Gebrakan Baru Kemenpora, Siap Wujudkan Smart Office

Rabu, 19 Desember 2018 07:50 Penulis: Iwan Tantomi
Gebrakan Baru Kemenpora, Siap Wujudkan Smart Office
© Merdeka

Kapanlagi Plus - Bergantinya tahun, sepertinya memang membuat beberapa instansi turut melakukan pembaruan. Tak terkecuali Kemenpora. Menyongsong 2019, Kemenpora pun bersiap mewujudkan smart office. Hal ini dilakukan dengan menjalin kerjasama bareng BRI.

Kerjasama tersebut direalisasikan dalam bentuk Afinity Card Brizzi yang dikeluarkan oleh BRI spesial untuk pegawai Kemenpora. Menariknya, kartu tersebut memiliki segudang fitur dan fungsi. Mulai akses masuk parkir, masuk kantor, kartu identitas, hingga e-money, yang bisa digunakan untuk transaksi di kantin Kemenpora.

Tak sampai di situ, e-money memiliki fungsi lebih luas, bahkan sampai bisa digunakan di luar kantor Kemenpora. Mulai untuk membayar biaya masuk tol, belanja di minimarket, hingga untuk membayar keperluan transportasi publik, semacam TransJakarta dan Kereta Rel Listrik (KRL).

Menanggapi hal tersebut, Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan jika kerjasama tersebut membuat aktivitas di kantor Kemenpora kini bisa lebih terdigitalisasi. Bahkan, efisiensi, sisi efektif, kecepatan dan kemudahan yang diperolah, Gatot berharap kantor Kemenpora benar-benar menyerupai sebuah perusahaan.

Gatot pun menambahkan jika fungsi smart office ini dapat mempermudah wartawan yang ingin mengetahui data atlet, seperti status dan prestasi, hingga pembaruan infrastruktur di masa depan.

"The next mulai Januari 2019 tidak ada cerita lagi misalnya Pak Menteri atau saya, atau pejabat lainnya disposisi itu secara manual. Di kantor-kantor lain sebetulnya sudah banyak (digitalisasi), di kami akui menang harus ada percepatan dan nanti bersama dengan BRI juga kami melakukan yang disebut smart office," jelasnya.

(kly/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI