Gaet Wisatawan Negeri Jiran, Pariwisata Indonesia Unjuk Gigi di Malaysia

Senin, 05 Agustus 2019 19:31 Penulis: Iwan Tantomi
Gaet Wisatawan Negeri Jiran, Pariwisata Indonesia Unjuk Gigi di Malaysia
© Shutterstock

Kapanlagi Plus - Seakan tiada habis-habisnya, pariwisata Indonesia terus digencarkan promosinya. Bukan hanya lintas daerah, kini promosi pariwisata Indonesia bahkan sudah merambah ke mancanegara. Paling baru, pariwisata Indonesia dipromosikan ke Negeri Jiran.

Melalui Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Malaysia yang cukup cerdik membaca peluang, pariwisata Indonesia turut menyemarakkan event Absolutely Halal Malaysia (AHM) yang digelar di Mid Valley Exhibition Center pada 27 Juli 2019.

Dalam event tersebut GenWI Malaysia menggelar Community Marketing mempromosikan berbagai keunggulan pariwisata Indonesia. Cara promosi yang dilakukan pun keren. GenWI Malaysia membuka booth khusus dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

"GenWI Malaysia memang harus ngegas. Karena Malaysia merupakan pangsa pasar potensial untuk pariwista Indonesia. Apalagi AHM sendiri tahunan yang diadakan oleh pemerintah Malaysia untuk meningkatkan kegiatan ekspor pasar halal bagi masyarakat Malaysia atau kegiatan impor bagi para pendatang yang menetap di Malaysia. Pengunjungnya selalu membludak. Makanya sangat pas jika GenWI masuk mempromosikan pariwisata Indonesia," ujar Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono.

Sajian yang diberikan booth GenWI pun cukup lengkap. Ada kuliner khas Indonesia yang diberikan gratis untuk para pengunjung. Dari mulai ketan hitam, sate padang, gado-gado, pempek,bakso hingga es teler.

Selain kuliner, disediakan juga photobooth dengan Green Screen yang memiliki tema kekayaan alam indonesia. Terdapat 4 tema yang disajikan, yaitu Pulaupadar, Borobudur, Bromo, dan Pantai Kuta.

Bukan itu saja, GenWI Malaysia pun memberikan kaus dan goodie bag gratis dengan logo Wonderful Indonesia yang tentunya menjadi incaran para pengunjung yang hadir.

"Cara ini terbilang cukup efektif untuk merangsang rasa ingin tau warga Malaysia yang hadir. Terbukti booth GenWI selalu dibanjiri pengunjung selama acara berlangsung. Kreatifitas generasi muda ini menjadi modal kuat untuk semakin mengangkat brand Wonderful Indonesia di Malaysia," ucap Don.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresisi upaya promosi yang dilakukan GenWI Malaysia. Sebagai garda terdepan promosi pariwisata, GenWI sama pentingnya seperti GenPI. Promosi yang dilakukan pun makin melebar, bukan saja aktif secara online tetapi juga melalui offline.

"Sebagai komunitas peduli pariwisata, GenWI semakin eksis mengangkat brand Wonderful Indonesia. Ini tentu luar biasa. Karena untuk memaksimalkan promosi yang ada kita tidak hanya bisa mengandalkan pemerintah saja. Seluruh pihak harus berperan aktif di dalamnya, termasuk juga GenWI dan GenPI," tutur Menteri asal Banyuwangi itu.

(*/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI