Fresh Graduate Arti dalam Bahasa Indonesia, Ketahui Juga Kelebihan Serta Kekurangannya

Diterbitkan:

Fresh Graduate Arti dalam Bahasa Indonesia, Ketahui Juga Kelebihan Serta Kekurangannya
Ilustrasi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Istilah fresh graduate mungkin sudah tak asing lagi di telinga sebagian besar masyarakat, khususnya yang termasuk usia produktif. Istilah fresh graduate biasa kita jumpai di obrolan sehari-hari dan kerap jadi topik bahasan di media sosial. Kendati demikian, faktanya istilah fresh graduate arti dalam bahasa Indonesia masih banyak orang yang belum paham.

Ya, istilah fresh graduate memang berasal dari bahasa asing yaitu Inggris. Sehingga sebenarnya wajar saja jika banyak yang tidak paham fresh graduate arti dalam bahasa Indonesia. Karena sudah jadi kata populer dan sering jadi topik bahasan, tentu penting untuk tahu arti fresh graduate yang sebenarnya.

Nah, untuk tahu dan paham fresh graduate arti dalam bahasa Indonesia, langsung saja simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Fresh Graduate Arti dalam Bahasa Indonesia dan Pengertian Umum

Seperti yang telah disinggung di awal, istilah fresh graduate berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Inggris. Dalam istilah ini terdapat dua kata, yaitu fresh yang berarti 'segar' atau 'baru' dan graduate yang berarti 'lulusan'. Sehingga, jika diterjemahkan secara literal fresh graduate arti dalam bahasa Indonesia adalah lulusan baru.

Dalam percakapan sehari-hari, istilah fresh graduate sering dipakai untuk menyebut seseorang yang baru saja lulus dari kuliah, kemudian sedang mencari pekerjaan. Maka dari itu, arti fresh graduate juga sering diartikan sebagai seseorang yang sedang cari pekerjaan pertama kali setelah lulus kuliah.

Namun ternyata, fresh graduate arti tak sebatas itu saja. Tak semua lulusan yang sedang cari pekerjaan pertama bisa disebut sebagai fresh graduate. Terdapat batasan waktu untuk menyebut seorang lulusan dari suatu angkatan sebagai fresh graduate. Sebutan fresh graduate untuk mereka yang lulus antara 1 hingga dua tahun setelah lulus. Jadi jika lebih dari 2 tahun, maka sudah tidak bisa dianggap sebagai fresh graduate lagi.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Keunggulan Fresh Graduate

Tak jarang dalam iklan lowongan pekerjaan, perusahaan menyediakan lowongan yang dikhususkan untuk fresh graduate atau berpengalaman. Bukan tanpa alasan mengapa perusahaan membuat lowongan yang spesifik semacam ini. Pasalnya, di dunia pekerjaan, fresh graduate sering kali dicari untuk posisi tertentu. Selain itu, ternyata fresh graduate arti secara khusus juga mempunyai beberapa keunggulan.

Berikut beberapa keunggulan dari fresh graduate yang sering kali tidak begitu disadari.

1. Semangat Belajar Cenderung Tinggi

Karena baru saja lulus dari perkuliahan, fresh graduate cenderung masih punya semangat dalam belajar. Semangat ini akan berguna di saat memasuki dunia kerja. Fresh graduate akan bersemangat mempelajari bidang pekerjaannya. Sehingga, akan lebih cepat menguasai tanggung jawabnya.

2. Lebih Inovatif dan Kompetitif

Fresh graduate juga dinilai lebih inovatif dan kompetitif. Pemikiran yang kritis akan membuat fresh graduate terpancing melakukan inovasi-inovasi di pekerjaan. Jiwa kompetitif fresh graduate juga akan menjadi motivasi untuk memberikan hasil yang terbaik.

3. Lebih Mendengarkan Instruksi

Karena masih baru di bidang pekerjaannya, fresh graduate akan cenderung lebih mendengarkan dan mengikuti instruksi. Sehingga, akan lebih mudah diajak bersinergi.

4. Lebih Update dan Mengikuti Trend

Di usia yang masih terbilang muda, fresh graduate juga dinilai lebih update dan mengikuti trend. Namun bukan saja soal trend, update dalam hal ini juga meliputi skill dan pemikiran.

 

3. Kelemahan Fresh Graduate

Namun faktanya fresh graduate arti sesungguhnya tak saja menyimpan kelebihan. Pada fresh graduate juga terdapat beberapa kelemahan yang akhirnya menjadi pertimbangan perusahaan membuat lowongan khusus untuk pencari kerja yang punya pengalaman. Berikut beberapa kelemahan dari fresh graduate.

1. Kurang Pengalaman

Sudah jelas bahwa kebanyakan fresh graduate belum mempunyai pengalaman di bidang pekerjaannya. Hal ini sering kali dianggap sebagai kelemahan dari fresh graduate, sebab perusahaan harus mengajarinya dari nol.

2. Kemampuan Sering Kali Diragukan

Menjadi seorang fresh graduate juga sering kali diragukan kemampuannya. Hal ini berkaitan dengan tidak adanya pengalaman di dunia kerja. Kendati demikian, kepada kenyataannya tetap ada fresh graduate yang mempunyai pengalaman sesuai dengan pekerjaan barunya. Pengalaman itu biasanya diperoleh melalui kegiatan di luar akademik.

3. Perlu Waktu Khusus untuk Adaptasi

Fresh graduate tentu membutuhkan waktu khusus untuk bisa beradaptasi dengan pekerjaan barunya. Pasalnya seperti yang kita tahu, dunia perkuliahan dan dunia kerja tentu sangat berbeda. Maka dari itu, tak heran jika banyak perusahaan yang menerapkan sistem masa percobaan untuk karyawan barunya, terkhusus yang masih fresh graduate.

 

4. Tips untuk Fresh Graduate Mencari Pekerjaan

Di dunia kerja, fresh graduate arti sesungguhnya mengandung kelebihan dan kekurangan tersendiri. Maka berdasarkan plus dan minus di atas, menjadi fresh graduate saat mencari pekerjaan tak selamanya mudah tapi belum tentu juga sulit. Untuk itu, berikut beberapa tips yang berguna untuk fresh graduate.

1. Jangan Mudah Putus Asa

Mencari pekerjaan bagi fresh graduate memang bukan hal yang mudah. Namun percaya dan yakin, bahwa suatu hari sebagai fresh graduate kalian tetap akan mendapatkan pekerjaan impian.

2. Terus Asah Kemampuan

Selama masih dalam proses pencarian, fresh graduate sebaiknya sembari terus mengasah kemampuan. Sebab bagaimanapun, kemampuan menjadi daya jual seseorang dalam mencari pekerjaan, khususnya bagi fresh graduate yang belum punya pengalaman.

3. Terima Setiap Kesempatan

Fresh graduate sebaiknya juga menerima setiap kesempatan yang datang. Meskipun mungkin kesempatan tersebut bukanlah pekerjaan impian. Sebab bisa jadi, dari kesempatan tersebut kalian bisa mengembangkan kemampuan dan memperluas jaringan yang berguna untuk langkah ke depannya.

4. Bekerja Keras

Setelah mendapatkan pekerjaan, fresh graduate juga harus bekerja keras dan menunjukkan kemampuannya yang terbaik. Hal ini akan menjadi langkah yang baik untuk fresh graduate menjalani jenjang kariernya.

Itulah di antaranya penjelasan fresh graduate arti dalam bahasa Indonesia dan pengertian secara umum. Semoga bermanfaat.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending