarah atau asal muasal yang cukup unik.

Sembari menikmati kelezatannya, yuk perkaya wawasan dengan mengetahui beberapa fakta klappertaart yang menarik buat disimak berikut ini.

Camilan Warisan Belanda

Dari namanya yang unik, kamu mungkin bisa menebak jika klappertaart memang bukan asli kuliner lokal Indonesia. Benar, kuliner ini memang warisan kolonial Belanda, khususnya di tanah Minahasa. Di masa itu, klappertaart banyak dibawa para pedagang Belanda. Hanya saja, sebarannya hanya terbatas di Manado, sehingga klappertaart kini diidentikkan dengan jajanan khas Minahasa.

Arti Nama Klappertaart

Adapun nama klappertaart sendiri diambil dari kata 'klapper' dan 'taart'. Dalam bahasa Belanda, klapper berarti kelapa, sementara taart bermakna kue. Secara harfiah, klappertaart artinya kue kelapa.

Kue Andalan Manado

Kini klappertaart lebih dikenal sebagai kue khas Minahasa, yang kerap menjadi salah satu oleh-oleh andalan Manado. Seperti namanya, klappertaart dibuat dari bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur.

Kue yang dibuat dengan cara dipanggang maupun dikukus ini punya aroma rempah khas dari kayu manis maupun kacang kenari cincang. Bedanya, kalau dipanggang teksturnya lebih padat, sementara versi kukus lebih lembut serupa custard yang leleh saat dinikmati.

Seiring perkembangannya, kue berasa manis gurih ini hadir dengan beragam varian rasa. Dari cokelat, keju, rum, raisin, blueberry hingga durian. Selain itu klappertaart makin nagih ketika disajikan dingin. Kabar baiknya, tak harus pergi ke Manado dulu jika ingin menikmati lezatnya klappertaart. Kamu bisa pre-order dengan mudah di manisdansedap.com. 

Platform yang menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com, menghadirkan beragam pilihan klappertaart, seperti:

Klappertaart dengan Kayu Manis Bubuk

Credit: Manis dan Sedap/dibuatkan.mommaCredit: Manis dan Sedap/dibuatkan.momma

Klappertaart Tanpa Rum

Credit: Manis dan Sedap/Malika Catering & CamilanCredit: Manis dan Sedap/Malika Catering & Camilan

Klappertaart dengan Kismis dan Kacang Almond

Credit: Manis dan Sedap/Oditi_kitchenCredit: Manis dan Sedap/Oditi_kitchen

Klappertaart Lembut dari Kelapa dan Susu

Credit: Manis dan Sedap/dapur_mdcCredit: Manis dan Sedap/dapur_mdc

Selain klappertaart, tentu masih banyak kuliner lezat lainnya yang bisa dipilih sesuai selera di manisdansedap.com. Hal ini karena platform ini juga menjadi 'etalase' bagi para seller. Para pemilik UMKM juga bisa memajang jualannya dan bisa melakukan transaksi terpisah dari platform, berkat fitur tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp seller.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI