Gali Passion Biar Makin Terdepan!

Rabu, 21 September 2022 00:01 Penulis: Wuri Anggarini
Gali Passion Biar Makin Terdepan!
(c) AWAKE

Kapanlagi Plus - Sebagai seniman atau orang yang bekerja di bidang kreatif, pasti pernah dong merasakan stuck atau jenuh dan rasanya nggak merasa terinspirasi. Terkadang, dari perasaaan stuck dan terhambat, kamu pun mulai merasa ragu akan passion dalam berkreasi. Emang, terkadang menjaga diri buat terus merasa terinspirasi, bersemangat, dan terus bisa menghasilkan ide-ide kreatif baru itu susah dilakuin. Tapi sebenernya kamu bisa banget mengatasi situasi kayak gini, biar tetep terinspirasi dan terus berkarya sampai jadi pionir!

Yuk, kita bahas satu-satu, apa sih yang bisa dilakuin kalau udah mulai ngerasa stuck?

Jangan Lupa Break

Pastinya buat yang pertama ini harus inget betapa pentingnya beristirahat, dan nggak cuman beristirahat secara fisik, lho! Istirahat secara pikiran dan emosi juga nggak kalah penting apalagi buat yang bergelut di bidang kreatif, biar otak bisa beristirahat sebelum merasa jenuh. Dalam hari-hari ketika lagi sibuk menghasilkan suatu karya atau proyek kreatif, jangan lupa luangkan waktu satu jam buat berhenti untuk bernapas. Kalau udah selesai dan mulai merasa segar, baru deh bisa lanjutin kegiatan berkarya!

Bersosialisasi Buat Cari Inspirasi

Cara lainnya buat mencegah rasa jenuh itu dengan bersosialisasi buat mencari inspirasi! Terlebih lagi kalau bisa nongkrong, bertamu, dan saling bertukar pikiran sama orang lain yang juga bergelut di bidang kreatif. Selain bisa break setelah terus-terusan bekerja dan berkreasi, juga bisa refreshing karena interaksi yang bisa memancing inspirasi untuk berkarya lebih banyak lagi! Kamu juga bisa berdiskusi, bercerita tentang karyamu, dan mungkin juga bisa mendapatkan masukan-masukan yang nggak pernah terlintas di pikiran sebelumnya! Sembari menyelam minum air, ketemu temen-temen ide makin cair!

Bikin Rutinitas Hari-hari Makin Kreatif

Caranya adalah dengan eksplorasi hobi baru yang bisa bikin kamu eksplorasi skill ataupun kegiatan baru apapun secara kreatif yang bisa diterapin di rutinitas sehari-hari! Nggak harus melakukan hobi kreatif yang langsung berat atau susah, kamu bisa melakukan kegiatan yang dilakukan ketika di rumah, seperti eksplor merawat dan memelihara tanaman rumah, mendekorasi interior tempat tinggal biar lebih refreshing, belajar dan eksplorasi masakan kuliner baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya, dan banyak lagi! Biar kamu tetap ada kegiatan selain berkarya atau bekerja tanpa merasa jenuh!

Ngulik Karya

Tentunya, mempertahankan flow masuknya inspirasi dan mengalirnya kreativitas dan ide-ide baru nggak lengkap tanpa mengulik karya-karya di luar sana. Biar nggak terasa jenuh, coba mulai meniatkan sesi ngulik ini secara terpisah, alias ngulik buat kesenengan pribadi aja dan jangan langsung dikaitkan ke pekerjaan atau proyek apapun yang lagi dikembangin. Karena, ngulik, riset, dan mengeksplorasi berbagai karya di luar sana buat kesenengan pribadi itu nggak kalah penting, biar gimana pun juga kamu bisa memperkaya referensi dan wawasan untuk terus menjalani passion ke depannya.

Eksperimentasi Karya Untuk Diri Sendiri

Selain ngulik, jangan lupa juga buat berkarya untuk diri sendiri! Biar bisa membedakan antara berkarya untuk suatu target, proyek, atau pekerjaan dengan karya untuk kenikmatan diri sendiri, kamu bisa bedakan dengan eksplorasi ranah yang baru nih! Misalnya, saat lagi sering bergelut di proyek-proyek seni lukis, kamu bisa mulai eksplor berbagai medium seni digital yang bisa dilakuin di waktu senggang! Seperti video, desain grafis, animasi, 3D, dan masih banyak lagi! Dengan ini, selain bisa ngerasain seru-serunya eksperimentasi dalam karya, kamu juga bisa sekaligus mempelajari skill baru yang bisa diterapin di lain waktu!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI