Fokus Sports Tourism, Batam Jadi Tuan Rumah Bridgestone ASEAN Amateur Open 2019

Sabtu, 05 Oktober 2019 11:02 Penulis: Wuri Anggarini
Fokus Sports Tourism, Batam Jadi Tuan Rumah Bridgestone ASEAN Amateur Open 2019
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Nggak perlu diragukan lagi jika Batam memiliki pesona wisata yang luar biasa. Perkembangan resorts di daerah tersebut bikin banyak traveler dari dalam dan luar negeri terpesona. Demi mendongkrak angka kunjungan wisatawan, Batam juga fokus memaksimalkan perkembangan sports tourism yang dimiliki. Nggak main-main, Batam menjadi tuan rumah gelaran Bridgestone ASEAN Amateur Open 2019!

Event yang digelar pada Jumat (4/10) ini berlangsung di Palm Springs Golf & Country Club. Diikuti oleh 7 negara, sekitar 250 wisatawan dari kawasan Asia Tenggara berkunjung ke Batam. Negara yang ambil bagian adalah  Singapura, Vietnam, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, hingga Kamboja. Jumlah peserta mencapai 150 orang.

“Popularitas event golf di Batam sedang naik. Trennya sangat positif. Sampai akhir tahun event seperti ini akan terus berlangsung di Batam. Banyaknya event tersebut otomatis memberikan impact positif bagi arus masuk wisman. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada Kemenpar yang terus mensupport pariwisata Batam,” ungkap Kadisbudpar Kota Batam Ardiwinata, Kamis (3/10).

Pergerakan arus masuk peserta asing Bridgestone ASEAN Amateur 2019 semakin optimal. Sebab, peserta menyertakan keluarga dan para koleganya. Rombongan paling besar adalah Singapura. Sebab, 70% peserta berasal dari Negeri Singa.

Kadispar Kepri Boeralimar mengatakan, pergerakan wisman di Batam dan Kepri semakin optimal dengan beragam event yang digelar.

“Penyelenggaraan Bridgestone ASEAN Amateur 2019 harus diapresiasi. Sebab, event ini memberikan pengaruh besar bagi pariwisata di sini. Arus masuk wisman semakin optimal dengan event sebagai daya tariknya. Apalagi, kami banyak punya infrastruktur luar biasa untuk mendukung program sport tourism seperti ini,” kata Boeralimar.

Batam sendiri dilengkapi beragam fasilitas  golf terbaik. Sedikitnya ada 7 lokasi yang populer. Sebut saja, Palm Springs Golf & Country Club. Venue ini memiliki 27 hole dengan luas area 274 Hektar. Batam juga memiliki Tering Bay Nongsa dengan 18 hole dan 72 par. Panjang ‘lintasannya' mencapai 6.200 Meter.

Venue lainnya adalah Indah Puri Golf Sekupang. Selain green, venue ini dilengkapi fasilitas lengkap. Ada spa village, restaurant, club house, tennis court, fitness and gym center, hingga swimming pool. Total ada 18 hole. Berikutnya ada Tamarin Santana, Southlinks Country Club, Padang Golf Sukajadi, hingga Batam Hills. Batam Hills memiliki 18 hole dengan total panjang 6.000 Meter.

“Bridgestone ASEAN Amateur 2019 sangat menarik. Sebab, daya tarik wismannya itu menjanjikan. Opsi golf tentu sangat ideal bagi Batam dengan beragam infrastuktur pendukungnya. Batam memiliki banyak venue golf dengan standar internasional. Selain fasilitas lengkap, wisatawan bisa menikmati sisi indah alam dan budayanya,” terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Batam adalah pintu utama bagi wisman bagi Kepri. Sepanjang Januari-Juli 2019, Kota Batam telah dikunjungi oleh 1,086 Juta wisman. Jumlah tersebut naik 4,06% dari periode serupa 2019. Donasi besar tersebut membuat Kepri telah dikunjungi sekitar 1,623 orang wisman. Slotnya dalam skala nasional mencapai 17,43% atau donatur terbesar ke-2 setelah Bali.

“Sport tourism menguatkan daya tawar Batam sebagai destinasi wisata. Seperti, Bridgestone ASEAN Amateur 2019 ini yang optimal mendatangkan wisman. Lebih unik, peserta membawa serta keluarga. Itu tentu menjadi penegas Batam destinasi ramah bagi keluarga. Silahkan datang dan berlibur di Batam,” papar Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Bridgestone ASEAN Amateur 2019 menawarkan program gala dinner pada Jumat (4/10) malam. Ada beragam kuliner nikmat dan khas yang ditawarkan. Sebut saja, Roti Kirai yang menjadi khas Karimun. Roti Kirai terbuat dari tepung terigu, santan kelapa, margarin, garam, hingga pewarna makanan.

“Batam sangat agresif menaikan kunjungan wismannya. Selain menambah destinasi baru, ada beragam event yang digelar di sana. Event golf seperti Bridgestone ASEAN Amateur 2019 ini sangat kompetitif menghadirkan wisman dalam jumlah besar. Fasilitasnya bagus. Pokoknya para golfer dari mancanegara jangan sampai melewatkan event yang digelar Batam,” tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI