Arti La Tahzan Innallaha Ma'ana dan Penggunaannya Sebagai Penghiburan

Selasa, 15 Februari 2022 18:33
Arti La Tahzan Innallaha Ma'ana dan Penggunaannya Sebagai Penghiburan
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Kalimat La Tahzan Innallaha Ma'ana sebenarnya bukan hal yang asing lagi bagi umat muslim. Bahkan, pernah ada film Indonesia yang berjudul LA TAHZAN. Namun, apa kalian sudah benar-benar mengerti arti La Tahzan?

Meski sudah sering didengar, terkadang istilah dari bahasa asing tak mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, perlu penjelasan lebih lanjut mengenai arti La Tahzan agar kalian tak salah paham dalam penggunaan sehari-hari.

Secara umum arti La Tahzan dapat dipahami sebagai kalimat yang diucapkan sebagai penghiburan bagi orang yang sedang susah, sedih, atau sedang berada dalam kesulitan. Membagi kebahagiaan, terlebih kepada orang yang sedang bersedih merupakan anjuran yang perlu diperhatikan dalam Islam.

Banyak keutamaan yang bisa diraih dalam usaha memberi penghiburan terhadap sesama. Nah, penjelasan mengenai makna penghiburan tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam informasi berikut ini.

1. Arti La Tahzan Innallaha Ma\'ana

Simak arti La Tahzan Innallaha Ma'ana secara harfiah berikut ini,

La : jangan.

Tahzan : bersedih.

Innallaha : sesungguhnya Allah.

Ma'ana: bersama kita.

Jika mengikuti penjelasan di atas, ucapan La Tahzan Innallaha Ma'ana bermakna "jangan bersedih, sesungguhnya Allah ada bersama kita". Bisa dikatakan bahwa makna dari kalimat tersebut sangat istimewa karena diambil dari ayat Al Quran dalam surat At Taubah ayat 40 berikut ini:

"Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, 'Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita'. Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana."

2. Makna Penghiburan Dalam Ucapan La Tahzan

Rasa sedih memang hal yang seolah dihindari oleh semua orang. Setiap waktu, orang selalu berusaha meraih kebahagiaan. Namun sebenarnya, segala hal yang terjadi termasuk kesedihan merupakan kehendak Allah SWT agar seorang hamba selalu kembali kepada-Nya. Hal tersebut diterangkan dalam Al Quran pada surat Al Araf ayat 168 berikut ini.

"Dan Kami uji mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran)." (QS. Al Araf:168)

Meski begitu, Allah pun tak akan memberikan ujian yang mengakibatkan kesedihan di luar kemampuan hamba-Nya. Hal tersbebut diterangkan dalam surat Al Baqarah ayat 286 berikut ini:

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. Al Baqarah:286).

Oleh karena itu, La Tahzan (jangan bersedih). Arti La Tahzan Innallaha Ma'ana begitu mendalam dalam sebuah penghiburan bagi manusia. Manusia tak perlu bersedih karena semua masalah yang sedang dihadapi merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kalimat tersebut akan senantiasa mengingatkan manusia bahwa Allah SWT akan selalu bersama hamba-Nya semua kondisi.

 

3. Keutamaan Menghibur Orang yang Sedih

Setelah mengetahui arti La Tahzan Innallaha Ma'ana, tentu kalian tak akan ragu lagi mengupayakan penghiburan terhadap orang yang sedih dengan mengucapkan kalimat ini. Berbagi kebahagiaan dengan orang lain pun merupakan anjuran bagi umat Islam, jadi kalian perlu mengupayakannya. Selain itu, memang ada keutamaan yang kalian dapat saat memberi penghiburan kepada orang lain, antara lain:

- Pengampunan dari Allah SWT

Keutamaan ini dijelaskan dalam kitab Al 'Athiyyatul Haniyyah berikut ini:

"Barang siapa yang membahagiakan orang mukmin lain, Allah Ta'ala menciptakan 70.000 malaikat yang ditugaskan memintakan ampunan baginya sampai hari kiamat sebab ia telah membahagiakan orang lain.:

- Kemudahan Hidup

Membagi kebahagiaan dengan orang lain bisa menjadi jalan bagi kemudahan hidup kalian. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah berikut ini:

"Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya." (HR. Muslim no. 2699)

- Rezeki dan Umur Panjang

Memberi perhatian kepada sesama merupakan satu usaha agar silaturahmi tetap terjaga. Seorang muslim dianjurkan untuk menjalin silaturahmi dan Allah akan melapangkan rezeki serta memperpanjang umur orang tersebut. Hal itu seperti yang disampaikan Rasulullah SAW dalam hadis berikut ini:

"Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi," (HR. Bukhari - Muslim).

- Amal yang Disukai Allah SWT

Berdasarkan hadis riwayat Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa amal yang paling disukai Allah SWT adalah menggembirakan muslim lain setelah melaksanakan kewajiban.

"sesungguhnya amal yang paling disukai Allah SWT setelah melaksanakan berbagai hal yang wajib adalah menggembirakan muslim yang lain."

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti La Tahzan Innallaha Ma'ana beserta makna penghiburan dalam Islam.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI