Hari Kartini, Warga Binaan Lapas Wanita Bulu Semarang Sambut Dengan Perlombaan

Jum'at, 20 April 2018 15:34 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Hari Kartini, Warga Binaan Lapas Wanita Bulu Semarang Sambut Dengan Perlombaan
Hari Kartini (credit: merdeka.com)

Kapanlagi Plus - Menyambut Hari Kartini, banyak hal yang dapat dilakukan. Seperti yang dilakukan di Lapas Wanita Kota Semarang, Kamis (19/4). Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini mereka memperingati dengan cara yang berbeda.

Semua warga binaan berkumpul di aula lapas. Terlihat mereka sedang mengikuti berbagai macam perlombaan. Ya, aneka perlombaan tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Kartini 2018 dengan cara mereka. Acara tersebut merupakan inisiasi dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Srikandi Pemuda Pancasila (PP) Jawa Tengah.

Ilustrasi Ibu Kartini (credit: Liputan6.com/Johan Fatzry)Ilustrasi Ibu Kartini (credit: Liputan6.com/Johan Fatzry)

Menurut Kepala Sub Bagian Tata Usaha Lapas Wanita Bulu Semarang, Endang Budiarti kini terdapat 372 orang yang terdiri dari narapidana dan juga tahanan. Endang berharap kegiatan positif ini dapat rutin dilakukan. Hal ini dikarenakan dapat menjalin hubungan yang harmonis di lapas.

"Dalam kesempatan ini, kami mengajak semua penghuni lapas agar selalu bersyukur karena masih banyak yang menyayangi dan peduli seperti yang dilakukan Srikandi PP," ucap Endang Budiarti.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Ketua DPW Srikandi PP Jateng, Monalisa CF Daniel. ""Kami sengaja mengambil lokasinya di Lapas wanita, karena ingin menunjukkan kepedulian terhadap wanita dan meneruskan perjuangan yang dilakukan Kartini, yang sudah memberikan semangat perempuan," ucapnya.

Dengan adanya acara seperti ini agar para warga binaan mendapat dukungan dan bangkit dari keterpurukan. Tak hanya sekedar perlombaan biasa namun tersimpan dorongan moral untuk mereka agar bersemangat menjalani hidup kedepannya.

Tentu hal ini menjadi suatu hiburan bagi para warga lapas. Mereka pun terkadang merasa jenuh dengan kegiatan yang ada. Maka dari itu, di samping untuk memperingati Hari Kartini juga sebagai hiburan bagi mereka.

Rencananya acara seperti ini akan diadakan setiap tahunnya. Tak hanya di Semarang namun semua Lapas wanita yang ada di Jateng. Karena para warga binaan juga punya kontribusi terhadap bangsa.

Source: Merdeka

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI