Jambi Berbenah, Siap Jadi Tuan Rumah PON 2028 dan Promosikan Geopark

Minggu, 13 Maret 2022 17:50
Jambi Berbenah, Siap Jadi Tuan Rumah PON 2028 dan Promosikan Geopark
Geopark Merangin (credit: Dok. Disbudpar Jambi)


Kapanlagi Plus - Indonesia terkenal dengan pesona indahnya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya ada di provinsi Jambi yang nggak kalah cantik dengan tempat lainnya di Indonesia.

Jambi kini pun kini semakin berbenah dan terus mengembangkan potensi wisata di wilayahnya. Bahkan menurut Gubernur Jambi, Al Haris, ada sejumlah tempat wisata di Jambi yang bisa dijajakan kepada dunia.

"Kita sedang berusaha hari ini, ada beberapa tempat mungkin yang kita anggap layak dijual di dunia," kata gubernur Al Haris ketika ditemui di Senayan City, Jakarta pada Sabtu (12/3/2022).

 

 

1. UNESCO Bakal Meninjau

Salah satu yang tengah digarap adalah Geopark Merangin yang bahkan sudah menjadi perhatian UNESCO. Katanya UNESCO bakal meninjau Geopark Merangin.

"Bulan Mei ini Insyaallah UNESCO akan datang meninjau persiapan untuk Geopark Merangin Jambi, untuk masuk geopark global network ya, dunia. Insyaallah dokumen sudah masuk semua ke UNESCO, diterima. Nanti tim turun," ungkap Al Haris.

 

 

2. Geopark Lainnya yang Jadi Andalan

Selain Merangin, Gunung Kerinci juga disiapkan untuk menjadi geopark nasional lainnya yang bakal jadi andalan Jambi. Ada juga Candi Muaro Jambi, yang punya nilai historis tinggi dan dibuat oleh pembuat Candi Borobudur.

"Nah sejarah itu jelas ya, maka pemerintah juga kembali untuk membuat Candi Muaro Jambi itu candi yang jadi aset dunia nantinya," kata Al Haris.

 

 

3. Butuh Bantuan Swasta dan Kita Semua

Tentunya keinginan Gubernur Al Haris untuk mengembangkan obyek wisata ini banyak tantangan. Tapi ia meyakinkan pihak pemerintah tak akan bergerak sendiri.

"Kita siap (mengembangkan pariwisata Jambi), hanya kita butuh teman-teman dari swasta untuk bantu kita saling berkolaborasi bersama-sama agar kemasan ini baik untuk para orang yang datang ke Jambi," kata sang gubernur.

 

 

4. Siap Jadi Tuan Rumah PON

Bukan cuma itu saja, Al Haris mengaku Provinsi Jambi siap menjadi tuan rumah gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028. Untuk menyongsong itu, dia menuturkan mulai tahun ini membangun stadion yang bertaraf internasional di Jambi.

 "Kita nanti berharap 2028 Jambi tuan rumah (PON). Karena kebetulan saya tahun ini bangun stadion yang Insyaallah dibangun juga standar internasional juga," kata Al Haris.

 

5. Sudah Punya Modal

Al Haris menganggarkan anggaran sebesar Rp 230 miliar. Karena itu, dia berharap dukungan pemerintah pusat untuk mewujudkan hal tersebut. Dia menyadari, tak mudah agar Jambi bisa menjadi tuan rumah PON. Meski demikian, dengan membuat membuat stadion, sebagai salah satu ikhtiar dan modal.

"Ketika yang utama, kan stadion (utama) kita bangun tinggal lagi venue-venue kecil gitukan. Kita berharap didukung oleh pemerintah pusat untuk Jambi tuan rumah PON 2028. Yang penting kami menyiapkan dulu stadionnya," jelas Al Haris.

Sukses terus buat Jambi!

 

(kpl/pit)



MORE STORIES




REKOMENDASI